RSS

Si Bumbu Ajaib

18 Sep
Si Bumbu Ajaib

Walaupun kadang-kadang atau seenggaknya lima hari dalam seminggu saya malas masak, sesekali masakan saya enak juga loh! Bukan karena resepnya yang top markotop atau karena racikan tangan saya yang pas, tapi karena bumbu rahasia yang bener-bener baru saya ketahui efek dahsyatnya dua bulan lalu.

Alkisah waktu saya cerita tentang bawang goreng renyah, saya malah syok karena ibu saya mbekelin bawang goreng (merah dan putih) ketika saya balik dari Bandung. Saya yang tadinya udah kembang kempis membayangkan bakal dipuji ibu tercinta karena bisa bikin bawang goreng renyah, langsung nggak semangat lagi. Walhasil, nasib duo bawang goreng itu ngenes banget. Teronggok tanpa guna di kulkas.

Melihat bawang merah goreng yang nganggur, suami saya kasian, lalu dia dengan sukarela menghabiskannya. Bagaimana dengan nasib bawang putih gorengnya? Tenang, saya perlu semedi dulu untuk mendapatkan wangsit apa sebenernya fungsi bawang putih goreng di dunia persilatan. Berhubung tempat semedi biasa alias Tangkuban Parahu lagi siaga, saya mau pindah semedi ke Gunung Salak aja biar agak jauhan dikiiiit dari Ciwaruga. Siap-siap deh kalau ngomongin semedi, tulisan ini nggak bakal kelar sampe Valentin 2020.

bawang putih goreng penyedap rasa alami

Kembali ke bawang putih goreng, saya waktu itu kok ya nggak kepikiran buat gugling apa fungsinya. Sampai suatu hari saya iseng aja menambahkan beberapa keping bawang putih goreng ke dalam bumbu mie goreng saya. Hasilnya sungguh luar biasa, spektakuler dan di luar dugaan. Mie goreng saya rasanya sangat enak, bahkan lebih enak dibandingkan mie goreng Pak Roso *tapi kalo mir Pak Roso gratis sih ya tetep enak mie Pak Roso ya, catet!*

Sejak kejadian itu, saya selalu menyelipkan beberapa keping bawang putih yang telah digoreng ke dalam masakan saya. Untuk bumbu baso, misalnya, rasanya jauh lebih gurih bila bawang putihnya telah digoreng. Untuk soto *yang tentu saja cuma setahun sekali saja dibikin di dapur saya*, akan lebih enak bila ditaburi bubuk bawang putih goreng. Setiap saya ngulek bumbu halus untuk nasi goreng, tak lupa juga saya ikutkan si bwang putih goreng ini.

Nasib bawang putih goreng di kulkas akhirnya nggak ngenes lagi. Dari yang awalnya cuma teronggok di plastik di pojokan kulkas, sekarang sudah saya pindahkan ke wadah kedap udara. Yayyy bawang putih goreng sudah naik kelas dan berhasil merebut hati saya.

bawang putih goreng

Nah, kalau ada yang nanya bagaimana cara membuatnya, jangan tanya saya. Sampai saat ini, stok bawang putih goreng saya masih disuplai oleh-oleh dari ibu, kira-kira sudah 6 bulan lalu hihihi… Nanti saja kalau sekiranya bawang putih goreng saya habis, trus ada niat untuk bikin sendiri, saya akan share caranya *ditimpuk sendal*.

Akhirnya saya menemukan fungsi bawang putih selain buat ngusir vampire. Ajaib, karena saya yang nggak pinter masak tiba-tiba bisa ngalahin Pak Roso (ngomong-ngomong pada tau Pak Roso kan?) karena bumbu ini. Kalau kata kembaran saya, ini se-su-a-tu :p.

 

Tags: , ,

11 responses to “Si Bumbu Ajaib

  1. riez True Blues

    September 18, 2012 at 5:07 am

    liat photo2 makanan di sidebarnya jadi laperr…salam kenal ya

     
    • dapurhangus

      September 18, 2012 at 5:18 am

      Salam kenal juga, terima kasih sudah berkunjung🙂

       
  2. papap arfa

    September 18, 2012 at 7:27 am

    blog yang unik… kalau saya paling suka bawang merah goreng terutama yang renyah dan jenis sumenep tapi kalau bawang putih saya kurang suka dan alhamdulillah stok lg banyak nih di rumah hehe salam kenal

     
    • dapurhangus

      September 18, 2012 at 10:07 am

      Salam kenal juga Papap Arfa, blognya juga kerennn🙂

       
  3. riries dinata

    September 22, 2012 at 1:16 am

    mantap…siipp.boleh d coba tu resepnya.

     
  4. dianmardi

    September 22, 2012 at 12:45 pm

    Mbak, bawang putih goreng ini andalan saya juga… segala sop atau soto makin muanteph dengan bawang putih goreng dalam kuahnya….

    Blognya keren banget, mbakkk… 😉

     
    • dapurhangus

      September 23, 2012 at 6:22 am

      huhuhu…blushing deh jadinya dibilang keren * ge er*, eh blognya ya yang keren bukan orangnya :p.

      Wah, makasih loh mbak, saya ga kepikiran dimasukin ke sop. Pasti ntar dicobain, secara masak sop sering banget. Kalo soto resep dari ibu saya juga pake ini, tapi saya jarang bgt masak soto.

       
  5. Anonymous

    May 7, 2013 at 10:35 pm

    Hi mbak, salam kenal…klo bawang putihnya masih ada ;-D bisa dihancurkan sama kerupuk udang, jadi deh koya..cocok untuk taburan soto lamongan. makan soto lamongan tanpa koya bagaikan sayur tanpa garam..hehehe

     
  6. silika tuban sandblasting

    September 8, 2015 at 4:22 pm

    gurih ni bawangnya . enak apalagi dicampur sama soto madura

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: