RSS

Sok Kece Motoin Rawon

17 Jan
Sok Kece Motoin Rawon

Salah satu resolusi 2017 saya adalah hidup semurah mungkin. Karenanya, saya lagi melecut diri biar lebih sering masak dan mengurangi ritual kunjungan ke warnas Padang, KFC, dan mengerem liat-liat menu di Go-Food. Berhasil? Hmmmm… belum sih, sebulan ini baru beberapa kali masak tapi udah pamer-pamer terus di IG. Pamer dulu, rasa kemudian.

Eniwei, abis mudik kemaren ceritanya bokek tingkat provinsi, ubek-ubek kulkas ternyata ada seonggok bumbu rawon kesepian di pojokan freezer. Bumbu rawon ini tentu saja gratisan dari Bumbu Ibu Ratna-nya Teh Dyah Prameswarie. Teh Dydie bawa ini pas acara Dapur Hangus Playdate di rumah tahun lalu.

sebelum-dituang

Untuk memenuhi hasrat makan rawon, pergilah saya ke Riau Junction (kudu disebut biar KECEH!) berburu daging murah. Sayangnya daging rawon lagi kosong. Saya lalu banting stir berburu buntut. Sayangnya lagi, buntut sudah dikemas frozen dan harganya luar biasa bikin kantong kurus, coba kalo bikin badan kurus, langsung dibeli tuh buntut. Setelah sa’i di bagian perdagingan, maen mata sama ikan-ikan yang terkubur es, pandangan saya tertuju pada daging iga. Sungguh satu paragraf ini hanya pengen menjelaskan kalau saya beli daging iga hahahah.

Saya rebus daging iga malem-malem. Bumbu Ibu Ratna nggak perlu ditambahin macem-macem, tapi saya suka gatel sih klo masak nggak ngulek duo bawang *pencitraan pol*. Kasian gitu si ulekan udah lama ga dipake. Jadi, saya tambahin bawang putih dan bawang merah, serai sebatang, dan daun jeruk beberapa lembar. Bumbunya saya tumis dulu bersamaan, entah memang harus ditumis atau enggak, tapi pokoknya saya mau numis biar keliatan ada kerjaan dikit wakakak.

Sambil nunggu rawon mendidih, saya masak agar-agar juga. Buat apa? Buat motret hehehe… Postingan ini sebenernya mau nunjukin cara motret makanan berkuah ala profesional. Sebelumnya cara begini nggak pernah saya dokumentasikan. Jadi, mumpung belum ada jadwal workshop plus pemanasan motret (binti rada kurang kerjaan), saya dokumentasikan step by stepnya.

mangkok-dengan-agar

Agar-agarnya buat bikin ganjel mangkok, jadi isiannya nggak tenggelam di dasar mangkok. Penampakannya seperti ini. Seperti cinta, bikin agar-agar ini nggak ada rumus pastinya, dikira-kira aja asal cukup keras. Saya pengen setelah difoto, rawonnya masih bisa dimakan karena sayang juga udah separagraf nyeritain beli daging iga :p, jadi saya pastikan mangkok bersih bebas kotoran dan debu plus bikin agar-agarnya juga pake air mateng dan halal.

Atur daging sedemikian rupa dengan bantuan tusuk gigi biar nggak gerak, setelah itu tuang kuah rawon dengan gelas ukur berleher panjang, pelan-pelan aja biar nggak nyenggol daging. Maaf ini dagingnya kayak pucuk Candi Borobudur karena tinggal dikit dan diultimatum sama bapak suami buat misahin yang buat difoto sama yang dimakan karena doi keburu laper. Kira-kira beginilah penampakan sebelum kuah dituang.

mengatur-daging

Setelah ditata titi, jadi cakep kan? Kudu banyak belajar biar ngaturnya makin luwes, nggak kayak Candi Borobudur lagi.

 

Setelah puas pake lampu studio, saya pindah posisi di dapur, motret pake natural light. Karena udah capek banget plus laper plus udah keringetan, plus emang males anaknya, nggak banyak ngatur-ngatur. Nasi tinggal ditumplekin ke mangkok, trus rawon dituang lagi ke gelas ukur. Karena udah nggak anget, jadi lemaknya udah muncul, di sinilah fungsi blowtorch. Lemak-lemak yang muncul di permukaan kuah bisa dibakar, sayangnya lemak perut nggak bisa ya :p.

 

Hayati lelah, jadi sesi foto harus segera disudahi. Saya ambil nasi setengah, lalu tumplekin lagi rawon ke panci dan dipanasin ulang. Hmmmm rasanya jadi rada aneh, mungkin ketetesan keringet hahaha… Biasalah, sebelum motret nggak pake acara mandi dulu, jadi ada taste asem0asem kecut di rawonnya. Tapi, kayaknya memang udah nempel-nempel ke ager rada pengaruh ke rasa juga. Alhamdulillah rawon yang saya bikin abis, makasih Bu Ratna, rawonnya enakkkkkk, persis bikinan ibuk saya.

Gimana? Bermanfaat kan postingan ini? Jangan lupa klik like, share dan ketik AMINNNNNN…. *ditimpuk panci rawon*.

 

 

 

 
2 Comments

Posted by on January 17, 2017 in Jeprat Jepret

 

Tags:

2 responses to “Sok Kece Motoin Rawon

  1. nyonyabelanja

    January 18, 2017 at 8:46 am

    ohh pantesan kalo liat foto2 makanan kok kayaknya bisa ngatur pas semangkok, ternyata di ganjel ager2 toh mbakyu

    okeh di catat ilmunya, mamacihhh

     
  2. restu dewi

    January 18, 2017 at 2:13 pm

    ih baru tau kalau diganjel agar2. makasih mba Ika. salam kenal

     

Leave a Reply

 
