RSS

Brownies “Agak” Sehat

17 Sep
Brownies “Agak” Sehat

Mau posting ini senyum-senyum sendiri. Stik coklat model begini bikin ingatan melambung ke jaman masih muda dulu. Walaupun sekarang masih muda juga, tapi kalau mau beli brownies panggangnya Amanda mikir-mikir sejuta kali. Bukan karena miskin atau nggak punya duit (cieeeeee….masa sih?), tapi karena pelit :p. Yaeyalah sekotak kecil gitu harganya di atas 30 rebu, ya mending buat beli wortel atau brokoli atau bayem dan lain-lain yang lebih mengenyangkan dan sedikit tidak mengganggu lemak perut *pencitraan banget nih yang disebutin sayur mayur doang, padahal omnivora*. Yuuukkk…

Jadi, dulu saya pacaran bekelnya brownies bakarnya Amanda. Gaya? Iya dong! Jaman pacaran gaya nomor satu, dompet kosong nomor dua. Lagian yang bayar kan bukan saya hihihi… Saya taunya makan aja, nonton tinggal nonton nggak mikir beli tiket pake duit atau pake voucher gratisan (percayalah, nomor dua itu yang sering huekekek…).

brownies wortel

Setelah mudik kemaren, masih ada dark cooking chocolate yang nyisa, sengaja sih disisain soalnya abis mudik biasanya bokek dan ga bisa beli lagi. Dan benar saja adanya sodara-sodara, DCC itu berguna sekali menyumpel mulut yang kepengen ngemil. Percaya atau nggak ya, tiap malem kerjaan saya buka-buka tabloid Koki dan Saji biar semangat masak datang kembali. Begitulah 3 atau empat malem berturut-turut sampai akhirnya saya memang ada niat masak dimulai hari ini. Ayo semuaaaaaa, say alhamdulillah hahaha…. Artinya ya blognya bakal ada isinya yang baru gituuuu kan?.

Resepnya saya dapat dari Tabloid Koki edisi 227, Mei 2012. Judul aslinya cokelat wortel. Yuuk mari dicekidot resepnya.

Bahan:
150 gram cokelat masak pekat (DCC), serut
75 gram mentega (saya pake BOS Filma)
60 gram terigu protein sedang (saya pake protein rendah, adanya cuma itu :p)
60 gram gula pasir (saya pake 20 gram saja, soalnya yang bikin udah manis ehem :))
1 sdt garam
2 butir telur
100 gram wortel, parut dengan parutan keju
1/2 sdt essens vanili (saya ga pake, udah wangi meskipun belum mandi soalnya :p)
30 gram kismis (saya pake blueberry kering, jadi asemnya selain dari bau saya yang belum mandi, juga dari blueberry ini *eh)
(Di resep asli ada kacang mete, gula halus, dan chocochip, tapi saya ga pake karena artinya penghamburan bahan. Segini juga udah enakkkk banget kok! GA percaya? bikin sendiri donggggg :))

carrot brownie

Cara membuat:
1. Tim DCC dan mentega sampai semuanya lumer. Biasanya bikin brownies nggak pernah deh sesemangat ini, kayaknya karena udah lama nggak baking, jadi semangat banget nge-tim coklat, airnya kebanyakan atau apinya kegedean. Alhasil, brownies ini membawa korban, mangkok satu-satunya retak dan tak bisa digunakan lagi. Huaaaa…. *mewek sambil ndusel-ndusel Rezky Aditya*
2. Tunggu coklat dingin lalu masukkan telur, aduk rata.
3. Campur terigu, garam, wortel, gula, dan blueberry kering.
4. Tuangkan adonan coklat ke adonan terigu lalu aduk rata.
5. Taruh adonan di loyang kue kering atau loyang apa aja sih yang ada, sebelumnya oles dulu margarin tipis-tipis atau bisa juga dialasin silpat. Ratakan. Adonannya mirip adonan brownies biasa, tapi lebih kental. Agak susah sih ratain pojokannya, tapi tenang ntar pas dipanggang rata sendiri.
6. Panggang dengan suhu 180 derajat selama 25 menit (saya pake suhu 200, selama 30 menit dengan oven dipanaskan 10 menit). Adonan siap dicetak dengan cookie cutter.
–di resep asli cuma sampai sini–
7. Iris lagi bentuk stik, lalu panggang sampai matang dengan suhu 150 derajat dengan api atas bawah biar cepet. Saya panggang 10 menit. Dan hasilnya jadi lebih enak, wortelnya emang nggak kerasa sih, tapi lumayanlah browniesnya jadi lebih sehat. Cocok buat anak yang gak suka sayur, lebih cocok lagi buat emak yang pengen gendut *langsung mundur dari barisan karena lagi diet*.

Sekian saja share resep brownies agak sehat dari saya, ada kurangnya mohon dimaklumi, ada lebihnya mohon dikembalikan. Bye-bye timbangan…

 
10 Comments

Posted by on September 17, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

10 responses to “Brownies “Agak” Sehat

  1. Lidya

    September 17, 2012 at 3:30 pm

    yang penting rasanya enak kan mbak🙂

     
  2. mimi

    September 18, 2012 at 12:52 am

    woaaa….nyesel gue ke sini. aseli lom sarapan dan penampakan DCC yg bikin keblunger hik hik hik

    btw resepnya mudah yaah…sapa tau dpt suntikan rajin dr babeh. kita buat dehhhh

    mks ya maaak…muaaachh muuaaacchh

     
  3. wanspeak

    September 18, 2012 at 2:35 am

    wah, manis2 buat pagi hari….

     
    • dapurhangus

      September 18, 2012 at 5:19 am

      Paling enak buat ngemillll…

       
  4. Julia

    September 18, 2012 at 9:11 am

    menggoda tapi sayang gak terlalu suka coklat dan manis-manis T_____T …. tapi kalo dikasi gratisan mau :p #labilll

     
    • dapurhangus

      September 18, 2012 at 10:08 am

      AKU SUKA BROWNIESSSSS…. makanya manis *plak*

       
  5. dwi

    September 20, 2012 at 5:23 am

    xixixixix, ngakak sendiri baca style nulisnya….

     
    • dapurhangus

      September 21, 2012 at 3:37 pm

      wah, dikomenin senior, ndelik dhisik ahhh…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: