RSS

Sate Ayam Praktis

09 Oct

Bagi lidah saya, sate ayam paling pas adalah sate ayam Buk Madura depan rumah ibu saya di Gringging City, Kediri, Jawa Timur. Selain enak, pastinya gratis karena ibu saya yang bayar hahaha… Di Bandung belum nemu sate madura yang enak, yang bumbu kacangnya mirip-mirip kayak punya Buk, sampai kemaren saya nemu resep di Tabloid Saji edisi 250, lalu praktik sendiri.

Oh wow *sementara tanpa koprol*, bumbu kacangnya enak! Walaupun kacangnya gosong dikit *udah takdirnya kalau bikin apa-apa pasti gosong, jadi ya terima naseb ya mak*, rasanya lumayanlah. Alhamdulillah dua orang lain di rumah ga keracunan dan lahap makannya.

sate ayam praktis

Resep aslinya berjudul Sate ayam bumbu kacang aroma daun jeruk, tapi sayangnya saya ngak punya daun jeruk, adanya daun mangga yang nggak bisa juga kalo mau subtitusi daun jeruk. So, sate ini saya namai sate bumbu kacang praktis aja deh. Di bawah ini resep yang saya adopsi dan sesuaikan dari Saji. Resep asli silahkan dibaca di Saji sendiri, kalau ga punya ya beli donggggg! :p

Bahan
100 gram fillet ayam (boleh fillet dada atau paha), potong kotak
5 buah tusuk sate, rendam di air selama 30 menit biar ga gampang gosyong pas dibakar

Bumbu perendam
1 1/2 sdm kecap manis
1/2 sdt kecap asin
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdm minyak goreng
1 sdt garam

Bahan bumbu kacang
1 genggam kacang tanah kulit, inget ya, tangan saya kecil hehehe…
1 buah cabe rawit merah (saya nggak pake karena takut Vio mau colek-colek juga)
2 buah cabe merah keriting
1 siung bawang putih ukuran besar
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah sisir
100 ml air hangat

Cara membuat
1. Campur ayam fillet yang telah dipotong kotak dengan bumbu perendam. Diamkan sekitar setengah jam di lemari es.
2. Tusuk daging ayam ke tusukan sate masing-masing 4 atau 5 potong.
3. Bakar sate sampai matang, lalu sisihkan. Seperti biasa, saya pakai double pan alias happycall aja karena ribet kalau pake bakaran arang gitu. Apalagi cuma bikin sate 5 tusuk. Yah, manasin arengnya aja keburu laper kaliiii… Jadi, seperti biasa panaskan pan, kasih sedikit minyak, lalu kecilkan api sekecil-kecilnya dan bakar ayam sampai matang. Saya suka agak gosong gitu, makanya ada yang gosong item-item gitu kan di foto *ngeles padahal aslinya emang kegosongan*.
4. Untuk bumbu kacang, pertama goreng dulu kacangnya sampai matang. Goreng cabe rawit, bawang putih, dan cabe merah keriting juga sebentar aja. Lalu ulek semua bahan, termasuk gula merah sisir (gula merah yang disisir loh, bukan gula merah pake sisir :p). Ulek sampai tekstur yang diinginkan, kalao mau halus, ya pake tenaga yang kuat, kalau agak kasar, pakailah tenaga princess *efek anak lagi suka princess*. Saya heran kok tumben rajin banget ya ngulek-ngulek begini, lagi kerasukan setan ulekan dari mana saya?
5. Nah, setelah diulek, siram air panas lalu aduk rata.
6. Bumbu kacang siap disajikan bersama bersama sate.

Mudah kan? Perhatian, ini cuma jadi 5 tusuk. alhamdulillah saya cuma kebagian satu tusuk, makanya sampe sekarang masih langsing gini *sembunyiin timbangan*. Bumbu kacangnya masih nyisa dan rencananya mau saya bikin isian cireng kayak cireng Cipaganti gitu. Alhamdulillah kok rasanya mirip ya, memang saya lagi beruntung hari itu.

Yang keluarganya lebih dari tiga, ya bikinnya harus lebih banyak dong ya, kalau cuma lima tusuk, takutnya cuma nyelilit di gigi. Jangan protes kalo porsi resep saya memang mini gini, rumah ini penduduknya cuma tiga orang. Alhamdulillah Vio suka, tapi bumbu kacangnya masih kepedesan dia. Ya sudah dia makan pake kecap aja.

Wah, hebat ya saya bisa bikin sate sendiri *narsis*? Enggak juga sih, soalnya dalam kesempatan yang sangat sering terjadi, sate madura di deket Alfamart itu tetep jadi idola. Hidup Sate Madura!

 
14 Comments

Posted by on October 9, 2012 in Resep

 

Tags: , , ,

14 responses to “Sate Ayam Praktis

  1. Lidya

    October 9, 2012 at 5:47 am

    kurang banyak mbak hehehe 5 tusuk sih buat alvin sendiri bisa habis🙂

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 9:46 am

      jangan banyak-banyak, aku takut gembrot😦

       
  2. yulijannaini

    October 9, 2012 at 5:58 am

    hmm enaakk😀

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 9:46 am

      Enak donggg, tapi gosyong :p

       
  3. Tebak Ini Siapa

    October 9, 2012 at 6:22 am

    Hihihi fotonya menggiurkan…
    Lima tusuk dikit dong mbak😀

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 9:47 am

      emang terlalu sedikit ya. Kalo mau 10 tusuk tinggal dikaliin aja *ga tanggung jawab*

       
  4. Arletha

    October 11, 2012 at 6:46 am

    Of course, what a fantastic website and educative posts, I definitely will bookmark your blog.All the Best!

     
  5. wiedza i życie

    October 12, 2012 at 9:27 pm

    You have brought up a very wonderful points , regards for the post.

     
  6. abaziz99abdulaziz

    October 18, 2012 at 4:04 pm

    Saat ini kami produksi Sate Ayam Frozen “Pak Raden” sangat cocok untuk usaha catering pertusuk @ Rp. 550/ perpak isi 20 tusuk sate ayam. Siap kirim ke seluruh kota di Indonesia. Call: 0811361536 atau email: indocean@hotmail.com

     
  7. Nisa

    October 31, 2012 at 10:27 pm

    mantap jaya

     
    • Ika Rahma

      November 1, 2012 at 1:44 pm

      makasih mbak Nisa🙂

       
      • Nisa

        November 1, 2012 at 1:46 pm

        salam kenal mbx Ika Rahma🙂,senang sekali bisa follow dan jadi tetangga mbx ika,,salam kenal sekali lg

         
      • Ika Rahma

        November 7, 2012 at 1:48 am

        salam kenal mbak Nisa. Seneng ya tetanggan di saat semuanya pake blogspot, jarang bgt yang pake WP.

         
  8. Anita

    August 30, 2016 at 10:40 am

    Habis dikecilkan cara mbakarnya gimana mbak? di tutup gitu ya mbak teflonnya? kalau udah mau dibalik baru dibuka terus dibalik satu2 tusuknya? atau dibalik sekalian pan happy callnya?
    hehe

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: