RSS

Proyek Tiga Malam

07 Oct

Coba ketik “resep nugget ayam” di mesin pencari Google, akan ada 2.970.000 hasil pencarian. Tapi, yang membuat saya jatuh cinta adalah resep nugget ayam Pak Wied Harry. Kekenyalannya pas seperti kalau kita beli di supermarket, tapi ayamnya tetep kerasa ayam *ya iyalah masa kerasa sapi?*. Yah pokoknya ini resep paling gampang, tanpa bau bawang yang kuat, dan pantas buat cemilan.

Wotttt?? Nugget kok cemilan? Ya begitualah cemilan saya, maklum orang kaya *ditimpuk tagihan yang panjangnya semeter*. Maksudnya kalau sore-sore lagi laper tapi pengen yang gurih-gurih, nugget ini jawabannya. Apalagi, bisa dibikin sekalian banyak dan tahan sampai sebulanan.

Tapiiii, bagi saya bikin nugget ini butuh waktu. Makanya judulnya proyek tiga malam hihihi… *berasa penyanyi dangdut, Cinta Satu Malamoh indahnya ahayyyy*. Malam pertama bikin adonan trus ngukus, malam ke-2 baru potong-potong dan kasih tepung roti, malem ke-3 baru deh digoreng dan bisa dinikmati. Susah? Enggak. Lama? Iya pake banget!

Makanya ngerti banget kok kalau nugget-nugget homemade itu mahal karena prosesnya bertahap dan butuh sekarung kesabaran. Salut deh sama temen-temen yang produksi frozen food macam ini, tapi saya mikir-mikir dulu sih kalau mau jualan frozen food kayak gini, kecuali posting ini ada 100 komen *yang mana ga mungkin hahaha…*

resep nugget ayam mudah

Nugget ayam -agak- gosong :p

Resepnya sedikit saya modifikasi karena sebenernya saya nggak suka bau ragi di roti tawar. Cuman dikit kok modifikasinya, dan always saya bikin setengah resep karena resep asli Pak Wied Harry itu pake setengah kilogram daging. Resep aslinya bisa dilihat di grup-nya Pak Wied langsung ya…

Bahan:
200 gram daging ayam cincang (bisa diganti daging sapi, ikan, udang), saya beli fillet trus cincang sendiri dan ternyata hasilnya lebih lembut. Cocok sih buat Vio yang lagi males ngunyah.
2 lembar roti tawar tanpa kulit (aslinya harusnya 3 lembar)
125 ml susu (bisa juga pake kaldu)
1 siung bawang putih, cincang halus
1/4 buah bawang bombay, cincang kasar
1 butir telur
1 sdt garam
1/2 sdt sdt gula
Merica secukupnya
50 gram bahan tambahan, bisa sayur atau keju (kurangi penggunaan garam kalau pake keju ya).
Minyak secukupnya untuk menumis bawang

Bahan pelapis
Terigu secukupnya
1 butir putih telur
tepung roti secukupmya

Cara membuat;
1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi, cara ini untuk mengurangi bau bawang putih yang biasanya langu.
2. Masukkan roti tawar dan tumisan bawang ke susu/kaldu, kalau saya sih biar cepet ya diblender aja sampai halus.
3. Campur ayam cincang dengan campuran susu dan roti tawar, lalu masukkan telur, aduk sampai merata, tambahkan gula garam, merica. Kalau pakai bahan tambahan, masukkan juga. Kalau saya, lebih suka pakai keju parut atau puree yang lembut biar tekstur pas dipotong tetep bagus.
4. Masukkan adonan ke dalam loyang atau pinggang tahan panas yang dioles mentega tipis-tipis serta dialasi daun pisang atau silpat atau bisa juga alumunium foil. Ratakan dengan cara diketuk-ketuk perlahan. Kukus selama 30 menit. Sebelum mengukus, pastikan air dalam dandang sudah panas. Untuk ukuran api, ikutin kata Vettty Vera aja, yang sedang-sedang saja hehehehe..
5. Sebelum 30 menit bisa juga sih di cek tusuk, tusuknya pake tusuk gigi aja ya, ga usah pake trisula, apalagi ujung celurit, ih ngeriiii… emang mau nyari rumput apa?. Kalau pas ditusuk celurit, eh tusuk gigi nggak ada adonan nempel, berarti sudah bisa dimatiin apinya.
6. Tunggu dingin, lalu masukkan chiller (bawah freezer itu loh).
7. Besok malemnya, baru keluarin dari chiller lalu potong-potong. Sejujurnya nggak perlu semaleman sih, cukup 4 jam aja sampai adonan agak keras, tapi kalo motongnya siang-siang pasti mengganggu jadwal nonton drama Korea di Indosiar kan? :p Jadi ya lagi-lagi semua dikerjain malem, dengan catatan kalau nggak ngantuk. Kalau ngantuk ya besok malemnya lagi. Pokoknya saenakna welah, sesempetnya. Potong sesuai selera aja bentuknya, kalau saya agak gede-gede aja potongnya biar hemat putih telur *selalu saja alasan penghematan hahaha…*. Paling aman ya bentuk stik sih, panjang tapi gampang dipegang.
8. Gulingkan potongan ke terigu-kocokan putih telur-tepung roti. Ulangi proses telur-tepung roti untuk lapisan yang lebih tebal.
9. Masukin potongan itu di plastik klip per porsi, masuk freezer deh.
10. Besok malemnya lagi baru deh digoreng, aheyyy… lama juga ya ternyata :p. Inilah makanya proyek bikin nugget ini cuma akan saya lakukan ketika banyak duit, hati pasti ceria hahaha…
11. Untuk yang sudah di freeze, diamkan dulu sebentar di suhu ruang. Goreng di minyak panas yang banyak dengan api sedang. Tepung roti itu sifatnya cepet banget mateng dan gosong, makanya hati-hati dan jangan meleng. Tuh, lihat deh nugget di foto saya ujungnya gosong-gosong gitu karena goreng sambil BBM-an *don’t try at home*

Pas siang-siang abis belanja bulanan, saya goreng nih nugget, kata suami saya yang lagi kelaparan enak banget! Tapiiii, ternyata dia kira saya beli dong weekekeke… Saking enaknya atau karena doi ga percaya ya istrinya bisa bikin nugget enak. Sungguh terlalu😦.

 
27 Comments

Posted by on October 7, 2012 in Resep

 

Tags: , , ,

27 responses to “Proyek Tiga Malam

  1. Lidya

    October 7, 2012 at 2:30 pm

    justru enak yang agak gosong mbak🙂

     
    • Ika Rahma

      October 8, 2012 at 1:22 am

      Masa sih? Emang semakin mateng tepung rotinya semakin kriuk sih yaaaa…

       
  2. titi esti

    October 7, 2012 at 2:34 pm

    Aku bikin blm pernah pake roti

     
    • Ika Rahma

      October 8, 2012 at 1:24 am

      Roti itu selain untuk menjaga kekenyalan, juga biar jadinya banyak. Sampean gaya bener ga pake roti, daging kabeh? Sugihhhhh… apalagi mengingat pasukanmu banyak.

       
  3. ywie

    October 7, 2012 at 9:18 pm

    Mak,kalo pake keju ma susu,tetep bisa tahan 1bl ўa di freezer?beneran?beneran?
    Semangat lg membara nih buat contek proyek 3malammu,masih tanggal muda dong haha

     
    • Ika Rahma

      October 8, 2012 at 1:22 am

      biasanya sih aku ga sampe sebulan wis entek, Yen. Terakhir malah cuma 4 hari :p

       
  4. annisa

    October 8, 2012 at 1:59 pm

    apapun klo kelaparan pasti enak aja di makan….

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 1:04 am

      Yups, bener banget!😀

       
  5. Myra Anastasia

    October 8, 2012 at 4:21 pm

    proses bikinnya kudu ekstra sabar ya..😀

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 1:03 am

      Banget!!!! Tapi tentu ya insya Allah lebih sehat dan tetep lebih murah daripada beli jadi.

       
  6. nia

    October 9, 2012 at 4:32 am

    i lov yuuuuuuu dek,, mmuaaahhhhh resepnya bakalan tak coba #kalosempetpasjaneetagaknakal

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 4:46 am

      dicicil ae mbak hehehe…

       
  7. Anonymous

    October 17, 2012 at 10:10 am

    suka bgt deh mbak baca narasi resepnya,abis lucuuu :))

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:57 am

      hehehe… orangnya lebih lucu lohhh…

       
  8. deraisin

    October 25, 2012 at 2:38 pm

    toss atuh mbak ika…samaa,kl bikin naget mah pekerjaan berlarut2…hehe,tp seneng sama hasilnya😀

     
    • Ika Rahma

      October 27, 2012 at 6:07 am

      Iyaaaa… tapi tenang kok kalau inget ada stok makanan di freezer hihihi…

       
  9. tiyas

    December 11, 2012 at 9:14 am

    mba..salam kenalku di FB kok dicuekin yak? hiks..syedih aku..

     
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 10:23 am

      hah? masaaaaa….??? aku kelewat kyknya… maafkan *sungkem*

       
  10. asiforhappybaby

    April 18, 2013 at 10:57 pm

    Pengen coba bikin ih, makasih ya mba

     
  11. ecka

    July 19, 2013 at 8:20 am

    maaak, kerjaan sehari2 eyke huhuhu helep me

     
    • Ika Rahma

      July 19, 2013 at 8:35 am

      yee kalo jualan mah ya wayahna ateuuuhhh😀

       
  12. dwek

    July 19, 2013 at 2:28 pm

    aku pengen nyobaiiin….

     
  13. Anonymous

    February 21, 2014 at 11:20 pm

    kalo di jual bs bertahan lama di freeze yah?

     
    • Ika Rahma

      March 15, 2014 at 7:47 pm

      maksimal 2 minggu di freezer. Tapi kalo freezernya deep freezer semacam tempat es krim gitu, bisa lebih lama lagi. Asal nggak keluar masuk, sebulan juga tahan. Tapi aku nggak tau derajat penyimpanannya ya, belum belajar🙂

       
  14. nida chofiya

    April 18, 2015 at 7:48 pm

    aaaa..pengen nyoba buaat:D
    kayaknya enak,tapi males sama prosesnya,oiya btw bisa kalo may main ke blog saya,curhatan remaja galo wkwk😉

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: