RSS

Nasi Ungu Daur Ulang

09 Oct

Setelah bikin nasi uduk ungu, besoknya masih nyisa dikit. Ya nggak dikit-dikit banget sih, cukuplah buat 2 kali makan porsi saya dan Vio. Saya kepikiran bikin nasi bakar karena memang saya penggemar nasi bakar. Sebungkus aja kenyang *pencitraan makan cuma dikit padahal karena mihil hahaha…*. Kalao beli sebungkus kenyang, tapi kalo bikin sendiri alhamdulillah abis tiga bungkus 😀 *marukkkk*.

Ini bikinnya gampang, nasi uduk ungu yang sudah ada tinggal dioseng aja pake bumbu (kayak digoreng tapi bentar) dan ditambah ayam potong dadu. Bungkus daun pisang, lalu bakar deh. Gitu doang? Ya iyalah gitu doang kalo baca mah, kalau melakukan perbuatan membuat nasi bakar di dapur kayak saya ya keringetan dulu baru makan *ngomong apa sih?*.

nasi bakar ungu gitu deh

Satu-satunya foto yang selamat sebelum nasi masuk perut :p

Bahan:
2 centong nasi uduk ungu
Fillet ayam secukupnya, potong kotak
Teri medan yang sudah digoreng secukupnya (saya nggak pake karena nggak punya *kasian*)
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
5 siung bawang merah
1 buah kemiri
1 sdm garam (kalau pake teri medan, kurangi garamnya)
1 sdt gula
merica secukupnya

Bungkus:
Daun pisang dan lidi untuk menyemat (lidi bisa diganti pake staples/hekter atau tusuk gigi)

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan fillet ayam. Tunggu sampai ayam berubah warna dan matang.
2. Tambahkan garam, gula merica, lalu masukkan nasi dan aduk rata.
3. Tunggu sampai agak dingin, baru bungkus dengan daun pisang. Kalau masih panas ya bisa aja sih, tapi tanggung sendiri akibatnya kalau tangan Anda mlonyoh :(. Daunnya dipanasin dulu ya biar lentur dan gak gampang sobek. Ini percobaan saya bikin nasi bakar ke-2 kalinya, pertama waktu belum punya blog. Percobaan pertama sih rasanya enak, tapi bentuknya subhanallah pasti cicak aja enggan noleh, jelek banget bungkusannya. Suami saya juga pura-pura ga doyan gitu walaupun akhirnya abis 3 bungkus :p. Ternyata sebab musabab kejelekan bungkusan itu karena daunnya nggak saya panasin dulu. Kalau saya Dian Sastro pasti deh udah bilang, “Salah gue, salah temen-temen gue!” :p. salah daunnya ya ternyata, tangan saya baik-baik saja :).
4. Setelah dibungkus, siap dipanggang pake happycall atau langsung di atas arang. Saya sih pengen gampangnya aja, pake happycall. Dalam hati sih sebenernya pengen juga ya punya panggangan kayak di masterchef itu, apa sih merk-nya? Lupa saya. Tapi mau manggang apa ya? Takutnya malah menuh-menuhin dapur doang.
5. Biar hasilnya mirip-mirip kalau pake panggangan mahal, saya sih milih permukaan happycall yang ada garis-garisnya, hasilnya sama. Ssssttt… tapi jangan bilang suami saya kalau hasilnya sama, kali aja dia mau beliin itu panggangan masterchef :). Panggangnya agak lama, sekitar 15 menit pake api kecil. Bau daun pisang kebakar itu hmmmm… bikin cacing di perut nari poco-poco diselingi goyang ngebor lalu disambung gangnam style. Heboh!
6. Setelah gosyong, eh, setelah matang, nasi bakaar siap disajikan dengan sambal. WUihhh…

Waktu ngebungkusin, saya udah berniat mau dibuat bekel ke Braga Festival. Lumayan kan hemat uang jajan, apalagi atm kok tiba-tiba lupa PIN-nya *padahal kosong hahaha*. Udah jadi enam bungkus, kok masih ada banyak, padahal enam bungkus aja bisa dua atau tiga kali makan kan? Banyak banget loh itu.

Akhirnya jadinya 9 bungkus, saya jadi kepikiran mau jualan nasi bakar aja di Braga Festival, kali-kali laku. Lumayan kan kalo sebungkus laku 100 ribu, 9 bungkus jadi 900 ribu udah bisa buat beli emas 2 gram *ya kaleee orang mau beli nasi daur ulang 100 rebu hahaha*.

Udah hepi banget kan mau jualan itu nasi, mana bawa Vio, kali orang bakal kasian gitu ibu-ibu muda bawa anak kecil mukanya melas jualan nasi uduk bakar. Eh… ternyata ujan :p. Ga jadi deh dapet emas 2 gram hehehe…

Oh ya, ini bisa jadi inspirasi mendaur ulang nasi yesterday. Bisa juga dibungkus dari malem, trus paginya tinggal bakar/panggang. Praktis kan buat sarapan?

 
10 Comments

Posted by on October 9, 2012 in Resep

 

Tags: , ,

10 responses to “Nasi Ungu Daur Ulang

  1. Siti Nurjanah

    October 9, 2012 at 2:31 pm

    Mudah-mudahan ada GA yang hadiahnya panggangan yang di Masterchef ya Mak . . .
    *nunggu gratisan, padahal ga pernah menang lomba*
    xixixixixi

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 11:25 pm

      Aminnnn… Ayo dong adain GA yang hadiahnya ituuuhh :p *jadi maksa*

       
  2. Lidya

    October 9, 2012 at 2:53 pm

    terlalu murah tuh mbak sebungkus 100rb hehehe

     
    • Ika Rahma

      October 9, 2012 at 11:28 pm

      Harusnya sejuta kali ya? Hehehe

       
  3. Lusi

    October 10, 2012 at 1:29 am

    Dimodifikasi isiannya oseng tempe enak juga kali ya? Atau jamur? Wah bisa nih utk jualan pake bagasi mobil Sunday morning di tempat2 car free day. Hohohooo… byk ide tp kurang eksekusi hihihii….

     
    • Ika Rahma

      October 10, 2012 at 2:08 am

      Vote jamur aja aku, oseng tempe ga terlalu suka. ayo jualan, eksekusi dong, jangan lupa setorannya hahaha…

       
  4. rahmiaziza

    October 10, 2012 at 2:02 am

    waw eye caching skali nasinya mba Ika…

     
    • Ika Rahma

      October 10, 2012 at 10:08 am

      unyuuuu…

       
  5. mega

    October 12, 2012 at 5:28 am

    mbak,,, kalau boleh saya tahu warna ungu yang didapat dari apa???

     
    • Ika Rahma

      October 14, 2012 at 1:02 pm

      Dari ubi ungu mbak, ada di postingan sebelumnya judulnya nasi uduk ungu 🙂

       

Leave a comment