RSS

Tag Archives: sate lilit ayam

Maunya sih Sate Lilit

Maunya sih Sate Lilit

Sebenernya ngenes sih mau ngakuin, tapi ya gimana lagi kenyataannya saya nggak pernah ke Bali *abaikan ya ke Bali kelas 2 SD yang artinya udah puluhan tahun lalu :p*. Jadi, kalau ditanya Jimbaran, Ubud, Kuta, saya nggak ngarti juga. Padahal kalau dari Jawa Timur, Bali kan tetanggaan, cuma dipisahkan Selat Bali yang kalau diliat di peta nggak sampai 1 cm lebarnya. Tapi ya gimana lagiiiiiii, namanya juga gak ada kesempatan bo! *sok sibuk*

Saya gak tau makanan Bali juga, cuma sering lewat aja Resto Ilalang yang menyajikan Betutu khas Bali. Udah pernah makan? Belum, belum tertarik beli, pengen nyobain resep ayam betutu-nya Pak Wied aja *hemat sekaligus pencitraan bisa masak*. Saya justru tertarik sama yang namanya sate lilit. Bentuknya unik dan tusuk satenya itu looo, pake serai. Kayaknya lucu ya kalau saya bisa bikin. Dan setelah saya bikin ini, saya makin lucu aja *plak*.

sate lilit ayam khas bali

*pamer sendok eaaaaa….*
Tetep konsen ke satenya ya, asli enak banget!

Akhirnya saya bikin sekali, ayam cincang ditambah kelapa parut dengan bumbu bawang putih bubuk, gula, garam, merica. Enakkk…. Lalu penasaran resep sate lilit yang sebenernya, ternyata pake kunyit dan terasi. Wah, pasti top markotop ini!

kemarin pengen bikin lagi. Resepnya nyontek dari Sajian Sedap, tapi versi frugal sih sebenernya.

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
200 gram ayam cincang, saya beli ayam fillet, trus cincang sendiri, trus blender. Sungguh tak menyangka saya bisa serajin ini demi makan enak, subhanallah :).
100 gram udang giling, versi penghematan udang giling saya ganti dengan 3 sdm kelapa parut. Dulu udah pernah bikin seadanya dengan kelapa parut dan ketagihan wangi kelapa parut yang dibakar itu bikin ulet di perut nari-nari Gangnam Style jeh!
2 tangkai kucai, dipotong 1/2 cm (saya ngga pake)
1 sendok makan santan kental instan (ini juga nggak pake)
1/2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
merica bubuk secukupnya (ini saya tambahin sendiri)
7 batang serai untuk tusukan, sebelumnya sudah digeprek dulu untuk menambah aroma satenya. Duh pokoknya aromanya bakal menggoda iman deh!

Bumbu halus:
3 buah cabai merah keriting (nggak pake karena Vio juga ikutan makan)
2 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 cm kunyit, bakar
1 butir kemiri, disangrai
1/4 sendok teh ketumbar, faktanya cuma beberapa biji aja sih, syarat dari dukun biar enak katanya *ngaco*
1/2 sendok teh terasi, dibakar. Saya pake 1/2 terasi ABC, dibakar bareng kunyit dalam satu tusukan biar praktis dan cepat, kalo nggak keburu selesai deh Gangnam Style cacing-caing di perut ;p.
2 sendok makan minyak untuk menumis bumbu halus.

Cara Pengolahan :

1. Tumis bumbu halus sampai harum. Angkat.
2. Masukkan ayam cincang garam, kelapa parut, dan gula pasir. Aduk rata
3. Ambil sedikit adonan. Buat pentul di batang serai.
4. Bakar dalam pan yang sudah dipanaskan sampai matang dan harum. Saya pake double pan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kecilkan api ketika sate masuk. Agak lama ya proses masaknya karena kan sate saya mlempuh-mlempuh tuh. Kalau dibikin agak gepeng-gepeng, mungkin jadinya lebih dari 7 tusuk.

sate lilit ayam

Gendut-gendut ya sate lilitnya, satu resep jadi tujuh sate.

Ya, walaupun belum pernah ke Bali lagi setelah kelas dua SD itu, saya udah bisa dong bikin sate lilit. KArena itu semua harus tau, makanya diposting di blog *jumawa*. Ampunnn… yang pasti, enak kok ini, mudah juga. Kalau mau praktis, beli ayam cincang di supermarket saja, nggak usah terlalu rajin kayak saya. Selamat mencoba!

Oya, bagi yang asli Bali, maaf ya kalau resepnya diacak-acak, ampuni saya, Bli! *senyum manis pepsodent*

sate lilit khas Bali

 
15 Comments

Posted by on September 18, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , ,

 
%d bloggers like this: