RSS

Tag Archives: sagu

Cireng Manis

Cireng Manis

Suatu hari, tiba-tiba saya sedang kerasukan setan yang rajin. Pagi-pagi mengupas nanas pertama kalinya seumur hidup, memarutnya yang juga untuk pertama kalinya selama 26 tahun hidup saya, lalu membuatnya menjadi selai. Mau bikin nastar? Bukan! Saya pengen bikin cireng. Loh?

Cireng manis isi nanas

Maksud hati dibentuk love, ternyata susahhhhh…

Kalau pada umumnya cireng isi yang ngetop di Bandung itu sisinya ayam, sosis, baso, abon, bumbu kacang, saya pengen tampil beda. Sejujurnya ini terinspirasi dari invention test di Masterchef Indonesia, membuat sesuatu yang sedikit berbeda dari yang sudah umum. Mengingat biasanya saya bikin muffin lagi dan lagi-lagi muffin, membuat sesuatu yang berbeda seperti ini sangat luar biasa.

resep cireng isi

Cireng manis isi selai nanas, lope lope dah 😀

Oya oya, cireng itu kan akronim dari aci digoreng, tapi sagu juga samaan sih sifatnya kayak aci, sama-sama baik hati dan suka menolong, eh sama-sama kenyal-kenyal gitu deh :p. Jadi keduanya bisa digunakan. Daripada ngomong ke sono ke mari, yuk ah dicek di mari resepnya :).

Bahan
125 gram tepung sagu
2 sdm terigu serba guna
1 sdm gula halus
1 butir telur
Seiprit garam
Setegah gelas air matang

Cara membuat:
1. Campur tepung sagu, terigu, dan gula halus. Aduk sampai merata tiada tara
2. Masukkan telur lalu kembali aduk rata
3. Tuang air ke adonan tepung perlahan, jika suda kalis, hentikan menuang air.
4. Cetak, isi dengan selai nanas, goreng dengan minyak yang banyak dan panas sedang. Angkat setelah kecoklatan. Jangan sampai gosyong yaaaa…

Nah, ngebentuknya jadi lope-lope ini susah banget deh. Makanya di foto juga lopenya ga konsisten, ada yang lonjong, ada yang nyaris bulet, dan ada yang ga layak disebut lope (kasian :(). Belum berhasil ngebentuk yang padet kayak di tukang cireng beneran, harap maklum ya, saya kan cuma chef abal-abal yang pura-pura jadi tukang cireng abal-abal dan itupun ga berhasil hiks hiks…

Ada tips biar cirengnya bisa padet kayak di tukang cireng yang ga abal-abal? Mungkin next harus dicobain ga pake telur kali ya? Oya, resep ini saya dapet dari tetangga yang jualan cimol. Kayaknya salah saya deh nanya resep cireng ke tukang jualan cimol (iya, salah banget kan?). Plak, pengen uwel-uwel diri sendiri deh jadinyaaa :P.

Cireng manis isi selain nanas

Pas banget buat temen baca koran, pasti banyak makannya dibanding bacanya *ihhh, saya aja kali ya?*

Kalau resep selainya perlu ga ya? Ga perlu kan, udah pada bisa kan? Caranya gampang banget, nanas dicuci bersih lalu diparut. Kebetulan nanas yang saya beli banyak banget airnya jadi airnya saya pisahkan. Setelah itu nanas digoreng (eh kok digoreng sih? dioseng?) eh bukan digoreng, pokoknya taruh di wajan, campur gula, kasih perasan jeruk lemon dikit dan kayu manis (boleh yang bubuk atau yang masih utuh). Nanas parut diproses sampai berubah warna dan kadar airnya jauh berkurang. Nah, ternyata cuma gitu doang kan? Jadi selama 26 tahun ini baru bisa bikin selai nanas ya sekali ini hihihi… Sengaja disisain siapa tahu tiba-tiba bisa bikin nastar, cieeeee prok-prok-prok.

yah sekian saja ngalor ngidulnya. Postingan ini dibuat menjelang detik-detik ditutupnya event Masak Bareng Yuuk edisi makanan berbahan dasar sagu. Sip ahh semoga bermanfaat bagi langit dan bumi. Amiennn 😀

Masak bareng yuuk

 
8 Comments

Posted by on July 30, 2012 in Jeprat Jepret, Resep

 

Tags: , , , , , , ,

Apalah Arti Sebuah Nama

Apalah Arti Sebuah Nama

Kata orang, nama itu adalah doa. Namun bagi kami, saya dan suami, sedikit berbeda pandangan. Kami sepakat dengan Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama”. Karena itulah kalau ditanya arti nama anak kami, pasti bingung, artinya agak-agak dipaksakan.

Dorrrrr!!!! Serius ya? Hahaha… Dari pembuka di atas, saya cuma mau bilang kualat ngasih nama blog ini Dapur Hangus. Tiap kali bikin kue, seringnya hangus alias gosong. Seperti yang satu ini, maksud hati bikin kue sagu almond dengan taburan keju, apa daya dikira bakwan *nangis sambil bedakan*. Jadi, saya tegaskan ini adalah kue kering sagu almond, bukan bakwan :p. Yuk mari dicekidot resepnya :D.

Bahan
100 gram tepung sagu, saya pake merk Sagu tani
2 lembar daun pandan
50 gram almond bubuk
60 gram gula tepung
1 butir kuning telur
150 gram mentega atau margarin atau campuran keduanya (saya pakai Blueband Cake and Cookies)
Keju parut secukupnya
Raspberry kering secukupnya

Cara mengeksekusi
1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan dengan api kecil sampai daun pandan kering. Setelah dingin, campur dengan almond bubuk.
2. Kocok mentega/margarin sampai lembut, lebih baik pakai garpu aja, kalau kalau pake mixer saya pasti iri *pelototin yang punya mixer :p*.
3. Masukkan gula halus, aduk rata.
4. Masukkan kuning telur, aduk sampai rata, jangan sampai gulanya masih ada yang bergerinjil.
5. Masukkan campuran tepung sagu+almond bubuk sedikit demi sedikit, aduk rata.
6. Setelah tercampur dengan baik, masukkan adonan ke plastik segitiga (piping bag). Di plastik segitiga lain yang telah dilubangi, pasang spuit sesuai bentuk yang diinginkan. Semprotkan ke loyang yang sudah dioles margarin atau dialas silikon pat. Jangan lupa, diberi jarak ya, meskipun nggak pake pengembang, kue ini ga tau deh kok ngembang segala, ga bilang-bilang dia :(. Kasih keju parut atau raspberry secukupnya.
7. Panaskan oven 10 menit dengan suhu 150 derajat, kalau pakai oven yang nangkring di kompor, api kecilllll aja biar ga hangus kayak punya saya ini. Panggang 20 menit aja (punya saya kan ukuran kecil ya, kalau agak gede ya agak lama manggangnya).

resep sagu keju almond

Sagu almond sebelum merasakan kehangatan oven 😀


Meski gosong, rasanya tetep enak dong. Siapa lagi yang memuji kue bikinan saya kalau bukan saya sendiri? Vio bisanya cuma makan, suami juga manggut-manggut aja kalau ditanya enak apa nggak *soalnya nanya sambil melotot*.

Resep kue kering lebaran sagu keju

Sagu almond dengan raspberry, gosong tetap menggoda kan? :p


Memang almond bubuknya bikin adonan kue ga seputih sagu keju pada umumnya, jadi kalau hasilnya lebih coklat wajar juga sih (pembelaan biar dibilang ga gosong hahaha). Nah, kalau enak, gosong dikit juga tak apa. Jadi kalau enak, tak pentinglah apa namanya, mau sagu almond atau bakwan, suka-suka saja hahaha… Selamat mencoba :D.

 
6 Comments

Posted by on July 29, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: