RSS

Tag Archives: sagu keju

Apalah Arti Sebuah Nama

Apalah Arti Sebuah Nama

Kata orang, nama itu adalah doa. Namun bagi kami, saya dan suami, sedikit berbeda pandangan. Kami sepakat dengan Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama”. Karena itulah kalau ditanya arti nama anak kami, pasti bingung, artinya agak-agak dipaksakan.

Dorrrrr!!!! Serius ya? Hahaha… Dari pembuka di atas, saya cuma mau bilang kualat ngasih nama blog ini Dapur Hangus. Tiap kali bikin kue, seringnya hangus alias gosong. Seperti yang satu ini, maksud hati bikin kue sagu almond dengan taburan keju, apa daya dikira bakwan *nangis sambil bedakan*. Jadi, saya tegaskan ini adalah kue kering sagu almond, bukan bakwan :p. Yuk mari dicekidot resepnya :D.

Bahan
100 gram tepung sagu, saya pake merk Sagu tani
2 lembar daun pandan
50 gram almond bubuk
60 gram gula tepung
1 butir kuning telur
150 gram mentega atau margarin atau campuran keduanya (saya pakai Blueband Cake and Cookies)
Keju parut secukupnya
Raspberry kering secukupnya

Cara mengeksekusi
1. Sangrai tepung sagu bersama daun pandan dengan api kecil sampai daun pandan kering. Setelah dingin, campur dengan almond bubuk.
2. Kocok mentega/margarin sampai lembut, lebih baik pakai garpu aja, kalau kalau pake mixer saya pasti iri *pelototin yang punya mixer :p*.
3. Masukkan gula halus, aduk rata.
4. Masukkan kuning telur, aduk sampai rata, jangan sampai gulanya masih ada yang bergerinjil.
5. Masukkan campuran tepung sagu+almond bubuk sedikit demi sedikit, aduk rata.
6. Setelah tercampur dengan baik, masukkan adonan ke plastik segitiga (piping bag). Di plastik segitiga lain yang telah dilubangi, pasang spuit sesuai bentuk yang diinginkan. Semprotkan ke loyang yang sudah dioles margarin atau dialas silikon pat. Jangan lupa, diberi jarak ya, meskipun nggak pake pengembang, kue ini ga tau deh kok ngembang segala, ga bilang-bilang dia :(. Kasih keju parut atau raspberry secukupnya.
7. Panaskan oven 10 menit dengan suhu 150 derajat, kalau pakai oven yang nangkring di kompor, api kecilllll aja biar ga hangus kayak punya saya ini. Panggang 20 menit aja (punya saya kan ukuran kecil ya, kalau agak gede ya agak lama manggangnya).

resep sagu keju almond

Sagu almond sebelum merasakan kehangatan oven 😀


Meski gosong, rasanya tetep enak dong. Siapa lagi yang memuji kue bikinan saya kalau bukan saya sendiri? Vio bisanya cuma makan, suami juga manggut-manggut aja kalau ditanya enak apa nggak *soalnya nanya sambil melotot*.

Resep kue kering lebaran sagu keju

Sagu almond dengan raspberry, gosong tetap menggoda kan? :p


Memang almond bubuknya bikin adonan kue ga seputih sagu keju pada umumnya, jadi kalau hasilnya lebih coklat wajar juga sih (pembelaan biar dibilang ga gosong hahaha). Nah, kalau enak, gosong dikit juga tak apa. Jadi kalau enak, tak pentinglah apa namanya, mau sagu almond atau bakwan, suka-suka saja hahaha… Selamat mencoba :D.

 
6 Comments

Posted by on July 29, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: