RSS

Tag Archives: olahan udang

Ketika Malas Menyerang

Ketika Malas Menyerang

Keinginan saya buat masak dan deket-deket sama kompor nggak muncul tiap hari. Sayangnya, ada mulut yang harus makan setiap hari. Kalau lagi males, tumis-tumisan macam ini yang jadi andalan.

Isinya brokoli, udang, paprika, dan wortel. Tinggal iris duo bawang, gula garam, merica, jadilah makanan buat mulut kecil Vio ^^.

tumis brokoli

Kadang saya juga masukkan kecap inggris, minyak wijen atau minyak ikan agar rasanya sedikit berbeda dari tumisan biasa. Vio kadang suka, kadang ogah juga. Pokoknya kalo emak makan, dia juga pasti mau, tapi kalau saya nggak makan, Vio juga males-malesan makannya.

Sebenernya nggak suka brokoli sih, gara-gara jijay bajay liat rambut Edi brokoli. Ihhh, alasan nggak masuk akal. Tapi ya memang ga suka, dari kecil jarang makan brokoli ini. herannya, Vio bisa aja tuh makan nasi pake brokoli kukus aja. Hebat dia, siapa dulu emaknya *tetep narsis* :p.

tumis brokoli udang

Advertisements
 
7 Comments

Posted by on August 23, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , ,

Sate Udang Bumbu Rujak

Sate Udang Bumbu Rujak

Awalnya ga yakin bakal enak nih udang, udah terlanjur jatuh hati setengah mati sama udang telor asin, jadi udang-udang lain dikesampingkan. Ternyata ini enak banget… Kata suami sih bumbunya kurang meresap ke daging padahal nyaris 2 malem diinepin di kulkas. Tapi, kalau kata saya ini nilainya 9 dari 10 *cieeee prok-prok-prok*.

Resepnya saya ambil dari sajiansedap, cuma saya bikin versi sedikit. Resep di bawah ini langsung di-copy paste dari sajiansedap.com. Recomended recipes pokokna mah! Yuk dicekidot saja resepnya.

400 gram udang, kerat punggungnya
1/2 sendok teh air jeruk lemon
1 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk buang tulangnya, sobek-sobek
3/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah sisir
75 ml santan kental instan
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 buah cabai merah keriting
1 buah cabai merah besar
1 cm kunyit bakar (saya ga pakai dibakar, langsung plung aja)
1 butir kemiri sangrai
1 cm jahe

Cara Pengolahan :

  1. Lumuri udang dengan air jeruk lemon. Diamkan 15 menit.
  2. Tumis bumbu halus, daun salam, dan daun jeruk sampai harum.
  3. Masukkan santan, garam, dan gula merah. Masak sampai matang.
  4. Lumuri udang dengan tumisan bumbu. Diamkan 30 menit.
  5. Tusuk-tusuk di tusuk sate. Bakar sambil diolesi sisa bumbu sampai harum dan berubah warna jadi kemerahan.

Pokoknya rasanya maknyus, apalagi kalau udangnya gede. Pedesnya samar tapi bumbunya mantap banget. Saya pakai udang peci karena dagingnya lebih manis dan empuk. Mau? Silahkan dicoba, gampang banget, enak, hemat minyak adalah kata kunci yang membuat udang bumbu rujak ini sempurna. Horeeee…

NB: Ini masih dalam rangkaian challenge IDFB hihihi… *posting maruk plus borongan*

 
1 Comment

Posted by on June 24, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus

 

Tags: , , , ,

 
%d bloggers like this: