RSS

Tag Archives: makaroni

Rahasia Macaroni Schotel Ciamik

makaroni schotel

Orgran Vegetable Schotel, enakkkkk….

Baru kali ini saya bisa makan pasta tanpa tersisa. Nggak mau kalah sama Vio pokoknya. Dia habis satu setengah porsi, saya habis dua porsi hehehe… Resepnya ngawur aja, wong kalo gugling “resep makaroni skutel” setidaknya ada 41 ribu entry yang bakal muncul. Silahkan pilih mau yang mana, sejujurnya saya mau pamer aja dikiiit kalau udah bisa bikin skutel yang yahud binti maknyus. Vio bilang, “Bikinan ibu enak, ibu pinter banget!”

Selama ini, saya selalu kurang puas dengan skutel bikinan saya. Selalu ada yang kurang, nggak padet kayak kalau beli di Borma *sebut merk*. Sayangnya kalau beli di Borma itu udah mahal, dapetnya sedikit, kejunya pelit pula. Wis, itu cuma bikin menggerutu aja pokoknya.

pasta orgranKemaren saya iseng aja pengen sarapan pasta, itung-itung mempersiapkan perut kalau suatu saat tinggal di Italy *ehem-ehem*. Kebetulan stok pasta lagi melimpah, ada Orgran, ada juga elbow biasa. Saya akhirnya milih Orgran buat diolah, penasaran kayak apa sih rasanya pasta mahal ini.

Karena udah lama banget nggak uplek-uplek dapur, stok bumbu-bumbuan saya nol besar. Ga ada bawang bombay, padahal bombay hukumnya fardhu ain di masakan Italia. Yo wislah karena saya bukan orang Italia melainkan orang Ciwaruga, bawang bombay saya ganti dengan bawang merah aja. Rasanya tetep enak kok *seenggaknya menurut saya dan Vio :P*

makaroni skutel Dapur Hangus

Yummyyyy….

Bahan
2,5 genggam pasta Orgran, inget yaaaa…. tangan saya kecil. Jadi ya dua setengah genggam ini sama dengan satu setengah genggam tangan yang agak besar. Tentang tangan kecil ini, jadi inget doa adek saya pas saya hamil Vio, “Ya Allah semoga tangan ponakan saya normal nggak kayak tangan emaknya.” *jedarrrrr*
1 siung bawang putih, cincang halus
2 siung bawang merah ukuran sedang (harusnya pakai bawang bombay setengah ya). biar ga kerasa banget bau bawang merahnya, saya bela-belain ngulek nih.
40 gram keju cheddar parut
Keju mozarella secukupnya, parut juga. Mozarellanya buat taburan ya.
1 buah telur ukuran kecil
1 kotak kaldu ayam yang resepnya bisa diintip di sini
Gula, garam, merica secukupnya
Butter untuk menumis
100 gram fillet dada ayam, parut. Ya intinya sih ayam cincang ya, tapi saya kan nggak punya ayam cincang, ga punya grinder dan semacamnya. Jadi saya sih ayam beku dikeluarin dari freezer, langsung diparut pake parutan keju. Lumayan, lumayan dinginnnnnn….. tapi hasilnya bagus sih, mirip ayam cincang di supermarket hihihi… Yaaaa… sementara tangan menderita karena nahan dingin dulu deh sebelum bisa beli blender 7in1-nya mbak Happy Salma :p.

Cara membuat:
Rebus pasta sampai empuk, tapi jangan terlalu lembek. Tambahkan sedikit butter dan garam. Tiriskan lalu sisihkan. Ga usah jauh-jauh sih ya nyisihinnya, jangan disisihin ke rumah tetangga apalagi :p. Beuuhhh… bisa dimakan abis sama anak tetangga. Yuuk fokus, fokus ke skutel yaaa… *

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam cincang alias ayam parut yang membuat tangan saya menderita tadi. Masak sampai ayam berubah warna dan matang.

Tambahkan kaldu, masukkan pasta yang sudah ditiriskan, tambah gula, garam, dan merica secukupnya. Kecilkan api. Aduk sampe merata. Setelah tercampur rata, masukkan telur, aduk cepat jangan sampai telur menggumpal.

Terakhir, masukkan 3/4 keju cheddar parut. Seperempatnya buat apa? Yakin ya kalau sambil masak tadi kejunya ga dicemilin *ngomong sambil ngaca :p*. Ehemmm…seperempatnya buat taburannya nanti. Dikit juga ga papa sih, biar tambah cantik aja skutelnya.

Tata di pinggan tahan panas, agak tekan-tekan. Taburi mozarella parut

makaroni skutel

Bau mozarella terbakar itu…. susah diceritakan deh :p


di seluruh permukaan adonan skutel, lalu taburkan cheddar parut. Sebelumnya, jangan lupa panaskan oven. Cuma butuh sekitar 10-15 menit skutel di oven, karena semuanya kan sudah matang. Manggang ini biar mozarellanya leleh dan baunya jadi seksi aja hihihi…

Nah, ternyata nggak susah ya bikin skutel sendiri, yang susah adalah mengumpulkan niat yang suci dari hati yang terdalam *tsahhh…

Jadi, apa sih rahasia bikin skutel enak? Ehem *siap-siap ditimpuk* ternyata selama ini saya nggak pernah pake ayam cincang kalau bikin skutel. Baru sekali ini deh bikin skutel seenak ini. Mari berdoa semoga skutel-skutel bikinan saya berikutnya seenak yang satu ini. Aminnnnn…

 
33 Comments

Posted by on January 12, 2013 in Resep

 

Tags: , , , , , ,

Bola-bola Lagi-lagi Bola

Bola-bola Lagi-lagi Bola

Di rumah, cuma Vio yang suka perpastaan. Mungkin dia sadar diri ya namanya kan Corleone, masa sih ga suka makanan Italia, bisa-bisa Don Vito Corleone di alam kubur sana murka. Tapiiiii, Vio cuma suka yang elbow, kalau bentuk-bentuk lain doi nggak demen. Kok bisa sih? Ga tau juga deh, pernah dibeliin yang spiral gitu dia ga mau. Padahal kan rasanya sama aja ya? Apalagi, Vio sering makan pasta cuma direbus dan dikasih butter atau minyak dikit, udah gitu doang.

Nah, tapi yang satu ini alhamdulillah emaknya juga doyan. Doyan banget malah hehehe… Sempet nyuri-nyuri ngabisin pas Vio lengah. Soalnya, ini enak banget, gurih banget dari keju serta wangi oregano. Oregano keju itu paduan yang melelehkan air liur, saya nggak pernah nolak.

makaroni bola

Sayangnya agak ribet ya bikinnya, nyesel juga sih bikin dikit, padahal kalau udah dilepis tepung roti, bisa dibekuin di freezer dan tinggal goreng kalau mau makan. Mantap! Next bakal bikin banyakan deh.

pasta bola-bola

Bahan
2 genggam pasta elbow, rebus sampai aldente (kalau ga tau artinya, gugling aja, saya juga nggak tau, cuma ikut-ikutan iklan aja hehehe).
1 siung bawang putih cincang halus
1/4 bawang bombay, cincang halus
Garam, gula, merica secukupnya. Hati-hati penggunaan garam ya, karena nantinya kan pake keju yang udah asin, jadi garemnya sih sebaiknya dikit aja.
oregano sejumput
Keju cheddar semaunya, semakin banyak semakin enak. Saya lagi bokek dan pelit, cuma pake sekitar 30 gram (1/6 blok keju Kraft), sebagian diparut, sebagian dipotong ala Jokowi (kotak-kotak maksudnya):p *mumpung masih hot nih pemilihan gubernur DKI*
1/2 wortel diparut kasar, saya pake parutan keju. Bisa diganti sayur apa aja, semacam brokoli
125 ml susu cair, saya pake ultra lowfat kemasan kecil. Bisa diganti dengan air biasa atau kaldu juga, saya nggak nyetok kaldu sekalian ngabisin stok susu.
minyak atau butter untuk menumis.

Bahan pelapis:
1 butir telur kocok lepas
100 gram tepung roti (atau secukupnya aja sih, saya pakai sedikit-sedikit, kalau kurang ditambah lagi biar nggak ada yang nyisa hehehe…

bola pasta makaroni

Ini jelas ya siapa food stylist-nya, Violeta pastinya ^^

Langkah pembuatan:
1. Tumis bwang bombay dan bawang putih sampai wangi, masukkan pasta elbow yang udah direbus dan wortel parut, tambahkan sedikit susu atau air biar nggak terlalu kering.
2. Masukkan garam, gula, merica. Aduk sampai merata.
3. Tambahkan susu sampai adonan lembab, jangan lupa kecilkan api biar nggak gosong.
4. Masukkan keju parut, setelah merata, matikan api lalu masukkan keju Jokowi tadi :p
5. Bentuk bulat adonan. sebaiknya dibentuk ketika adonan masih lembab dan hangat biar gampang, karena kalau udah kering susah dibentuk jatuhnya malah lepas-lepas elbow-nya.
6. Celupkan adonan yang udah dibola-bola ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti. Bisa diulangi untuk hasil pelapisan maksimal jadi lebih krispi.
7. Diamkan setidaknya 30 menit di kulkas agar tepung roti menempel sempurna
8. Goreng sampai kecoklatan. Sebenernya digoreng sebentar pun nggak papa asal bagian luar udah coklat. Lebih cepet kalau adonan kecelup minyak semua (deep frying—cieeee ngerti bahasa Inggris juga nih :p)

bola-bola elbow

Alhamdulillah, Vio yang lagi musuhan sama nasi lahap bener makan ini. Pokoknya kalo bola-bola begini, Vio pasti suka. Apalagi kayaknya dia tahu deh emaknya juga demen, jadi semangat karena ada saingan. Agak ribet sih prosesnya, tapi puas. Anak senang, ibu kenyang *comot satu lagi*.

 
12 Comments

Posted by on September 23, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: