RSS

Tag Archives: kentang keju

Perkedel Agak Necis

Perkedel Mozarella by Dapur Hangus

Suatu siang saya kelaparan, pengen makan tapi bukan nasi. Vio yang udah makan siang pun berwajah melas minta cemilan sementara emaknya masih sibuk bergelut sama lakban. Sebelumnya sambil masak nasi, saya udah ngukus kentang tanpa tau bakal jadi apa kentang kukus itu. Donat kentangkah? Cake kentang? Atau kue lumpur?

Tetottttt… Salah semua! Dengan sedih harus saya akui kalau saya belum bsia bikin makanan yang aneh-aneh dari kentang. Belum bisa yes, artinya suatu saat pasti bisa, aminnnnnn *usap muka*. Paling-paling semua akan berakhir menjadi errrrr….kentang panggang hihihi… *gak kreatip blas*.

Sayangnya, niat bikin kentang panggang sedikit urung karena ada mozarella yang lumayan banyak. Mau dibikin keju goreng kok foya-foya banget, kayak mozarella bisa dipetik di pohon jambu depan rumah aja. Nyadar diri bakal ga frugal kalau bikin mozarella goreng, saya lalu memadukan kentang dan mozarella menjadi perkedel kentang. Sedikit necis ye perkedelnya. Rasanya? Ya perkedel aja kaliiiii, cuma ada sensasi keju mulur dari mozarella aja.

Bahan
2 buah kentang ukuran sedang, kupas, kukus lalu haluskan
Keju mozarella secukupnya, potong kotak 1×1 cm buat isian.
1 sdm butter. Kalau untuk kentang panggang, pizza dkk, saya pasti pake butter, bukan BOS dan sejenisnya *gaya beneeeeuuurrr*. Biar wangi dan lebih sehat. Yaaaa…walaupun agak gak menyehatkan buat kantong sih, tapi kan cuma 1 sdm ya, makanya ini butter ngendon di kulkas ga abis-abis.

Bumbu
1 sdt garlic powder yang kata orang Lembang namanya bubuk bawang bodas :p
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir

Bahan celupan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
Sejimpit garam
Air matang secukupnya, masukinnya dikit-dikit aja biar ga keenceran

Perkedel mozarella

Perkedel kentang keju ala Dapur Hangus

Oya, saya pakai bahan celupan ini karena baru menyadari kalau saya nggak punya telur setelah kentang dihaluskan. Karena prolognya udah ga mau bikin kentang panggang, malu dong kalau mau balik kucing hahaha… Jadi yuk mari berpikir kreatif yes :D.

Cara membuatnya sangat mudah tentu saja, kalau nggak gampang, saya mending makanan di warung nasi Padang hihihi…
1. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan butter dan semua bumbu. Aduk rata.
2. Ambil satu sendok adonan, isi dengan potongan mozarella, lalu bulatkan. Jangan lupa agak padat biar nggak pecah pas digoreng.
3. Celupkan bola kentang ke dalam bahan celupan. Lakukan pada semua bola kentang
4. Goreng di minyak yang panas dan banyak. Apinya jangan terlalu besar karena takut bola-bola meletus. Di sini agak susah sih menurut saya, kalau adonan nggak padet, pasti mozarella meleber dan masuk ke minyak, lengket ke bola kentang lain lalu pas dipisahin satunya malah ikutan bolong. Serba salah kannnn…. Ada cara yang agak ribet sih, yaitu goreng bola-bolanya dua kali. Pertama dengan minyak yang banyak dan panas sekitar 3 menit, lalu angkat. Setelah agak dingin, goreng lagi dengan api sedang sampai agak kecoklatan. ini bukan jaminan 100 persen ga bakal meletus sih ya, tapi seenggaknya lumayanlah yaaa…

perkedel mozarella

Perkedel kenteng mozarella

Postingan ini sebenernya udah lama ngendon di draft, hari ini semangat lagi karena baca jurnal nature.com tentang penemuan potongan saringan tembikar yang setelah diteliti ternyata mengandung residu susu berlemak. Hal tersebut membuktikan bahwa keju telah dibuat sekitar 7500 tahun yang lalu. Wow! Jadi, ketika makan keju, mungkin kita makan hasil olahan susu yang sama dengan nenek moyang kita jaman dulu. Yaaaaa…walaupun kenyataannya penemuan tembikar bukti arkeologi itu di Eropa Utara (Polandia), bolehlah saya sedikit ngaku-ngaku itu nenek moyang saya, kan sama-sama cucu Adam :p *dilempar keju*.

Dulu saya nggak suka keju, ya tapi dulu sih itu waktu masih kurus. Sekarang udah agak ndut berkat lemak dari keju, tapi saya nggak suka susu. Ternyata memang keju itu cara bikinnya pake saringan buat misahin susu dari lemak ya, yang tersisa tinggal protein dan lemaknya. Itulah jawaban mengapa saya cepet sekali gendut :(.

Advertisements
 
12 Comments

Posted by on December 16, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

Kentang Panggang ala Dapur Hangus

Kentang Panggang ala Dapur Hangus

kentang panggang, mashed potato
Posting ini sambil komat kamit semoga kentang panggang yang dimaksud tidak menyalahi ketentuan kentang panggang di langit dan di bumi. Ehem… Ini sih ngawur ya sebenernya, ya cuma segini-gini aja bisanya sih hihihi… Padahal kalau gugling, ada juga resep kentang panggang yang susah, pakai alumunium foil, harus a be ce de es be yang kalau diturutin keburu abis deh drama Korea di Indosiar, yukkkk :p.

Kalau mau ngikutin diet golongan darah, saya yang bergolongan darah O disarankan diet kentang. Tapiiii, ga kuku dong! Saya penggemar berat kentang dengan segala macam olahannya, dikukus, digoreng, dipanggang, dibumbu balado, bumbu sambal goreng, dibikin perkedel semua akan aman di perut saya. Kayaknya kalau Chef Juna lagi makan kentang juga saya naksir deh! Hehehe…

Rupanya sedikit banyak Vio ngikutin selera emaknya ini, dia doyan banget kentang panggang ini. Kalau versi kami berdua, ini adalah cemilan ya, bukan pengganti nasi (makanya wajar berat badan naik 4kg *buang timbangan*). Sambil nonton drama Korea siang-siang ngemil kentang anget ini, ahhh…sesuatu banget! Yuk dicobain, caranya sangat mudah. Satu resepnya bisa jadi dua cup silikon seperti di foto. Satu buat Vio satunya buat saya, tapi ya saya masih nyolek-nyolek punya Vio juga *emak maruk*

Kentang tutup keju hihihi… enak banget, apalagi kalau masih hangat. Yummy 😀


Bahan:
3 buah kentang ukuran kecil, kukus, haluskan. Saya biasa ngukus bareng masak nasi aja, atau ngukus bareng sayur.
1 sdm butter
30 gr keju cheddar (lebih banyak ga pa pa juga sih), parut
50 gr keju mudah leleh atau mozarella, parut
1 sdt peres garam
1 sdt bubuk bawang putih
gula secukupnya
merica atau lada hitam secukupnya
oregano dan parsley secukupnya
Bubuk paprika (optional, saya pakai karena lagi ngajarin Vio makan pedes).

Caranya guampanggg buangettt.
1. Haluskan kentang kukus pake garpu, campur dengan butter ketika masih panas. Alasan mengapa saya milih dikukus sih karena gizinya lebih terjaga juga karena kentang kukus lebih mudah dihaluskan dibanding kentang rebus. Jadi, saya ga perlu mengeluarkan kekuatan Xena, hemat energi gitu maksudnya 😀
2. Campur kentang dengan keju cheddar, tambahkan oregano+parsley, bubuk bawang putih, garam, merica atau lada hitam. Aduk sampai rata biar rasanya ga blangbentong *bahasa apa inihhh*.
3. Masukkan kentang yang telah dicampur bumbu ke cup silikon atau cup alufoil atau ramekin asal tahan panas di oven aja. Padatkan dengan cara ditekan-tekan dengan garpu. Atur keju mudah leleh atau mozarella yan telah diparut di atasnya, lalu taburkan sejumput gula pasir di atas keju biar nanti jadi karamel. HAduhhh, paduan keju cepat leleh dan gula ini harummmmmm syekali dan dijamin bikin perut berdisko.
4. Panggang di oven sampai keju leleh, saya biasanay sih 15 menit, 5 menit terakhir api atas dinayalain jadi hasilnya ada coklat-coklat karamel dari gula pasir yang meleleh. Bisa juga pake teflon atau happycall, apinya kecilll aja takut bawahnya terlalu gosong. Ya kalau gosong kurang lebih kayak di cup yang biru itu ya, ga cantik kayak Marshanda :(.

Kentang panggang ini favorit saya dan Vio, kalau ayahnya sih nggak suka keju. Pernah makan keju katanya mual. Harap maklum ya, seleranya masih selera asli Majalengka sih. Saya sering bilang, “Yah, nanti kalau aku sama Vio ke Italia, ga usah ikut ya, malu-maluin nama Corleone kok doyannya ikan asin.” Lalu suami menjawab, “Ikut ah, mau bekel indomie aja.”

 
21 Comments

Posted by on July 9, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: