RSS

Tag Archives: keju

Perkedel Agak Necis

Perkedel Mozarella by Dapur Hangus

Suatu siang saya kelaparan, pengen makan tapi bukan nasi. Vio yang udah makan siang pun berwajah melas minta cemilan sementara emaknya masih sibuk bergelut sama lakban. Sebelumnya sambil masak nasi, saya udah ngukus kentang tanpa tau bakal jadi apa kentang kukus itu. Donat kentangkah? Cake kentang? Atau kue lumpur?

Tetottttt… Salah semua! Dengan sedih harus saya akui kalau saya belum bsia bikin makanan yang aneh-aneh dari kentang. Belum bisa yes, artinya suatu saat pasti bisa, aminnnnnn *usap muka*. Paling-paling semua akan berakhir menjadi errrrr….kentang panggang hihihi… *gak kreatip blas*.

Sayangnya, niat bikin kentang panggang sedikit urung karena ada mozarella yang lumayan banyak. Mau dibikin keju goreng kok foya-foya banget, kayak mozarella bisa dipetik di pohon jambu depan rumah aja. Nyadar diri bakal ga frugal kalau bikin mozarella goreng, saya lalu memadukan kentang dan mozarella menjadi perkedel kentang. Sedikit necis ye perkedelnya. Rasanya? Ya perkedel aja kaliiiii, cuma ada sensasi keju mulur dari mozarella aja.

Bahan
2 buah kentang ukuran sedang, kupas, kukus lalu haluskan
Keju mozarella secukupnya, potong kotak 1×1 cm buat isian.
1 sdm butter. Kalau untuk kentang panggang, pizza dkk, saya pasti pake butter, bukan BOS dan sejenisnya *gaya beneeeeuuurrr*. Biar wangi dan lebih sehat. Yaaaa…walaupun agak gak menyehatkan buat kantong sih, tapi kan cuma 1 sdm ya, makanya ini butter ngendon di kulkas ga abis-abis.

Bumbu
1 sdt garlic powder yang kata orang Lembang namanya bubuk bawang bodas :p
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir

Bahan celupan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
Sejimpit garam
Air matang secukupnya, masukinnya dikit-dikit aja biar ga keenceran

Perkedel mozarella

Perkedel kentang keju ala Dapur Hangus

Oya, saya pakai bahan celupan ini karena baru menyadari kalau saya nggak punya telur setelah kentang dihaluskan. Karena prolognya udah ga mau bikin kentang panggang, malu dong kalau mau balik kucing hahaha… Jadi yuk mari berpikir kreatif yes :D.

Cara membuatnya sangat mudah tentu saja, kalau nggak gampang, saya mending makanan di warung nasi Padang hihihi…
1. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan butter dan semua bumbu. Aduk rata.
2. Ambil satu sendok adonan, isi dengan potongan mozarella, lalu bulatkan. Jangan lupa agak padat biar nggak pecah pas digoreng.
3. Celupkan bola kentang ke dalam bahan celupan. Lakukan pada semua bola kentang
4. Goreng di minyak yang panas dan banyak. Apinya jangan terlalu besar karena takut bola-bola meletus. Di sini agak susah sih menurut saya, kalau adonan nggak padet, pasti mozarella meleber dan masuk ke minyak, lengket ke bola kentang lain lalu pas dipisahin satunya malah ikutan bolong. Serba salah kannnn…. Ada cara yang agak ribet sih, yaitu goreng bola-bolanya dua kali. Pertama dengan minyak yang banyak dan panas sekitar 3 menit, lalu angkat. Setelah agak dingin, goreng lagi dengan api sedang sampai agak kecoklatan. ini bukan jaminan 100 persen ga bakal meletus sih ya, tapi seenggaknya lumayanlah yaaa…

perkedel mozarella

Perkedel kenteng mozarella

Postingan ini sebenernya udah lama ngendon di draft, hari ini semangat lagi karena baca jurnal nature.com tentang penemuan potongan saringan tembikar yang setelah diteliti ternyata mengandung residu susu berlemak. Hal tersebut membuktikan bahwa keju telah dibuat sekitar 7500 tahun yang lalu. Wow! Jadi, ketika makan keju, mungkin kita makan hasil olahan susu yang sama dengan nenek moyang kita jaman dulu. Yaaaaa…walaupun kenyataannya penemuan tembikar bukti arkeologi itu di Eropa Utara (Polandia), bolehlah saya sedikit ngaku-ngaku itu nenek moyang saya, kan sama-sama cucu Adam :p *dilempar keju*.

Dulu saya nggak suka keju, ya tapi dulu sih itu waktu masih kurus. Sekarang udah agak ndut berkat lemak dari keju, tapi saya nggak suka susu. Ternyata memang keju itu cara bikinnya pake saringan buat misahin susu dari lemak ya, yang tersisa tinggal protein dan lemaknya. Itulah jawaban mengapa saya cepet sekali gendut :(.

Advertisements
 
12 Comments

Posted by on December 16, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

Another Green Tea Project

Green tea kastengel Karena abis posting tips yang ringan tapi bermanfaat, malah banyak yang nanya resepnya. Mungkin tips macam itu cuma bagus buat orang-orang yang mau makan enak tapi ga mau susah kayak saya. Paling gampang kan beli, cuma saya kan lagi nabung buat beli berlian *eaaaaa….*, jadi kurangi jajan di luar.

Dengan terpaksa namun bahagia, saya ngetik resepnya ya. Saya dulu pernah posting resep kastengel di sini, tapi ini pake resep yang berbeda. Sebenernya resep kastengel NCC, cuma saya tambahin 1/2 sdt greentea dan saya kurangi keju edamnya. Pelit banget ngurangin keju edam? Eiyaaaa itu mah sisa lebaran kemaren hahaha… Oya, saya juga ga pake susu bubuk sih soalnya nggak ada. Resep di bawah ini setengah eh sepertiga eh dua pertiga resep aja ya *puyeng*.

Sebenernya bikin kastengel ini karena takut keju edamnya keburu ga bisa dipake, kan sayang banget tuh :(. Beli mahal-mahal, dibelain ga makan 5 hari *lebay*, masa cuma akan berakhir di tempat sampah? Ahhh… makanya dengan semangat 45, saya uplek-uplek di dapur. Paling bete ya ngebentukin kukisnya. Ewwwhhh…seandainya pekerjaan itu bisa digantikan robot, pasti dengan suka rela saya beli robotnya. Apalagi kalau robotnya bisa nyapu, ngepel, setrika *kode banget butuh ART nih*.

Bahan:
200 gram mentega/butter
250 gram tepung terigu protein sedang
2 butir kuning telur
150 gram keju edam parut, parut agak panjang-panjang biar hasilnya renyah. Tapi kalau dipanggang di happycall ga ngaruh juga sih hihihi
1/2 sdt green tea bubuk aka matcha powder

How to:
Kocok mentega sampai lembut, masukkan kuning telur. Kali ini saya sudah mahfum yang namanya mixer nggak ada di kamus saya. Kamus saya cuma bilang, “Garpu.” Tampaknya harus beli kamus baru biar ada kata mixernya hihihi…Liat aja nanti kalau saya boyong KA atau Bosch ke rumah, semua orang harus tau, termasuk Sahrukh Khan dan Bang Rhoma :p
Campur keju dan terigu, lalu masukkan ke adonan telur dan mentega. Aduk merata.

Adonan siap dicetak atau dibentuk atau apalah itu namanya. Saya sih lagi rajin karena memang mau bekuin cookies, jadi saya pilin biar bagus. Duh, kalau denger kata pilin kok inget kumis ya? *jitak diri sendiri*

Panggang di oven dengan suhu 180 selama 30 menit. Saya pernah nyobain pake doublepan, lebih cepet sih, lebih cepet gosong padahal udah pake api kecil. Tapi kompor sebelah kiri emang ga bisa kecil maksimal sih, pertanda harus memboyong modena ke dapur saya *eaaaaa….*lagi-lagi kastengel

Dibanding resep kastengel yang pernah saya posting sebelumnya, kastengel ini lebih rapuh dan gampang hancur. Rasanya? Sama enaknya dong pastinya, siapa dulu yang bikin :p. Narsis tak terkira itu modal buat sukses di dapur hahaha… Kalau ga narsis, mana ada blog ini. Ini berkah dari kenarsisan saya hehehe…

Kastengel yang pake doublepan kan gosong, trus Vio memandang nista gitu. Saya dengan bangga mengunyah dan pura-pura menikmati padahal paittttt. Gabungan grinti dan kegosongan adalah kiamat di dunia perkejuan. Rasa kejunya ilang dong hihihi… untung yang gosong parah cuma 2 biji, gosong sedang 4 biji, gosong ringan 5 biji. Dengan kata lain semuanya gosong, tapi mengapa saya masih bilang untung? Itu ciri khas orang Indonesia katanya, terlalu mudah bersyukur :D. Alhamdulillah…

 
25 Comments

Posted by on October 18, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

Gurihnya Keju Goreng

Gurihnya Keju Goreng

Pasti pada tau kan Richeese Factory? Kalau nggak tau, pasti bukan orang kota *plak*. Saus kejunya di situ mantep banget deh, saya juga baru dua kali ke situ, selalu makan ayamnya sih, tapi penasaran sama keju gorengnya. Keju digoreng? Iyaaa… Keju cheddar biasa gitu digoreng. Harganya di atas 10 ribu cuma dapet 2 potong. Ampun mahal banget!

Dengan semangat pengiritan, saya akhirnya bikin sendiri. Rasanya lucu juga. Nggak tahu ya ini sama atau nggak kayak di Richeese Factory, tapi yang penting enak aja buat ngemil. Mana caranya gampang banget deh nggak perlu pake mixer, oven, dan teman-temannya.

goreng keju

Baru tau kalau keju enak juga kalau digoreng ^^

Langkah pembuatannya ada lima
1. Potong keju
2. Celupkan ke kocokan telur yang dibumbui sedikit gula dan merica biar gurih (lebih baik putihnya aja, kuningnya dipake buat bikin kukis)
3. Gulingkan ke tepung roti, diamkan di kulkas bila perlu
4. Goreng dengan api sedang sampai tepung roti berwarna kecoklatan.
5. Siap dimakan. Paling enak pas anget-anget, kejunya melted gitu.

Nggak nyangka rasanya sedep juga, tapi ya kalo bikin banyak atau anggota keluarganya banyak, ini cemilan boros sih. Mengingat di rumah yang suka keju hanya dua orang cantik, jadi setengah bar keju cheddar masih bisa buat dua kali ngemil. Alhamdulillah sedikit berhemat. Ternyata bener juga semboyan KB kalau dua anak lebih baik, nanti kalau punya anak lagi satu bar masih bisa ya jadi 3 kali ngemil.

Oya, pas ngegoreng keju ini, saya kok jadi kepikiran satu hal, kok tepung roti itu dibikin tiga warna ya? Ada putih, kuning, dan orange. Padahal setelah digoreng semua akan berubah warna menjadi coklat. Tanya kenapa? *korban iklan* :p

keju goreng

Sensasi keju meleleh ituuuu….

Udah selesai bacanya? Jangan bilang kalau ini resep cemen ya wekekek… Yang praktis-praktis gini cocok nih buat sesi memasak bersama anak kecil, pasti seru. Awalnya Vio ga suka liat kejunya keriting, pas tinggal satu, dia malah minta bikin lagi. Anak kecil memang kadang susah ditebak hihihi…

 
20 Comments

Posted by on September 30, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

Bola-bola Keju

Bola-bola Keju

Sebenernya ini bukan resep baru, ini cuma cheese bliss yang memang sudah ngetop di dunia maya, dunia persilatan, serta dunia lain *apa sihhh???*. Pertama kali dapet resep ini dari The Urban Mama pas V io udah boleh dairy product. Dannn… ehem ehem resep ini juga yang bikin jatuh cinta sama baking (walaupun cinta palsu sih ya soalnya baking juga senin kemis). Sebelum bikin ini, pernah nyobain beli di salah satu online shop yang khusus jual kukis baby dan lumayan ngetop, harganya mihil banget! Jadi, radar penghematan menggiring saya untuk bikin sendiri.

Dari sekian kali percobaan yang tak pernah gagal (gaya benerrrr), akhirnya menemukan gabungan bahan yang rasanya oke, mudah dipadukan dengan bahan tambahan seperti kismis, chocochip, cornflakes de el el serta gampang dibikin setengah resepnya.

Beginilah resep bola-bola keju ala Dapur Hangus.

Bahan:

250 gr tepung terigu serbaguna/protein sedang (sebenernya lebih bagus protein rendah)

4 butir kuning telur (ukuran kecil aja, saya biasa beli telur di supermarket yang kecil-kecil)

150 gr mentega/margarin

180 gr keju (1 bar masukin semua biar ngeju abis), parut

3 sdm maizena

1/2 cup bahan tambahan (bisa chocchip, cornflakes, kismis asal bukan batu kerikil yaaaa :p)

Kira-kira kalau sudah seperti ini adonannya, siap dicetak/bentuk

 

Cara membuat:

Campur terigu, keju, dan maizena, lalu masukkan mentega/margarin. Aduk rata hingga berbutir-

butir. Oya, saya biasa ngaduk pake garpu aja. Masukkan kuning telur satu per satu.

Kadang kalau kuning telurnya besar, 3 kuning telur saja sudah cukup. Aduk sampai jadi seperti gambar di samping atau asal adonan sudah bisa dipulung. Katanya sih tergantung suhu ketika mencampur semua bahan pengaruh ke bentuk adonan, tapi ya entahlah ya saya bukan suhu sih :p

Kalau sudah dibentuk, dicetak susun di loyang, jaraknya deket-deket pun tak masalah karena memang ga bakal ngembang. Makanya, si bola-bola keju ini jadi favorit banget karena oven listrik saya kan imut kayak yang punya, jadi satu resep ini cukup sekali manggang aja. Hemat listrik tapi makan kukis enak itu asyik banget kan?

cheese bliss

Oven suhu 170 sekitar 20-25 menit aja. Duh, sebenernya ini kira-kira sih ya, pakai feeling aja dan harus match hati kita sama hati si oven. Gunakan insting kegosongan untuk mendeteksi kehangusan dini :p. Jangan lupa juga dipanasin dulu ovennya sebelum adonan masuk, oven listrikku butuh 10-15 menit dipanaskan. Kalau cuma dioven sekitar 15 menit, hasilnya dalemnya chewy, tapi saya nggak terlalu suka yang begitu sih jadi ya agak lama manggangnya, kukinya hasilnya renyah, sedikit rapuh juga sih.

 

TIPS paduan terbaik untuk membuat kukis keju ini menurut saya adalah keju cheddar Kraft dan Blueband, rasanya top banget! Baunya wangi, gurih banget. Tapi kalau masih concern mengurangi garem, ya pake unsalted butter yang mihil sih oke-oke aja, keju pake cheddar yang Diamond atau Prochizz juga boleh.

yummmy and cheeesssyyyy

Nah, foto di bawah ini kalau ditambahkan chocchip, rasanya bisa berubah drastis lho! Kalau saya sih manggangnya lebih bentar dibanding yang original takutnya chocchip meleleh. Jadi, sekitar 20 menit maksimal, suhu cukup 160 aja (dengan catatan oven udah dipanaskan ya, panaskan boleh suhu 200 lalu turunkan setelah kukis masuk oven).

 
5 Comments

Posted by on April 21, 2012 in Giveaway

 

Tags: , , , , , ,

 
%d bloggers like this: