RSS

Tag Archives: cocoa

Brownies Mudah, Murah, dan Lezatosss!!!

Lima tahun lalu, pas KKN di Cirebon, takjub banget lihat temen yang bisa bikin brownies. Di mata saya, dia keren, cool, dan hebat. Apalagi waktu itu lagi ngetop-ngetopnya Brownies Amanda dan harus ngantri panjang sampe nguler kalau mau beli.

Tak disangka, di Tahun Naga Air ini keadaan udah berubah drastis. Ibu saya minta diajarin bikin brownies. Duh, berarti sekarang saya keren, cool, dan hebat kan? Hihihi… *maunya*

Brownies itu dalam sejarahnya adalah kue gagal ngembang alias bantat. Kalau mau jas merah, ya bikin brownies jangan pake pengembang. Tapi, pake pengembang sedikit oke aja, cukup ekonomis kalau mau buat jualan.

Awalnya sih niat gugling resep, eh nyantolnya tetep aja ke blognya Lei, yah tau gitu mah langsung nanya aja eike ke Jeng Lei. Oya, ini udah dimodifikasi. Hasilnya tetep enak, tapi ibu kurang puas sih. Keenakan kalau buat dijual harga seribu.

Bahan:
155 gr terigu
45 gr coklat bubuk
4 btr telor ukuran besar
1 gelas belimbing minyak sayur (minyak goreng)
1/2 sdt baking powder
250 gr gula pasir
Sejumput garam

Setelah semua bahan siap, tinggal dieksekusi. Campur baking powder, garam, terigu dan coklat bubuk. Saya pakai coklat van houten, rasanya gilak enak banget. Sebungkus kecil yang 45 gram harganya sekitar 10 ribu, kalau browniesnya mau dijual ya terlalu enak seperti kata ibu saya. Oya, pokoknya total terigu+coklat bubuk 200 gram ya, bisa dikurangi coklatnya tapi ditambahi terigu juga oke.

Di wadah terpisah, campur telur dan gula. Kocok sampai lembut dan gula larut. Saya ngocoknya pake whisker aja, butuh waktu sekitar 1080 detik (hayolo berapa menit) atau sampai tangan kerasa agak pegel dan besoknya butuh pijit hahaha… Masukkan minyak. Campurkan adonan telur ke terigu+coklat. Aduk sampai rata ya, jangan sampai ada yang bergerinjil.

Masukkan adonan yang sudah dioles mentega dan dibalurin terigu tipis-tipis. Panggang sekitar 30 menit. Karena kemaren pake otang, apinya kecil aja, sebelumnya otang udah dipanasin 5 menit. Adonan ini jadinya 2 loyang loaf. Enak banget… Jadi kepikiran buat jualan brownies trud dititip di warung deket rumah hihihi… Sesuai judulnya kan? Mudah, murah, lezatoss!

 
22 Comments

Posted by on April 29, 2012 in Kisah di Balik Rasa

 

Tags: , , , , , , , , , ,

 
%d bloggers like this: