RSS

Ini Lumpiaku, Mana Lumpiamu

19 Feb

Setelah episode ga bisa nyium bau bawang, akhirnya saya mulai ngedapur lagi. Yang paling bahagia tentu saja Violeta. Dia paling heboh bantuin di dapur. Bikin yang gampang-gampang dululah, yang ga perlu ngeluarin tenaga samson, tinggal tuang-tuang bumbu bubuk, jadi deh. Mari cekidot resep lumpia bikinan saya dan Vio…

LUMPIA NANAS
Bahan
1/2 buah nanas
1 sdt gula putih
1/4 sdt garam
1 sdt bubuk kayu manis Koepoe Koepoe
1/2 sdt bubuk cengkeh Koepoe Koepoe
Gula merah secukupnya
8 lembar kulit lumpia *saya pake yang tipis bundar, biasa dipakai untuk pisang aroma)

 

koepoe pinneaple

CARA MEMBUAT
– Potong nanas kecil memanjang, bumbui gula, garam, bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh Koepoe Koepoe. DIamkan beberapa saat sampai meresap
– Siapkan kulit lumpia, ambil satu atau dua potong nanas, taburi gula merah.
– Goreng dengan minyak panas sampai kecoklatan.
– Lumpia siap disajikan.

LUMPIA TRIPLE CHEESE

triple chese lumpia

Bikin lumpia keju mah udah biasa, tapi kali ini pake lumpia dengan tiga keju berbeda. Rasanya udah pasti gurih luar biasa. Saya pake keju mozarella, keju cheddar, dan keju caciotta Italia. Cara bikinnya gampang, kalo ga gampang pastinya saya ga bikin.

BAHAN
10 lembar kulit lumpia siap pakai
10 potong keju caciotta, saya potong panjang sekitar 7 cm
10 potong keju mozarella, saya potong sama dengan keju caciotta
10 potong keju cheddat, potong 7 cm juga.
1 buah telur
5 sdm tepung panko atau tepung roti
1 sdm tepung terigu
1/2 sdt lada putih bubuk Koepoe Koepoe
Gula dan garam secukupnya, saya ga pake karena lupaaaaa… garem sih kayaknya ga perlu banyak-banyak, udah gurih banget
Minyak untuk menggoreng

CARA MEMBUAT
– SIapkan kulit lumpia, isi dengan 3 macam keju yang sudah dipotong.
– Kocok telur, bumbuin dengan gula, garam, dan lada putih bubuk @koepoekoepoeid
– gulirkan lumpia yang sudah diisi dengan 3 macam keju kedalam tepung tergiu, telur, dan tepung roti. Ulangi bila dirasa lapisan tepung roti kurang tebal. Punya saya ketebelan sih, jadi bentuknya malah mirip nugget.
– Goreng api sedang dengan minyak panas.
– Tanpa dibalur tepung roti pun tak apa, rasanya sudah enak banget, bila tanpa baluran tepung roti, bumbuin keju dengan italian herbs dan lada putih+gula.

LUMPIA KARI AYAM UDANG
Bahan
100 gr ayam cincang (saya pake 250 gram, sisanya simpan di freezer)
5 udang peci ukuran besar
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis ayam cincang
minyak untuk menggoreng secukupnya
1,5 sdt bumbu kari Koepoe Koepoe
1,5 sdt garlic powder Koepoe Koepoe
Lada putih Koepoe Koepoe secukupnya.
Gula dan garam secukupnya
10 lembar kulit lumpia ukuran kecil

koepoe ayam kari

CARA MEMBUAT
– Bersihkan udang, bumbui dengan setengah sdt bumbu kari dan setengah sdt bubuk bawang putih (garlic powder) Koepoe Koepoe. Diamkan 10-15 menit di kulkas.
– Panaskan 1 sdm minyak, masukkan daging cincang, dan bumbui dengan 1 sdt bubuk kari, 1 sdt bubuk bawang putih, gula dan garam secukupnya. Terakhir masukkan seujung sendok lada putih bubuk Koepoe Koepoe . Aduk rata dan jangan biarkan menggumpal, aduk sampai matang.
– Siapkan 2 lembar kulit lumpia,
– Isi kulit lumpia pertama dengan 1 sendok isian ayam cincang yang sudah ditumis matang, gulung. dengan 1 ujung terbuka. Gulung kulit lumpia ke dua dan beri 1 ekor udang di ujung atas yang terbuka. Rekatkan dengan putih telur (bila perlu). Saya ga pake putih telur tapi bagian ujung digoreng duluan, setelah kering, baru dibalik. Pengiritan putih telur.
– Goreng sampai kecoklatan dalam api sedang.
– Sajikan dengan saos pedas manis.

LUMPIA MINI ISI NUGGET SAYUR

kopoe nugget

Bahan
10 lembar kulit lumpia (saya pake yang ukuran 12 cm)
10 nugget stik yang sudah digoreng
10 buah buncis mini, potong sesuai panjang nugget stik
1 buah wortel ukuran kecil, iris tipis memanjang sepanjang nugget stik
1/2 sdt bubuk bawang putih Koepoe Koepoe
Bubuk pala Koepoe Kopoe secukupnya
Bubuk lada putih Koepoe Koepoe secukupnya
Garam secukupnya
1 sdt minyak goreng untuk menumis sayuran
Putih telur secukupnya untuk merekatkan kulit lumpia

CARA MEMBUAT sederhana sekali
1. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, masukkan potongan buncis dan wortel. Tunggu beberapa saat sampai agak layu
2. Bumbui dengan bubuk bawang putih, lada putih, dan pala Koepoe Koepoe. Tambahkan sedikit garam.
3. Matikan api, angkat wortel dan buncis tumis.
4. Setelah dingin, gulung nugget yang sudah digoreng, satu potong buncis, dan satu potong wortel dengan kulit lumpia mini, lekatkan dengan putih telur.
5. Siapkan wajan teflon, saya pakai wajan double yang ada garis-garisnya. Panaskan setiap sisi lumpia yang sudah digulung sampai kulit mengeras. Meskipun tidak digoreng, kulit lumpia tetep kriuk.

Lumpia panggang ini bisa jadi alternatif goreng-gorengan, lumayan jadi hemat minyak. Vio seneng banget bantuin main masak-masakan hari ini. Anak ceria, ibu bahagia ^_^.

Jangan lupa follow @koepoekoepoeid di Instagram atau like fanpage Facebooknya. Besok terakhir loh, jangan ketinggalan manteman🙂

 
4 Comments

Posted by on February 19, 2016 in Kisah di Balik Rasa

 

4 responses to “Ini Lumpiaku, Mana Lumpiamu

  1. emma

    February 20, 2016 at 5:18 pm

    omg. .ngeces deh liat fotonya jg 😋

     
  2. intanrawit

    June 22, 2016 at 8:08 pm

    ya ampyuuun fotonya kece badaaii, ngiler mak🙂

     
  3. Wadiyo

    September 5, 2016 at 10:28 am

    dari foto-fotonya saja sudah menggugah selera, apalagi aslinya ya.

    Bagaimana caranya agar saat menggoreng tidak hangus atau kematangan ya?
    terima kasih
    salam kenal. habis dari blognya Mbak intan, kesini deh.

     
    • Ika Rahma

      September 5, 2016 at 11:13 pm

      pake api sedang saja dan jangan disambi nonton drama Korea hehehe

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: