RSS

Rahasia Macaroni Schotel Ciamik

12 Jan
makaroni schotel

Orgran Vegetable Schotel, enakkkkk….

Baru kali ini saya bisa makan pasta tanpa tersisa. Nggak mau kalah sama Vio pokoknya. Dia habis satu setengah porsi, saya habis dua porsi hehehe… Resepnya ngawur aja, wong kalo gugling “resep makaroni skutel” setidaknya ada 41 ribu entry yang bakal muncul. Silahkan pilih mau yang mana, sejujurnya saya mau pamer aja dikiiit kalau udah bisa bikin skutel yang yahud binti maknyus. Vio bilang, “Bikinan ibu enak, ibu pinter banget!”

Selama ini, saya selalu kurang puas dengan skutel bikinan saya. Selalu ada yang kurang, nggak padet kayak kalau beli di Borma *sebut merk*. Sayangnya kalau beli di Borma itu udah mahal, dapetnya sedikit, kejunya pelit pula. Wis, itu cuma bikin menggerutu aja pokoknya.

pasta orgranKemaren saya iseng aja pengen sarapan pasta, itung-itung mempersiapkan perut kalau suatu saat tinggal di Italy *ehem-ehem*. Kebetulan stok pasta lagi melimpah, ada Orgran, ada juga elbow biasa. Saya akhirnya milih Orgran buat diolah, penasaran kayak apa sih rasanya pasta mahal ini.

Karena udah lama banget nggak uplek-uplek dapur, stok bumbu-bumbuan saya nol besar. Ga ada bawang bombay, padahal bombay hukumnya fardhu ain di masakan Italia. Yo wislah karena saya bukan orang Italia melainkan orang Ciwaruga, bawang bombay saya ganti dengan bawang merah aja. Rasanya tetep enak kok *seenggaknya menurut saya dan Vio :P*

makaroni skutel Dapur Hangus

Yummyyyy….

Bahan
2,5 genggam pasta Orgran, inget yaaaa…. tangan saya kecil. Jadi ya dua setengah genggam ini sama dengan satu setengah genggam tangan yang agak besar. Tentang tangan kecil ini, jadi inget doa adek saya pas saya hamil Vio, “Ya Allah semoga tangan ponakan saya normal nggak kayak tangan emaknya.” *jedarrrrr*
1 siung bawang putih, cincang halus
2 siung bawang merah ukuran sedang (harusnya pakai bawang bombay setengah ya). biar ga kerasa banget bau bawang merahnya, saya bela-belain ngulek nih.
40 gram keju cheddar parut
Keju mozarella secukupnya, parut juga. Mozarellanya buat taburan ya.
1 buah telur ukuran kecil
1 kotak kaldu ayam yang resepnya bisa diintip di sini
Gula, garam, merica secukupnya
Butter untuk menumis
100 gram fillet dada ayam, parut. Ya intinya sih ayam cincang ya, tapi saya kan nggak punya ayam cincang, ga punya grinder dan semacamnya. Jadi saya sih ayam beku dikeluarin dari freezer, langsung diparut pake parutan keju. Lumayan, lumayan dinginnnnnn….. tapi hasilnya bagus sih, mirip ayam cincang di supermarket hihihi… Yaaaa… sementara tangan menderita karena nahan dingin dulu deh sebelum bisa beli blender 7in1-nya mbak Happy Salma :p.

Cara membuat:
Rebus pasta sampai empuk, tapi jangan terlalu lembek. Tambahkan sedikit butter dan garam. Tiriskan lalu sisihkan. Ga usah jauh-jauh sih ya nyisihinnya, jangan disisihin ke rumah tetangga apalagi :p. Beuuhhh… bisa dimakan abis sama anak tetangga. Yuuk fokus, fokus ke skutel yaaa… *

Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan ayam cincang alias ayam parut yang membuat tangan saya menderita tadi. Masak sampai ayam berubah warna dan matang.

Tambahkan kaldu, masukkan pasta yang sudah ditiriskan, tambah gula, garam, dan merica secukupnya. Kecilkan api. Aduk sampe merata. Setelah tercampur rata, masukkan telur, aduk cepat jangan sampai telur menggumpal.

Terakhir, masukkan 3/4 keju cheddar parut. Seperempatnya buat apa? Yakin ya kalau sambil masak tadi kejunya ga dicemilin *ngomong sambil ngaca :p*. Ehemmm…seperempatnya buat taburannya nanti. Dikit juga ga papa sih, biar tambah cantik aja skutelnya.

Tata di pinggan tahan panas, agak tekan-tekan. Taburi mozarella parut

makaroni skutel

Bau mozarella terbakar itu…. susah diceritakan deh :p


di seluruh permukaan adonan skutel, lalu taburkan cheddar parut. Sebelumnya, jangan lupa panaskan oven. Cuma butuh sekitar 10-15 menit skutel di oven, karena semuanya kan sudah matang. Manggang ini biar mozarellanya leleh dan baunya jadi seksi aja hihihi…

Nah, ternyata nggak susah ya bikin skutel sendiri, yang susah adalah mengumpulkan niat yang suci dari hati yang terdalam *tsahhh…

Jadi, apa sih rahasia bikin skutel enak? Ehem *siap-siap ditimpuk* ternyata selama ini saya nggak pernah pake ayam cincang kalau bikin skutel. Baru sekali ini deh bikin skutel seenak ini. Mari berdoa semoga skutel-skutel bikinan saya berikutnya seenak yang satu ini. Aminnnnn…

 
32 Comments

Posted by on January 12, 2013 in Resep

 

Tags: , , , , , ,

32 responses to “Rahasia Macaroni Schotel Ciamik

  1. dewijoshin

    January 12, 2013 at 8:15 am

    Kemaren bikin lasagna kukus jg ga ada bawang bombay, pake bawang merah pun enaaak.. btw, cara nyincangnya sama ih dgn cara aku, bekuin daging trus parut pake parutan keju..😀

     
    • Ika Rahma

      January 12, 2013 at 8:17 am

      Cara praktis tapi sedikit menderita. Mendamba chopper deh😦

       
  2. sondangrp

    January 13, 2013 at 1:44 am

    Aahhh kau muncul lagiiii ajkhirnya.kayaknya enaaaak dan gampil soalnya aku punya chopper (pamer sambil evil smirk) akuh mau coba meski gak pake orgran tah apapun itu hihihi

     
    • Ika Rahma

      January 13, 2013 at 3:58 am

      Ga pengen chopper, aku menabung untuk kitchen aid🙂

       
  3. Aulia Rahman

    January 13, 2013 at 2:20 am

    Kapan ya istriku mencoba menu bunda ini, #ingin segera menikah🙂

     
    • Ika Rahma

      January 13, 2013 at 3:58 am

      HIyaaaaaa… calonnya udah ada?

       
      • Aulia Rahman

        January 13, 2013 at 4:05 am

        sudah🙂 hahaha. InsyaAlloh awal februari nanti akad hahai😀

         
      • Ika Rahma

        January 13, 2013 at 4:53 am

        semoga lancar ya rencananya🙂. Ehemmm…calon manten anyar😛

         
  4. Ikakoentjoro

    January 13, 2013 at 10:37 pm

    Aku ga’ begitu suka keju. rasanya eneg aja. Trus solusinya gimana ya😦

     
    • Ika Rahma

      January 14, 2013 at 12:27 am

      rasa keju dipanggang lbh enak dibanding keju biasa mbak. kl ga suka keju, ya pake ayam aja yg banyak, sama2 gurih hehehe…

       
  5. Lidya

    January 14, 2013 at 3:34 am

    hmmmm yummy mbak, cocok buat sarapan besok nih

     
  6. lail

    January 16, 2013 at 1:37 pm

    dirimu sering2 dong posting resep mak, karena aku yg gagap dapur ini sangat mendamba🙂
    ngomong2 soal keju, selagi diriku menulis komen ini, Yira lg nyemil sepiring keju cedar parut >_<

     
    • Ika Rahma

      January 16, 2013 at 9:43 pm

      aku teh bingung ya, pengennya posting resep tiap hari tapi kalo masakannya gitu2 doang kan keki juga yg baca wekekeke…

       
  7. Esti Sulistyawan

    January 25, 2013 at 1:47 am

    Aq suka bgt mbak macaroni schotel, tapi blm pny oven *ditimpuk oven baru

     
  8. Mayya

    January 25, 2013 at 5:57 am

    Kemarin bikin skotel, gagal, gak jelas rasanya…mudah2an pake resep ini berhasil😉

     
  9. Anonymous

    January 25, 2013 at 6:45 am

    selama ini bikin skotel selalu di kukus karena belon punya oven…hiks;;;;;;saya akan sangat beruntung bila mba ika ngetag saya tiap bikin masakan,……(sambil mohon-mohon). hee

     
  10. Lina

    January 25, 2013 at 6:47 am

    aku tiap kali bikin skotel selalu dikukus, hiks hiks belon punya oven…..mba ika bersediakah ngetag saya tiap mba bikin makanan, mohonnnn…..(ingin enake…..heee

     
  11. titi esti

    January 25, 2013 at 8:44 am

    huaaa…. rahasia si ayam itu membuatku malu. sebagai emak yang pelit dan penuh diet (dietung-etung sampe akhir bulan apa enggak uang belanjanya) kadang aku improvisasi dengan mengurangi bahan bahan mihil…. kapan itu aku bikin skutel krn gak ada ayam aku pake kornet, eh, minggu depannya temenku membuatkanku skutel dengan ayam suwir yang gede2 dan kerasa banget ayamnya hahahaha #malahcurcol

     
  12. Mrs. Aditya

    January 29, 2013 at 5:31 pm

    gak pernah bosen sama macaroni schotel😀 #cheeselover
    Hehehe.. mampir sini sering banget tapi baru kali ini ninggalin jejak..
    tukeran link ya mbak, link blogmu inih aku taruh di blogku ya ^_^

     
  13. Sharing Info

    January 31, 2013 at 2:29 pm

    Wooowww….. macaroni schutel, aku suka…… tapi belum pernah bikin, hiks…hiks…hiks….

     
  14. intan rawit

    February 7, 2013 at 12:44 pm

    intinya harus punya oven yah mba…enaknya oven listrik apa oven gas sih mba?dari dulu pengen beli oven tapi bingun mau beli yang mana hehe

     
    • Ika Rahma

      March 11, 2013 at 11:12 am

      kl cuma buat main2 sih oven listrik lebih dari cukup. cailah main-main hahaha…

       
  15. Elsa

    February 23, 2013 at 2:59 am

    wooooww ada alumni smada jago masak, jagi motret dan jago nulis
    komplit wess……

    salam kenal juga yaaa

     
    • Ika Rahma

      March 11, 2013 at 5:16 am

      salam kenal mbak Elsa, wah ada senior nih hihihi…

       
  16. Senja Abbasi

    March 5, 2013 at 10:56 am

    kalo cheddarnya diganti mozzarella bisa ga? Susah disini dapet cheddar.

     
    • Ika Rahma

      March 11, 2013 at 5:17 am

      bisa banget, tp gurihnya beda, mozarella cenderung tawar kan🙂

       
  17. lozz akbar

    March 17, 2013 at 2:39 am

    Kayaknya saya baru berkunjung deh kesini.. kesan pertama… LAPAR hahaha

     
  18. della

    March 18, 2013 at 9:04 am

    Selama ini selalu beli, enggak pernah bikin. Ya iyalah, oven aja enggak punya, hihihi..

     
    • Ika Rahma

      March 18, 2013 at 1:53 pm

      Bisa dikukus mbakkkkk…. Tapi aroma keju yang dipanggang itu jadi ilang sih🙂

       
  19. Shinta

    July 12, 2013 at 2:47 pm

    uda sering nyoba resep ini, dan emang yummie tummy…
    tp slalu bikin sedih ending nya
    soalnya mupeng ramekin nya, hiks…hiks…

    *mupeng sambil ngeces2

     

Leave a Reply

 
