RSS

Perkedel Agak Necis

16 Dec

Perkedel Mozarella by Dapur Hangus

Suatu siang saya kelaparan, pengen makan tapi bukan nasi. Vio yang udah makan siang pun berwajah melas minta cemilan sementara emaknya masih sibuk bergelut sama lakban. Sebelumnya sambil masak nasi, saya udah ngukus kentang tanpa tau bakal jadi apa kentang kukus itu. Donat kentangkah? Cake kentang? Atau kue lumpur?

Tetottttt… Salah semua! Dengan sedih harus saya akui kalau saya belum bsia bikin makanan yang aneh-aneh dari kentang. Belum bisa yes, artinya suatu saat pasti bisa, aminnnnnn *usap muka*. Paling-paling semua akan berakhir menjadi errrrr….kentang panggang hihihi… *gak kreatip blas*.

Sayangnya, niat bikin kentang panggang sedikit urung karena ada mozarella yang lumayan banyak. Mau dibikin keju goreng kok foya-foya banget, kayak mozarella bisa dipetik di pohon jambu depan rumah aja. Nyadar diri bakal ga frugal kalau bikin mozarella goreng, saya lalu memadukan kentang dan mozarella menjadi perkedel kentang. Sedikit necis ye perkedelnya. Rasanya? Ya perkedel aja kaliiiii, cuma ada sensasi keju mulur dari mozarella aja.

Bahan
2 buah kentang ukuran sedang, kupas, kukus lalu haluskan
Keju mozarella secukupnya, potong kotak 1×1 cm buat isian.
1 sdm butter. Kalau untuk kentang panggang, pizza dkk, saya pasti pake butter, bukan BOS dan sejenisnya *gaya beneeeeuuurrr*. Biar wangi dan lebih sehat. Yaaaa…walaupun agak gak menyehatkan buat kantong sih, tapi kan cuma 1 sdm ya, makanya ini butter ngendon di kulkas ga abis-abis.

Bumbu
1 sdt garlic powder yang kata orang Lembang namanya bubuk bawang bodas :p
1/2 sdt merica
1/2 sdt gula pasir

Bahan celupan
2 sdm tepung terigu
2 sdm tepung maizena
Sejimpit garam
Air matang secukupnya, masukinnya dikit-dikit aja biar ga keenceran

Perkedel mozarella

Perkedel kentang keju ala Dapur Hangus

Oya, saya pakai bahan celupan ini karena baru menyadari kalau saya nggak punya telur setelah kentang dihaluskan. Karena prolognya udah ga mau bikin kentang panggang, malu dong kalau mau balik kucing hahaha… Jadi yuk mari berpikir kreatif yes😀.

Cara membuatnya sangat mudah tentu saja, kalau nggak gampang, saya mending makanan di warung nasi Padang hihihi…
1. Campur kentang yang sudah dihaluskan dengan butter dan semua bumbu. Aduk rata.
2. Ambil satu sendok adonan, isi dengan potongan mozarella, lalu bulatkan. Jangan lupa agak padat biar nggak pecah pas digoreng.
3. Celupkan bola kentang ke dalam bahan celupan. Lakukan pada semua bola kentang
4. Goreng di minyak yang panas dan banyak. Apinya jangan terlalu besar karena takut bola-bola meletus. Di sini agak susah sih menurut saya, kalau adonan nggak padet, pasti mozarella meleber dan masuk ke minyak, lengket ke bola kentang lain lalu pas dipisahin satunya malah ikutan bolong. Serba salah kannnn…. Ada cara yang agak ribet sih, yaitu goreng bola-bolanya dua kali. Pertama dengan minyak yang banyak dan panas sekitar 3 menit, lalu angkat. Setelah agak dingin, goreng lagi dengan api sedang sampai agak kecoklatan. ini bukan jaminan 100 persen ga bakal meletus sih ya, tapi seenggaknya lumayanlah yaaa…

perkedel mozarella

Perkedel kenteng mozarella

Postingan ini sebenernya udah lama ngendon di draft, hari ini semangat lagi karena baca jurnal nature.com tentang penemuan potongan saringan tembikar yang setelah diteliti ternyata mengandung residu susu berlemak. Hal tersebut membuktikan bahwa keju telah dibuat sekitar 7500 tahun yang lalu. Wow! Jadi, ketika makan keju, mungkin kita makan hasil olahan susu yang sama dengan nenek moyang kita jaman dulu. Yaaaaa…walaupun kenyataannya penemuan tembikar bukti arkeologi itu di Eropa Utara (Polandia), bolehlah saya sedikit ngaku-ngaku itu nenek moyang saya, kan sama-sama cucu Adam :p *dilempar keju*.

Dulu saya nggak suka keju, ya tapi dulu sih itu waktu masih kurus. Sekarang udah agak ndut berkat lemak dari keju, tapi saya nggak suka susu. Ternyata memang keju itu cara bikinnya pake saringan buat misahin susu dari lemak ya, yang tersisa tinggal protein dan lemaknya. Itulah jawaban mengapa saya cepet sekali gendut😦.

 
12 Comments

Posted by on December 16, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

12 responses to “Perkedel Agak Necis

  1. sondangrp

    December 16, 2012 at 2:03 pm

    hahaha akhirnya kamuh muncul lagih. Weekend ini menu andalanku dari sini semua Ko. Nugget (lagi?) dan kentang panggang kesukaan Edi hahaha *puwas* dan gak nahannya…masak si kentang pake ramekin dari kau dong hihihi

     
    • Ika Rahma

      December 16, 2012 at 2:21 pm

      Sungguh aku kudu bilang wow Kak Sondangggg. Oya, si Vio pengen ketemu tuh :p

       
      • sondangrp

        December 16, 2012 at 3:00 pm

        aaaaahm Vio teman sejawat hahaha abis manggilnya Sondang seeeh…ah akuh sibuk minggu inih *sombong* banyak urusan mau pulang sih hihi. Pulang dari Medan sajah yuuuksss. ya ya ya, dan Vio suruh ibumu benerin bb-nya.

         
  2. Lidya

    December 17, 2012 at 8:52 am

    kentang melelh ya mbak mmmmm yummy

     
  3. Annisa Lestari

    December 18, 2012 at 7:28 am

    wuaaaah ika, ini memang enyaaak, enyaaak, hehe, aq pernah bikin ini versi panggang🙂
    tapi potomu lebih bagus dari aq, hahaha jadi malu😛

     
  4. titi esti

    December 18, 2012 at 8:06 pm

    Ini mah spesial gak pake telor. Tapi kok aku lupa ya, kmrn dirimu cerita beli keju panjang lebar itu ϑï RJ apa Setiabudi ? #salahfokus

     
  5. citra

    December 19, 2012 at 12:32 pm

    Ngiler liat potonya… (ˆڡˆ) kpn2 bikin ah, nunggu ke kota dulu beli keju nya..

     
  6. jasaboga

    December 25, 2012 at 1:41 pm

    ijin numpang backlink ya..

    klik info jasa boga – http://www.jasaboga.net

    _____

     
  7. Haya Najma

    January 4, 2013 at 2:31 pm

    tapi mozzarela tu rasa kejunya kurang nendang ya mbak, hihi

     
  8. Anonymous

    February 6, 2013 at 5:53 am

    fotonya baguuuuus…..belajar fotografi di mana?😉

     
  9. intan rawit

    February 7, 2013 at 1:36 pm

    iya mba foto bogehnya kerenn…pake kamera apa mb?

     
    • Ika Rahma

      March 11, 2013 at 5:15 am

      foto ini pake 1000D mbak

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: