RSS

Sok Mau Bikin Arancini

30 Nov

resep bola-bola nasi

Namanya sungguh keren, arancini. Ini bahasa Italiano sono yang artinya bola-bola nasi *asli ngawur dot kom*. Karena namanya keren, yang udah berhasil bikin pun so pasti keren *benerin kerah daster*. Beda lah ya bilangnya ke emak, coba kerenan mana bilang, “Buk, aku bisa bikin arancini loh,” dengan ini, “Buk, aku udah bisa bikin ote-ote loh.”

Ibu kita masing-masing pasti bilang, apa itu arancini? Pasti enak ya. Kalau denger ote-ote, jawabannya kira-kira, beli aja di tukang gorengan depan pasar Gringging hahaha… *yang ga tau Gringging, itu negara asal saya yaaa :p*

resep arancini

Pertama karena baca twit Detikfood tentang kroket nasi dari Sicilia *ketebak lah ya mak emak semua kalo saya lebih tertarik Sicilianya :p*, trus bikin dibawa pas gathering The Urban Mama awal tahun ini. Eh, masa Miss Eka aka mama Enzodante bilang bikinan saya enak. Ya tentu saja saya berbahagia tiada terkira lah ya, secara baru sekali juga bikin itu. Jadi pede gitu deh mau bikin lagi, jrenggggg pas bikin ke-2 kok ga enak ya? Hahaha…. Malu pisan, pasti karena kepedean.

Trus pas blogwalking alias jalan-jalan blog *kok aneh kalo di-bahasa Indonesia-in ya?* terdampar di postingan Metariza yang ini. Mirip juga ternyata sama resep di Detikfood. Lalu gugling tentang arancini lebih jauh, ternyata aslinya memang pake risotto. Nah, saya kagak tahu lah ya gimana cara bikin risotto. Apalagi konon risotto itu susah bikinnya kalau di Masterchef Indonesia, ada aja yang gagal bikin risotto. Ahhh, mereka saja gagal, apalagi saya. Jadi, lagi-lagi saya bikin pake nasi putih.

Ini resep dinamain apa ya enaknya? Arancini itu terlalu keren, kroket nasi ga keren, bola-bola nasi kok standar banget. Kalau Vio sih bilangnya nasi bola-bola hihihi… Trus ya kalo dipikir-pikir blog ini isinya bola-bola mulu, jadi batal aja deh ya bikin nama resep yang bola-bola lagi, ketauan ga kreatif. Jadi namanya nasi bola keju aja deh ya *tuh kan ada bola-nya lagi :P*

NASI BOLA KEJU
Bahan:
2 centong nasi dingin sisa kemarin, lebih bagus kalau masuk kulkas
50 gram ayam cincang. Kok dikit? Hmmm… karena pelit hahaha, udah pake keju banyak masa pake ayam cincang juga banyak, namanya pemborosan dongggg…
1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
1 siung bawang putih cincang halusssss
1 sdt gula
1/2 sdt garam (karena bakal pake buanyak sekali keju)
1/4 sdt merica
Parsley dan oregano secukupnya
40 gram keju cheddar, parut kasar. Boleh ditambah kalau suka keju.
1 blok kaldu ayam yang saya bikin waktu itu, sekotak itulah pokoknya masukin semua.
15 potongan dadu keju mozarella, bisa juga pake keju quickmelt, rasanya lebih enak pake quickmelt deh menurut saya. Cuma ya kalo pake mozarella ada sensasi keju yang mulur itu loh, wah itu sensainya beda banget. Oya, jumlah potongan sesuaikan dengan jumlah bola-bola nasi-nya, kalau makin gede ya makin dikit aja bola-bola nasi, artinya butuh keju mozarella/quickmelt lebih dikit juga. Kalau nggak punya, ini bisa di skip, ganti aja cheddarnya lebih banyak tetep enak. Tapi, katanya sih keju melt bikin adonan ga pecah waktu digoreng karena bersifat mengikat nasinya, eh saya bikin ga pake keju ga pecah juga kok *sombong* :p.

Bahan pelapis
2 butir putih telur kocok
Tepung roti secukupnya

resep bola-bola nasi arancini

Langkah pembuatan:
1. Tumis bawang bombay sampai harum atau warnanya berubah sedikit kecoklatan atau sampai layu, baru masukkan bawang putih dan jaga jangan sampai terlalu coklat, masukkan ayam cincang sampai matang. Nah, sebenernya saya nggak suka nih pake ayam cincang, karena para bawang justru akan nempel ke ayam dan bukan membumbui nasinya. Apalagi, ini ga pake ayam juga udah top markotop, jadi ayam bisa di skip saja sebenernya. Kalau suka bisa diganti udang atau daging sapi, tapi saya belum pernah.
2. Setelah ayam matang, masukkan nasi, tambah merica, gula, garam. Aduk sampai rata. Kecilkan api.
2. Masukkan kaldu ayam (bisa diganti air biasa atau susu), saya seringnya kaldu ini diganti air biasa aja, ga suka kalau pake susu, nasi dimakan pake susu kok rasanya gimanaaaa gitu ya. Aduk sampai kaldu terserap semua ke nasi.
3. Setelah kaldu terserap dan nasi menjadi lembab, masukkan oregano, keju parut, parsley. Campur rata lalu matikan api.
4. Tunggu agak dingin lalu bentuk bola-bola. Isi dalamnya dengan potongan dadu mozarella atau keju quick melt.
5. Selupkan ke dalam putih telur kocok dengan hati-hati, dadu gulingkan di tepung roti. Biasanya saya melakukan dua kali tahap pelapisan ini, jadinya luarnya bener-bener krispi. Bola-bola yang sudah dilapis bisa disimpan di freezer lalu digoreng ketika ingin menikmatinya, ya samalah kayak nugget gitu. Tapiiii…asli gurihnya keju jauhhhh banget berkurang setelah dibekukan. Rasanya jadi agak tawar. Jadi ya lebih baik sih untuk dua kali makan saja.

Kalau saya, ini jadi cemilan, kalau Vio ini semacam makan berat. Jadi, ketahuan kan ya sebab jarum timbangan terlalu condong ke kanan?

 
20 Comments

Posted by on November 30, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , ,

20 responses to “Sok Mau Bikin Arancini

  1. biannur

    November 30, 2012 at 12:52 am

    asiiiik, ga bingung lagi dengan banyaknya sisa nasi yang ngangur di kulkas🙂

     
  2. aaccciiii

    November 30, 2012 at 1:01 am

    Maakk.. Mangkok2mu unyu-unyuuu dehhhh.,

     
    • Ika Rahma

      November 30, 2012 at 3:15 am

      ahahaha… mainlah ke Bandung, aku tunjukin koleksiku hehehe…

       
  3. Lidya

    November 30, 2012 at 3:40 am

    memanfaatkan nasi ya mbak jadi leboh enak dibuat ini

     
  4. Nisa

    November 30, 2012 at 6:43 am

    wahhhhhh mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

     
  5. Ridha

    November 30, 2012 at 6:49 am

    Aaaah.. lebay aja tuh yang di master chef mba Ika. Nasi ma risotto sama aja kok. Klo udah master masak nasi, masak risotto mah gampaaang…😀

     
  6. Woro

    November 30, 2012 at 7:20 am

    nyum…nyum…

     
  7. sondangrp

    November 30, 2012 at 2:04 pm

    Kok aku gak nyoba pas si Eka nyoba? hah?aku di mana? hah?
    ini buat bekel anak pas banget yah, maksudku gak rempong lauk sayur de es be

     
  8. titi esti

    December 4, 2012 at 3:04 am

    Eh, kayaknya daripada beli ramekin baru aku beli aja property bekas potret. kan jadi seken. wkwkwkwk…. *pelitdotcom, *OOT pulak * tapi asyik juga resepnya…. aku cobain dan aku pamerin ntar ya..

     
  9. Pakde Cholik

    December 10, 2012 at 3:12 am

    wah kayaknya pas untuk sangu piknik ya jeng
    Pinjam resepnya ya say
    Salam hangat dari Surabaya

     
  10. bebe'

    December 10, 2012 at 9:03 pm

    Pingin nyoba mba.. *liat isi kulkas, kali2 aja ada semua*

     
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 1:26 am

      walah ini ada masterchef dr Yurop bertamu di sini *beres2 rumah*

       
  11. Lidya

    December 11, 2012 at 7:42 am

    mbak belum ada resep baru lagi nih? lagi sibuk ya

     
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 9:03 am

      sedang diketik mbak hehehe… lg kehilangan semangat moto huhuhu…kayaknya gitu2 aja stylenya, bosyennn😦

       
  12. wiwitwulandari

    December 12, 2012 at 4:50 am

    wahhh mbak, kpn itu sy kehabisan ide masak,, sy bikin ayam gulung nasi,, hampir mirip gini sih, cm pake fillet ayam yg diisi nasi + keju +sayuran kukus. wenyak ya mbaakk,, nih resepnya mb ika bakal sy coba buat baby yg lg musuhan sm nasiii .. semangaattt…

     
    • Ika Rahma

      December 12, 2012 at 5:15 am

      yups, semnguuuudddhhh…

       
  13. poohie

    January 18, 2013 at 6:04 am

    Mantab mba…minta resepnya ya mba..:)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: