RSS

Biarkan Kompor Bekerja

18 Nov
Biarkan Kompor Bekerja

Biarkan kompor bekerja dan kita menuai hasilnya. Salah satu cara untuk membuat makanan lebih enak adalah kaldu ayam, saya biasa membuat untuk stok setidaknya seminggu. Kalau sering masak ya bakal cepet abis, kalau seringnya beli di luar ya kaldunya awet di freezer.

Ada berbagai versi bikin kaldu, kalau Mitha, bikin kaldunya kayak gini. Doi dulu sekolah perhotelan dan diajarin bikin kaldu, jadi hasilnya pake TOP be ge te. Saya nggak suka karena kadang rempong metikin daun seledrinya *pemalas ya ampunnn*.

membuat kaldu ayam

Ada juga kaldu yang dibuat dari daging ayam yang direbus, tapi saya sayang karena kalau direbus lama daging ayam kayaknya makin alot gitu. Kalau direbus cuma bentar kaldunya kurang mantep. Bagai makan buah simalakama deh *ceileeee masa bikin kaldu aja segitunya sih, Makkk…*

Kalau mau rasa kaldunya kaya rempah, pakae jahe juga bisa. Menurut say kaldu yang pake jahe lebih cocok buat soto atau rawon karena rasanya lebih tradisional, nah kalau cara saya ini lebih cocok buat sop dan masakan-masakan sejenis pasta gitu. Yuk di ceki-ceki aja caranya.

Bahan
Tulang sisa fillet daging dada ayam, kira-kira 2 dada ayam ya. (pake ceker ayam lebih enak loh)
Sepanci air
1 buah bawang bombay ukuran sedang, begi 4
1 buah wortel agak besar, kupas, potong ukuran besar
1 buah kentang ukuran sedang, bagi 4
2 bawang putih, geprek
1 sdm garam
1 sdt merica
1 sdm gula
3 batang seledri segar

Cara membuat;
Rebus air sampai mendidih, masukkan semua bahan lalu kecilkan api. Sekecil-kecilnya yaaaa. Nanti ada kotoran coklat-coklat gitu, pas awal ngerebus, itu diambil pakai saringan biar ga amis. Katanya itu sisa lemak ya, ga tau deh pastinya hehehe… Saya kalau lagi rajin aja suka buang coklat-coklatnya itu, kalau males ya bablas deh ditinggal masak yang lain😀.

Selama setidaknya satu jam ke depan, silahkan krimbat, nonton drama Korea, baca buku, luluran, atau bobo cantik sambil nunggu kaldu jadi. Kalau mau lebih kental, rebusnya lebih lama lagi. Saya biasa rebus dengan api kecil selama 1,5 jam. Oya, katanya sih jangan ditutup rapat biar kaldunya ga keruh, dannnn… ga usah juga diaduk. Jadi cukup nyalain kompor, cemplung-cemplung lalu tunggu matang.

Setelah dingin, masukkan kaldu di dalam kontainer plastik kecil-kecil, biar pas satu porsi. Sambil masukin sambil disaring ya, biar bersih hasil kaldunya. Ada yang saya simpan di wadah agak besar untuk kuah sop atau soto. Kalau yang kecil-kecil itu buat campuran di mie goreng atau mie rebus, bola-bola nasi, atau bola-bola makaroni.

Awal banget bikin kaldu ini kira-kira setahun lalu, diajarin sama Lei tentu saja *dan lagi-lagi, siapa lagi bok yang mau ditanyain dari A sampai Z sama orang yang ga bisa masak hihihi*. Pertama praktik, puas banget sama hasilnya. Kalau bikin mie rebus nggak pake ini rasanya ada yang kurang gitu, jiahahaha… Setidaknya saya sebulan sekali bikin ini, karena memang beli ayamnya juga jarang-jarang.

Oh ya, yang terpenting, kalau ada sisa daging yang nempel di tulang, itu sebenernya sari-sarinya udah ilang juga ya, tapi saya masih suka pake buat campuran nasgor, mie, bikin isian risol, atau campuran omelet. Yang penting berasa ada dagingnya aja. kadang juga masih dimakan sama Vio, dia lumayanlah pemakan segala hihihi… Selamat mencoba membuat kaldu sendiri di rumah, ingatlah, biarkan kompor bekerja, kita makan enak hihihi…

cara membuat kaldu ayam

 
22 Comments

Posted by on November 18, 2012 in Resep

 

Tags: , ,

22 responses to “Biarkan Kompor Bekerja

  1. titi esti

    November 18, 2012 at 10:23 am

    Yeay ! Ternyata άϑά masakan yg bisa dikerjain kompor tanpa disupervisi. Tengkyuh Maak ..

     
    • Ika Rahma

      November 18, 2012 at 1:01 pm

      Jangan sampe lupa aja makkkk…

       
  2. lei

    November 19, 2012 at 1:38 am

    Pantesan idungku gatel, tnyt dimensyen hahaha *apa hubungannya?* cara terbaru dgn level kemalasan lbh tinggi adalah cemplung smua di slow cooker dan tinggal tidur😀

    Kata mastercep, kaldu paling enak yg dbikin dr sayap ayam. Ada daging, tulang dan lemak kulit dlm komposisi yg pas. Cocok bgt kl abis beli sayap, bagian ujung kecil aja yg dpake sm 1-2 sayap utuh *pelit* hahaha..

     
    • Ika Rahma

      November 19, 2012 at 12:27 pm

      kalau kata bang RHoma itu bukan pelit, Lei, tapi penghematan😀

       
  3. shintata

    November 19, 2012 at 8:37 am

    klo simpen di frezer kira2 awet berapa lama yaa mba?🙂

     
    • Ika Rahma

      November 19, 2012 at 12:10 pm

      aku sih plg lama 2minggu pasti udah abis, harusnya nyampe sebulan msh aman ya😀

       
  4. Aulia Rahman

    November 19, 2012 at 11:59 pm

    Kaldu yang berbau JAHE, kenapa saya tiba-tiba ingat sama Emphal Genthong gitu deh. Apa memang pake Jahe atau gak ya🙂 Tipsnya ntar saya suruh Istri saya baca dan mencobanya.

    Salam Persohiblogan.

     
    • Ika Rahma

      November 22, 2012 at 11:11 am

      Salam persohiblogan🙂, baru sekali-kalinya makan empal gentong dan nggak sukaaaaa…. memang empal gentong full spices ya kyknya, termasuk jahe pun masuk

       
  5. Lidya

    November 20, 2012 at 2:01 am

    ternyata mudah juga ya mbak buatnya

     
    • Ika Rahma

      November 22, 2012 at 11:12 am

      gampang ternyata hehehe…

       
  6. Nisa Urrizki

    November 22, 2012 at 2:07 am

    Kalo aku judulnya ”Biarkan Slowcooker yg Bekerja, Kita Mimpi Indah”. Hahaha…

     
    • Ika Rahma

      November 22, 2012 at 11:11 am

      tapi aku tak punya slowcooker huhuhu…

       
  7. lulu

    November 23, 2012 at 2:06 am

    Ika, airnya seberapa toh?

     
  8. Nisa Urrizki

    November 23, 2012 at 9:35 am

    Ikutan kuis yg hadiahnya slowcooker mbak. Haha…

     
  9. fitri

    January 2, 2013 at 5:48 am

    tahan berapa lama ya mbak? perlu dimasukkan kulkas?

     
    • Ika Rahma

      March 12, 2013 at 1:33 am

      tahan sebulanan, di freezer harusnya yah🙂

       
  10. umielaine

    February 6, 2013 at 7:31 am

    wah2 sip nih, mbak mau tanya : itu kaldu yang udah dibikin disimpen di kulkas bawah atau di freezer? makenya gimana? langsung dicemplungin gitu aja ya?makasih
    salam kenal

     
  11. intan rawit

    February 7, 2013 at 12:32 pm

    thanks untuk resep kaldunya mba, selama ini selalu bikin kaldu dan gatot mulu…kirain cuma rebus ayam kampung ajah ternyata ada rempah dan kawan-kawan yang ikut dimasukkan yah. Sip lah pakai ceker ayam yang paling enak yah

     
  12. Maisyarah

    June 12, 2013 at 11:32 pm

    pake panci ukuran brp teh ika?airnya bpr liter kira2?

     
    • Ika Rahma

      June 15, 2013 at 9:07 am

      pake panci BIMA yag 30cm kyknya ya itu ukruannya, kecil da, airnya sekitar 5 cm di bawah bibir panci, hampir penuh.

       
  13. cantikpintarbisnis

    November 17, 2014 at 4:09 pm

    Mau nanya donk mbak.. klo bikin kaldu gtu dtaro d freezer or dbwh aja nyimpennya? Soalnya kan klo bikin skaligus bnyk gtu ga mgkn dpke smua dlm wkt dkt ya.. klo d kulkas bwh bkn d freezer rusak gak? Or mmg hrs dfreezer? Mksh

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: