RSS

Kukis tanpa Ribet

12 Nov
Kukis tanpa Ribet

Cobaan terberat bikin kukis adalah nyetak dan ngebentuknya. Kalau stok sabar cuma seinchi, dijamin belum habis adonan udah minta pijit *itu saya doang kali*. Mirisnya, kecepatan makan kukis itu hanya seperseratus dari kesabaran yang dibutuhkan untuk ngebentuknya. Kalau kata Bang Haji, sungguh terlalu.

Suatu hari calon besan saya, Asrida, pasang display picture BBM chocolate shortbread. Dari namanya aja keren, makanya saya pengen makan *bukan pengen bikin yaaa…*. Dari wawancara singkat disambi tawar menawar Xtrail, akhirnya saya tahu ini adalah kukis yang tak perlu dicetak, dibentuk, atau apapun itu. Ini cukup dipotong saya. Resep asli Asrida dari Joyofbaking, tapi saya kan ga ngerti bahasa Inggris apalagi kalau menyangkut resep, makanya saya nyontek aja dari blognya Asrida.

Saya bikin 1/3 resep aja karena yang makan cuma saya sama Vio, bapake Vio lagi ga di rumah. Saya bikin edisi mixfruit dalam rangka ngabisin kismis, dried blueberry, dried cranberries, sama cherry merah ijo yang udah puluhan tahun ngendon di kulkas sejak saya bikin Kue Kenari Mix Fruit. Lah, malah baru inget ini mirip-mirip juga sama si kue kenari saya waktu itu, bedanya yang ini ga pake telur kecuali buat olesan. Hadeeehhh… baru juga 19 udah lupa pernah bikin yang mirip-mirip, mana ginko bilobaaaa huaaaa…. *19 plus plus plus :p*.

Trus baru kepikiran juga waktu baca postingnya Asrida kalau ini sejenis kue kering dari Scotlandia sono yang mengandalkan wangi butter. Disarankan pake butter yang kualitas yahud, tapi apa daya tangan tak sampai. Kue kering macam inilah yang saya makan waktu ngumpul di rumah Ranni (Poyaya) istrinya Pak Ari Irawan. Enakkkk banget dan di toplesnya ada tulisan “Dibuat dari roombutter asli”. Manggut-manggut aja sih secara nggak ngerti juga apa itu roombutter. Tentunya manggut-manggut sambil nyomot terus daannnn bekel hihihi… *ga tau malu*

mixfruit shortbread

Bahan
110 gram terigu protein sedang
80 gram margarin (Saya pakai Blueband cake and cookies, tapi sepertinya mantep BOS Filma)
40 gram gula tepung, saya pake gula pasir karena gula tepung yang masih tersegel ada belatungnya. Huaaaa…. sebel! Inget banget pas beli gula tepung itu maju mundur karena setengah kilo kok mahal banget, tapi suami saya yang baik berkenan membelikannya biarpun membebani belanja bulanan. GGgrrrhhhh ga akan beli merk itu lagi…
Sejimpit garam
1/2 sdt kayu manis bubuk
Bluberi kering, cranberi kering, kismis secukupnya
Kacang mete dan almod secukupnya (cuma buat hiasan)
Cherry merah dan ijo (buat hiasa di atasnya juga)

Olesan (egg wash bahasa kerennya mah)
1 buah kuning telur (harusnya 1 buah telur kocok rata, tapi saya mau bikin bola-bola nasi yang butuh putih telur, jadi dihematlah telurnya hehehe…)

Cara membuat:
1. Kocok margarin sampai lembut, masukkan gula. Kocok sampai lembut dan rata. Saya pake garpu aja ngocoknya.
2. Masukkan garam, aduk rata. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sampai habis. Versi saya ini sedikit berbeda dengan resep Asrida karena saya menghemat bowl yang harus dicuci. Jadi setelah margarin, gula, dan garam, saya pasang lagi bowl di atas timbangan digital dan baru nimbang terigu. yayyy… dari awal sampai akhir cuma butuh satu bowl saja hihihi…
3. Setelah tercampur, bagi jadi 2. Satu bagian menjadi adonan dasar, tata di loyang. Saya pakai piring putih itu langsung buat manggang, kebetulan memang tahan panas. Atur semua buah-buahan kering (bluberi, kismis, cranberi) di atas adonan dasar. Atur lagi setengah adonan menutupi buah-buahan kering, tekan-tekan adonan dengan garpu dan ratakan. Beri beberapa guratan tanda potongan nantinya, baru susun cherry merah hijau, almond, dan kacang mete. Tujuannya agar semua potongan mendapat cherry merata.
4. Panaskan oven suhu 200 derajat selama 10 menit, masukkan loyang ke oven. Setelah 15 menit oles kuning telur yang sudah dikocok. Kecilkan suhu jadi 170. Panggang selama 20-30 menit tergantung tebalnya adonan. Saya memanggang sekitar 25 menit. Hasilnya ga cantik, agak kegosongan *kebiasaan* dan ngoles kuning telurnya ga rata.

kukis potong

Sepertiga resep ini aslinya dikit ya, jangan berharap dapet setoples. Pokoknya di piring itu saya teken-teken sampai penuh, ya segitu-gitunya, ga ada yang disembunyiin apalagi dikorupsi. Semua difoto pokoknya, sambil nunggu foto, Vio heboh nyomotin cherry-nya huhuhuhu…

Asyik kan, tetep bisa makan kue kering yang nggak pake nyetak-nyetak segala. Buat yang alergi telur, ini oke loh secara ga pake telur, olesan telurnya bisa di skip lah ya. Yang masih pe er banget motongnya, entah gimana nggak bisa rapi begitu. Yah ga masalah lah ya yang penting enak-enak-enak. Baiklah, ini akan masuk camilan favorit selain muffin.

 
13 Comments

Posted by on November 12, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

13 responses to “Kukis tanpa Ribet

  1. Lidya

    November 13, 2012 at 5:39 am

    gak ribet tapi enak ya mbak

     
  2. Melly Feyadin

    November 14, 2012 at 2:49 am

    Pengen bikiiin, eh maksudnya pengen makan.
    aduh baru kali ini ke blog mba Ika semenjak pertemuan kita di FX senayan kemarin..hihi
    dan sadar banget klo blog ini memang pantas menang.

    mbaa ika…bisa dikirim ga itu shortbread-nya kerumahku ?😀

     
  3. Anonymous

    November 14, 2012 at 7:57 am

    Ini gaa pake mixer yaa mbaa??
    waaahh asik dong gaaa banyak perabotan yg hrs dicuci niiihh😀
    Baiklah mariii kitaa cobaa
    Thanks mbaa salaam kenal yaaa🙂

     
  4. lail

    November 14, 2012 at 8:55 am

    poto dong kemasan dried blueberry, dried cranberries itu kek gimana siiy *norak
    nitiip boleh taak/ (lagilaginitip),
    pingin bikin kebetulan msh pnya BOS n punya buanyak mete kiriman dari kendari,,, *pameer😀
    betewe udah q transfeer, muup lama, banyak hal tak terduga euy pasca “kejadian” itu…

     
    • Ika Rahma

      November 17, 2012 at 4:37 pm

      Laillll, bales emailku dwuongggs😀

       
  5. lei

    November 14, 2012 at 6:21 pm

    BOS Filma kynya emng lbh oke ya Ko dada BB cookies itu? Aku ga gt suka kue2 yg bikinnya pk BB, baunya gimanaa gt rada aneh dan kurang gurih. Sayang ya si BOS ga beredar di SPM😦

     
  6. Ely Meyer

    November 18, 2012 at 6:37 am

    WOW .. foto makanannya mbak, kayak di majalah majalah kuliner tuh , bagus sekali🙂

    aku belum bisa mbak motret kayak di atas, nggak telaten dan suka bingung kl lihat benda diam begitu, hrs byk belajar nih sama mbak soalnya aku lbh suka motret barang bergerak kayak ratusan burung di udara😛

    btw, fotonya jg bikin ngiler nih mbak😀

     
  7. titi esti

    November 18, 2012 at 1:37 pm

    Detektif, setelah membaca resep ini άϑά beberapa kejanggalan yang saya temukan :
    1. Kenapa itu garpu masih muncul, padahal üϑαĥ bikin status kitchen aid aka mixer philip
    2. Judulnya chocolate, tapi kok ƍαќ nyebut coklat yaa
    3. Poin satu ngledek poin dua seriuss :p

     
  8. Yenci

    December 11, 2012 at 3:47 pm

    Duhh…bikin ngiler kuenya..duuhh simple banget tp kok males ngeluario oven..:(

     
  9. vina

    June 26, 2013 at 8:52 am

    Kalo aq motongnya gini mbak, dipanggang bentar, 10- 15 menit kemudian, dipotong2, trus dipindahin ke loyang lain. Jadinya sedikit lebih rapi bentuknya.. heheheh

     
  10. sheila

    October 6, 2013 at 10:37 pm

    mbak, itu gula tepung merknya apa? jadi horor deh kalo mau beli gula tepung (-__-“)

     
    • Ika Rahma

      October 15, 2013 at 1:19 pm

      yang gambar ayam itu loh, lupita aku merknya.

       

Leave a Reply

 
