RSS

Tak Jadi Bakso, Sosis pun tak Apa

11 Nov
Tak Jadi Bakso, Sosis pun tak Apa

Maksud hati pengen bikin baso cumi, apa daya penampakannya tak sampai hati ditampilkan, bergerinjil huhuhuhu… Ini pertama kalinya bikin baso cumi. Pas ke pasar, cumi lagi murah, sepuluh ribu dapet lima yang ukuran agak gede. Wink langsung deh pengen bikin yang lain selain cumi goreng krispi.

Minggu lalu kan saya pede abis karena berhasil bikin bakso. Udah pamer pula ke mertua pas bikin soto. Alhamdulillah saya ga takabur, cuma maunya pamer gitu deh hahaha…

Karena keberhasilan itu, saya yakin bakso cumi adalah pilihan yang tepat. Sayangnya, saya salah. Keberhasilan bakso beberapa hari lalu pasti hanya kebetulan belaka, kali ini saya tak beruntung, maka tengoklah bakso cumi bikinan saya, ayam juga bakal buang muka. Apalagi kalau ayam KFC, dia buang muka, saya sikat habis deh :p.

bakso cumi

Bentuknya ga mulus kayak Asmirandah😦

Untung waktu SD saya ikut Pramuka dan udah jadi penggalang Ramu *penting*, jadi saya cukup sigap menghentikan ngerebus bakso yang naga-naganya gagal itu. Lumayanlah jadi 5 buah bakso, saya cobain kurang asin, akhirnya saya tambah garam dan gula biar makin sip lagi. Tring, lalu saya kepikiran bikin sosis aja. Kebetulan ada selongsong sosis yang belum abis-abis juga, kali ini saya pakai selongsong yang kolagen, jadi bisa langsung dimakan. Prosesnya agak ribet, tapi pas udah jadi, saya langsung pengen jualan sosis *eaaa…*.

Resep bakso cumi yang kemudian menjelma jadi sosis adalah sebagai berikut

Bahan
5 cumi ukuran sedang, saya nggak tahu ini namanya cumi aja karena kami tak sempat berkenalan. Bersihkan, kelupas kulit (atau membran atau apalah pokokna mah eta we) yang warnanya keunguan. Pisahkan kepalanya, lalu cincang halus. Agak susah sih nyincangnya, padahal saya udah pake pisau andalan dan kesayangan dari Swiss itu loh. Tandanya harus beli pisau baru *kode :p*. Setelah dicincang, blender sampai halus. Ya, kalau punya grinder atau food processor, nasib Anda sedikit lebih baik dari saya.
1 sdt garam
3 sdm tepung tapioka
5 sdt air es, sekarang disengajain dulu bikin air es, sebelumnya kan ga pake. Pengen sensasi kenyalnya itu loh, dan ternyata air es ini ngaruh juga ke kekenyalan adonan.
merica secukupnya
1 sdt bawang putih goreng, ulek halus
1 sdt gula

Alat yang dibutuhkan
Benang kasur untuk ngiket. Berdasarkan pengalaman saya, benang kasur ini te o pe be ge te, ga lepas ketika sosis direbus. Pakai benang biasa pun bisa, tapi lebih susah ngiketnya dan gampang lepas.
Casing sosis kolagen secukupnya
Plastik segitiga

How to
1. Campur cumi dengan semua bahan, aduk rata. Masukkan ke plastik segitiga, lalu ikat biar pas ditekan nanti ga tumpah. Potong ujung plastik segitiga.
2. Siapkan casing sosis kolagen, ini bisa langsung dimakan ga perlu dikupas, ada juga casing sosis yang plastik. Kalau saya, ikat dulu sepanjang yang diinginkan. Misal pengen sosis panjangnya 5 cm, ikat dulu casing sepanjang 6 cm, baru masukin adonan lalu ikat sisi satunya lagi. Setelah diikat kedua sisinya, baru casing sosis dipotong. Kalau casing dipotong duluan, susah megangnya sih cyiiinnn. Ikatnya yang rapet yaaaa, bolak-balik aja, murah ini benang kasurnya *statement anak yang minta benang kasur dagangan emaknya hehehe… alias haratis*.
3. Setelah semua adonan masuk selongsong, nyalakan oven suhu 80 derajat. Setelah 10 menit dipanaskan, masukkan sosis ke oven. Seharusnya sosisnya digantung sih ya, tapi berhubung ribet, saya pakai loyang bawaan cosmoven yang tebal dan taruh di rak paling atas. Oven selama 20-30 menit sambil terus digelundungin (bahasanya dong wekekek…) bolak balik biar ga gosong sebagian aja. Pemanasan di oven ini tujuannya biar casing kolagen kering. Kalau pakai casing plastik, bisa di skip ya langkah yang ini.

resep sosis cumi

Walaupun penampakannya ga oke, rasanya lumayanlah, dagingnya pun lembuuuttt…


4. Keluarkan sosis dari oven, lalu rebuas di air yang hampir mendidih. Jaga agar suhu air tak lebih dari 80 derajat. Pokoknya jangan terlalu panas deh, jangan sampai mendidih airnya, apinya pun kecil aja. Kalau terlalu panas, casing bisa pecah. Untuk casing kolagen, karena udah melalui tahap dioven, adonan udah keras jadi ga bakal keluar adonannya. Nah, kalau pake casing plastik, ngerebusnya harus lebih hati-hati, kalau pecah, adonannya buyar semua deh. Salah satu cara untuk menjaga agar suhu air rebusan tetep rendah adalah pancinya jangan ditutup rapat, kalau perlu ga usah pake tutup sekalian. Kalau saya sih, sesekali sosisnya diangkat dari air jadi nggak ada yang pecah *padahal yang pecah udah masuk perut sebelum difoto sssttt…*
5. Rebus selama maksimal setengah jam, lalu angkat dan tiriskan. Sosis siap dinikmati. Bisa dimakan langsung gitu aja atau ditumis, bisa juga dipanggang atau digoreng. Casing kolagen bisa langsung dimakan, kalau yang plastik harus dikupas dulu. Bisa disimpang di freezer, tahan sebulanan asal nggak keluar masuk freezer dan tegangan listriknya ga naik turun jadi suhu kulkas dan freezer stabil.

sosis cumi

Bagian paling butuh kesabaran adalah masukin adonan ke casingnya, tapi setelah jadi, rasanya puas banget. Walaupun belum bisa dibandingin sama sosis Rumah Sosis, ini lebih dari cukup. Apalagi kalau mengingat harga sosis yang non msg relatif lebih mahal dibanding sosis pabrikan.

Kalau So nice? Karena juara makan So Nice, saya juga makan So nice hahaha…*saya kan juara makan krupuk ceileeee…* Makanya waktu di twitter ramai hashtag #sayasukatapioranglaingasuka, yang masuk list pertama saya adalah So Nice wekekek…Heran ya, padahal iklannya kampring abis, tapi nempel loh di pikiran anak kecil. Gampang diinget karena kampringnya kayaknya ya. Bahkan setelah muncul pesaing pun, So Nice tetep juara *hasil wawancara ama tetangga yang punya warung*.

NOTE:
setelah dibuka, casing colagen harus disimpan dalam lemari es di wadah yang kedap udara, letakkan di rak paling bawah, di atas laci sayur biasanya ya. Kalau meu beli casing sosis, silahkan diintip di sini.

 
26 Comments

Posted by on November 11, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

26 responses to “Tak Jadi Bakso, Sosis pun tak Apa

  1. lei

    November 11, 2012 at 10:45 pm

    Ikooo.. Hebat ya anak pramuka kreatif bgt deh hihihi, cakep sosisnya! Kl ngolah cumi, amis ga Ko? Aku ga kebayang, ngurusin cumi gentar bgt rasanya x_x

     
    • Ika Rahma

      November 11, 2012 at 10:50 pm

      Beda amisnya sama ikan sih, amisan ikan laut. Ini aku ga pake jeruk nipis/lemon sama sekali. Si Vio tetep sukanya harus digoreng/panggang dulu. Ayo Lei, maksimalkan Philipsmuuuu…

       
  2. Lidya

    November 12, 2012 at 2:11 am

    ternyata bukan cuma hp yang punya casing ya🙂

     
    • Ika Rahma

      November 12, 2012 at 5:02 am

      iyaaaa… cobain mbak, enakkk…

       
  3. embunpagi2023

    November 12, 2012 at 6:31 am

    kalo beli casing sosis dimana ya Mbak, jadi pengen coba

     
    • Ika Rahma

      November 12, 2012 at 12:25 pm

      ada linknya mbak di akhir2 postingan, tinggal di klik🙂

       
  4. RY

    November 12, 2012 at 12:13 pm

    Ihhhh lutuna,,kirimin satu ke riung bandung donk Teh
    hehehhe

    *ngarep

     
    • Ika Rahma

      November 12, 2012 at 12:24 pm

      Riung Bandung itu negara mana ya? hihihi…

       
      • RY

        November 12, 2012 at 12:33 pm

        Itu lho Teh, yg negaranya adem tentrem loh jinawi….hahahahha

         
  5. Junita Siregar

    November 22, 2012 at 10:47 am

    aduh eta baso meuni kasian gituh…heheheh emang paling susah nyetak si baso buleud teh yah

     
    • Ika Rahma

      November 22, 2012 at 11:08 am

      susah bangetttt….

       
  6. Annisa Lestari

    November 26, 2012 at 3:32 am

    ikaa, keren deh🙂 bentuk baksomu masih lebih bagus daripada bikinanku, haha (ketawa malu). btw, itu sosisnya diiket pake benang kasur kah? penasaran pengen cepet bikin, kalau dirimu pake casing kode/ukuran apa? *mohon arahannya kumendan, hmmm.. postingan ini sangat informatif dan recomended dah🙂

     
    • Ika Rahma

      December 16, 2012 at 10:53 am

      duh kodenya apa ya? aku lupa Nis. Pokoknya yg kolagen tapi diameter gede biar gampang masukin adonan.

       
  7. dian

    December 16, 2012 at 10:48 am

    mbak, resep bakso eh sosisnya tuh bener ga pake telur yak? Ga ancur bleber2?

     
    • Ika Rahma

      December 16, 2012 at 11:00 am

      enggak hehehe… sebenernya lupa sih kayaknya ga pake telur, harusnya mah pake ya, tapi emang ga ncur kok mbak. Tepungnya agak banyak aja🙂

       
  8. nila

    January 21, 2013 at 10:09 pm

    beli casingnya dimana ya? di casingsosis.com kosong stocknya..lagi penasaran banget bikin sosis nih..mohon pencerahannya ya

     
    • Ika Rahma

      July 20, 2013 at 7:21 am

      aku beli di casingsosis.com mbak, belum tau tempat lain yg jual🙂

       
  9. intan

    February 4, 2013 at 1:56 pm

    mba ika…
    makasi unt sharing resepnya ^^
    seger banget baca postingannya mb, selain nambah ilmu juga ketawa-ketiwi sendiri, hihi

    like bgtt dah pokoke ^^

     
    • Ika Rahma

      July 20, 2013 at 7:20 am

      makasih sudah berkunjung ^^

       
  10. noenik

    February 8, 2013 at 10:01 am

    Wah.. bisa dicoba neh… kebetulan lagi cari resep berbahan dasar cumi buat my toddler neh. nisa blom kenalan ama cumi… ijin copas ya, mbak… tq

     
  11. dewimarthaindria

    July 20, 2013 at 8:21 am

    mbak Ika.. beli casing kolagennya dimana kah?

     
    • Ika Rahma

      July 20, 2013 at 8:33 am

      itu di postingan paling bawah ada tulisannya mbak Ita🙂

       
  12. Chairani Dian

    March 13, 2014 at 12:07 pm

    kl beli benang kasur dimana teh??

     
    • Ika Rahma

      March 15, 2014 at 7:45 pm

      di toko bangunan biasanya mbak, tapi di pasar bagian uba rampe jg pernah liat🙂. Aku sih ambil dari dagangan ibuku nwihihihi…

       
  13. Anang Yudianto

    May 5, 2015 at 9:42 am

    mbak ika orang mana??

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: