RSS

Soto Cap Pamer Mertua

09 Nov

Haloooohhh semua, maaf ya seminggu ga apdet sama sekali, maklum saya nggak masak sih. Kebetulan lagi sibuk latihan nari Chaiya-chaiya buat menyambut Kang Mas Shahrukh Khan awal Desember nanti. Serrrr, siap digoyang hehehe… Sayangnya saya belum dapet tiketnya, karena memang saya nggak beli hahaha…

Saya nggak nyangka, paduan antara pengen pamer ke mertua dan keinginan sepenuh hati untuk eksis di grup Pawon Ibu membuat saya bikin soto. Soto ini masakan yang mungkin hanya akan muncul setahun sekali di rumah saya. Tapi ini adalah tahun istimewa. Keistimewaannya adalah saya masak soto dua kali dalam setahun. Sebuah kemajuan pesat mengingat tahun kemaren saya masih nyetok bumbu Bamboe. Yak, mari ucapkan subhanalllah! Hihihi…

Sebenernya saya nggak sempet masak selama mertua di sini, tapi karena pengen eksis tadi (disertai keinginan pamer mertua tentunya) ya saya sempet-sempetin deh di sela-sela kesibukan packing ramekin dan sendok serta latihan Chaiya-chaiya tadi. Padahal jujur, mandi aja 2 hari sekali. Nganter paket ke agen juga ga pake mandi, beliin foodpicks juga ga pake mandi. Jadi, itulah rahasia larisnya dagangan hahaha… Catet yaaaa :p.

resep soto nusantara

Soto ini resep dasarnya dari Soto Sokaraja di Tabloid Saji edisi 250 tahun IX (26 September-9 Oktober 2012). Saya nyontek garis besarnya aja sih karena kebetulan lagi nggak punya lengkuas juga jadi saya ganti dengan lengkuas bubuk. Tapi ya penampakan soto saya tak semenarik soto di Tabloid Saji. Resep aslinya silahkan di ceki-ceki sendiri, ini saya nyontek dikit, tapi jatuhnya ga mirip blas hehehe…

Maksa, pokoknya maksa banget deh bikin ini, soalnya saya ga punya stok ayam, tukang sayur pun kelarisan. Cuma ada sepotong dada ayam di freezer yang kebetulan ga bisa di fillet jadilah nganggur. Pas buka chiller, ada tiga kotak kaldu ayam yang biasanya saya pakai buat bikin sop atau tambahan mie rebus> Bermodal nekat, ya sudahlah mari kita buat.

Soto Sokaraja (modified dengan suka-suka sesuai bahan yang tersedia by Dapur Hangus)soto dapur hangus
Bahan:
1 potong ayam
3 kotak kaldu ayam siap pakai (kapan-kapan saya share cara bikinnya ya, gampang kok. Kompor yang kerja keras, saya nonton drama Korea :p. Lebih gampang lagi kalau pake slow cooker, tapi saya nggak punya sih).
2 gelas air
1 lembar daun salam
2 batang serai, ambil bagian putihnya, geprek.
Bubuk lengkuas secukupnya, saya pake dikit aja biar ada wangi-wanginya.
1,5 sdm garam
1/2 sdt merica
1/2 sdm gula pasir

Bumbu halus (uleg rata lalu tumis sampai wangi)
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
Sejimpit ebi sangrai biar sedap
2 butir kemiri sangrai
1 cm kunyit
Bubuk jahe secukupnya (biar bau ayam beku nggak terlalu mengganggu)

Bahan pelengkap
Bihun/soun, rebus atau siram air panas lalu tiriskan
Kacang tanah sangrai secukupnya
Bawang putih goreng secukupnya
Kerupuk jangan ketinggalan, biar sedap…
Bakso bikinan sendiri dong *mulai pamer lagi*
Cabe rawit kukus (pengganti sambal, ini saya niru soto-soto di kota kelahiran saya tercintah, Kediri City. Soto pojok, soto Buk Ijo di terminal, dan soto mangkok cilik di Branggahan rata-rata pakai cabe macam begini)

Cara membuat
1. Rebus sepotong ayam tadi dengan air, daun salam, dan sereh. Masukkan juga bubuk lengkuas. Rebus sampai ayam empuk, lalu tiriskan ayam. Setelah tiris, goreng lalu suwir-suwir. Oya, air bekas rebusan jangan dibuang yaaa.
2. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan bumbu halus ke air rebusan ayam. Tambahkan kaldu ayam, gula, garam, merica. Masak sampai mendidih. Kuah soto sudah jadi, gampang kan????
3. Untuk penyajian, siapkan bihun, ayam suwir, di dalam mangkok, lalu siram kuah. Kalau mau pedes, cabe rawit kukusnya jangan kupa digerus pake sendok di dasar mangkok, baru deh bihun dan ayam suwir ditata rapi. Paling enak dinikmati panas-panas dengan kecap manis. Setelah nginep semalem, rasa kaldunya makin mantap jaya hehehe…

Alhamdulillah proyek pamer ke mertua lancar jaya. Kata mertua soto bikinan saya enak, apalagi dimakan pake baksonya. Baksonya pun enak, dagingnya kerasa. Sebagai menantu yang Senin bisa masak dan Kamis tiba-tiba ga bisa *karena males*, pujian itu membuat hidung saya tiba-tiba mancung 5 senti *emang Pinokio :p*.

Setelah mateng, saya sisihkan sedikit buat difoto, mertua saya nggak nanya-nanya tujuan difoto buat apa, pokoknya langsung nyicip aja saking ga sabar mau makan masakan mantunya *ecieeeee…..*. Semua setting udah siap, lalu saya tinggal ambil kamera ke dalem rumah. Pas balik lagi, jrengggg…sendok isi kacangnya udah kosong. Vioooooo……. *ge to the mes alias gemes*.
resep soto

Sebenernya, di dalem mangkok berbentuk gentong itu, ada bihunnya loh, tapi sayang dia tenggelam dalam kuah dan tak terlihat, yahhh… ga jadi eksis deh! Kalau ditanya ini soto apa? Saya bingung sodara-sodara. Mau dibilang soto Sokaraja, ga sama juga. Kalau di resep Saji, sotonya pake taoge juga. Saya nggak pake karena ga suka, taoge bagusnya buat rawon, maklum ya, lidah Jawa Timur heeheheh… Mau dibilang soto Kediri, lah tadi katanya resepnya pake resep soto Sokaraja.

Akhirnya saya kasih nama soto galau aja, ga jelas mau dibawa ke mana hihihi…Ini masih masuk soto Nusantara kan ya? Kalaupun nggak masuk, ya dimasuk-masukkin aja deh kan dibikinnya juga masih di daerah Nusantara *maksa*. Tadi saya lihat di peta, Ciwaruga alhamdulillah termasuk Indonesia kok :p.

Nah, sekarang komentator pertama yang bisa menyebutkan dengan benar masuk ke provinsi dan kabupaten apakah Sokaraja itu, saya kasih satu set sendok kayu gratis, dikirim langsung ke depan pintu rumah. Bukan oleh saya tentunya, saya gak sempet kirim-kirim, sibuk jualan sendok😀.

 
22 Comments

Posted by on November 9, 2012 in Resep

 

Tags: , , , ,

22 responses to “Soto Cap Pamer Mertua

  1. adhiarsi

    November 9, 2012 at 11:18 am

    ihh kamuuh.. baru aku mau aplot soto juga.. wkkwkwkw
    itu mangkok unyuuu ihhhh

     
  2. Ika Rahma

    November 9, 2012 at 11:21 am

    Tuhankuuu… kamu cepet banget sih komennya hehehe…

     
  3. lidya

    November 9, 2012 at 11:22 am

    kab. banyumas
    propinsi jawa tengah. .

     
    • Ika Rahma

      November 9, 2012 at 11:24 am

      Yayyyy… benerrrr banget. Email nama alamat telp ke dapurhangus@gmail.com ya mbakkk🙂

       
      • lidya

        November 9, 2012 at 11:47 am

        yaaayy. . dapet ama mangkoknya * maksa *

         
      • Ika Rahma

        November 9, 2012 at 1:19 pm

        beli donggg… :p. Mohon dipenuhi syarat2nya yaaaa, oke🙂

         
  4. Lidya

    November 9, 2012 at 12:18 pm

    wah udah ada nama LIdya juga diatas hehehe. mbak aku berkunjung bawa sepiring nasi nih, masih ada kan sotonya?

     
    • Ika Rahma

      November 9, 2012 at 1:20 pm

      Masihhh…fotonya doang hehehe…

       
  5. Umina Naura

    November 9, 2012 at 12:30 pm

    walah lagi mau komen udah keduluan hahahahahahaaa😀 sibuk kondangan jd ga sempet mantengin lepi :p

     
    • Ika Rahma

      November 9, 2012 at 1:20 pm

      musim kondangan ya sekarang?

       
  6. bita

    November 9, 2012 at 12:35 pm

    wah telat ga tau ada postingan ini..pdhl soto sokaraja itu paporit ane..*garuk2 tanah minta kacang ga dapat sendok..

     
    • Ika Rahma

      November 9, 2012 at 1:16 pm

      kasian tanahnya, ga gatel kok digaruk hehehe…

       
  7. sondangrp

    November 9, 2012 at 1:35 pm

    hahaha aku always ngakak deh baca jurnalmu, Ko…Nggak ngiler, tapi ngakak dan termotivasi nyoba.
    Eh tolong ya si kadlu kaldu itu posting dong secepatnyah. And di mana sih beli serba bubuk itu? lengkuas bubuk dan bawang putih bubuk itu sepertinya ada di tempat yg tak pernah kukunjungi, begitu?

     
    • Ika Rahma

      November 9, 2012 at 1:39 pm

      Di Kijang Mas buanyaaakkk tuh bubuk2an, lebih mahal, tapi nampol berat. Di spm ada yang merk kopoe2 itu loh, sebagian besar aku pake itu kecuali merica bubuk.

       
  8. dwi

    November 12, 2012 at 1:34 am

    selalu ngakak (pengennya sih sambil guling2) klo baca tulisan di DH, pantesan jadi juara kaporit di sekar (upppssss keceplosan yak)……..***mangap….(maap, red) komennya orang kediri rada ngladur mbak…

     
    • Ika Rahma

      November 12, 2012 at 2:40 am

      Dek ya dek, bukan mbak. Inget, aku lebih muda *19 tahun*

       
  9. nofa

    November 17, 2012 at 7:18 am

    Hihihi….beneran ya mba masaknya senin kamis?wah apalagi saya? Apa dong sebutannya buat saya yg lueebih males masak?

     
    • Ika Rahma

      November 18, 2012 at 6:35 am

      Beneran kok seminggu paling cuma sekali atau dua kali aja masak, apalagi sekarang-sekarang malesnya minta ampun deh🙂

       
  10. ciplukh

    November 19, 2012 at 4:29 am

    hmm… akyu laperrrr jadi pengeeeen mba ikaheee hikkkksss

     
  11. ciplukh

    November 19, 2012 at 4:40 am

    bubuk2 itu banyak ko carrefour/ hypermart juga🙂 kalo di pasar tradisional bukan bubuk tapi bumbu giling…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: