RSS

Saya dan Daging Kurban

30 Oct

Kalau Idul Adha, mau nggak mau saya mengingat masa lalu dan membandingkannya dengan masa sekarang. Simaklah cerita saya dan tahan tawa Anda.

Timeline Idul Adha
Idul Adha I (2007): masih tinggal di kosan suami, nggak kebagian jatah daging kurban

Idul Adha II (2008): tinggal di Lembang, menolak mendapat jatah daging kurban dengan alasan nggak bisa masaknya

Idul Adha III (2009): masih tinggal di Lembang, sengaja kabur main ke Subang biar nggak kebagian daging kurban. Ternyata setelah pulang tetep dikasih dan tetep menolak, akhirnya dimasakin kari kambing sama tetangga. Status kari: nggak ada yang makan karena bau kambing *yaeyalah masa mau bau ayam? :p*

Idul Adha IV (2010): Tinggal di Ciwaruga, deg-degan setengah mati dapet jatah daging kambing, nggak tau dimasak apa. Akhirnya cuci bersih, kucurin jeruk nipis, rebus bersama bumbu duo bawang, gula merah, jahe, lengkuas, kunyit *semua bumbu dimasukin*. Setelah empuk, iris-iris lalu pukul sampai melebar dan rebus lagi sampai air habis. Setelah jadi, baru tau namanya gepuk. Status gepuk: habis tak bersisa karena teksturnya mirip daging sapi dan ga ada jejak bau kambing sedikitpun.

Idul Adha V (2011): Masih tinggal di Ciwaruga, dapet 2 bungkus daging kambing dan sebungkus daging sapi. Sebagian dibikin sate, sebagian lagi dibikin rendang *kemajuan pesat*. Sebagian dibumbuin untuk dibawa bakar-bakar sate di acara BSK mahasiswa Sejarah. Status: abis juga, enak sih ya masakan saya :p *mulai takabur*

Idul Adha VI (2012): Masih tinggal di Ciwaruga, ngarep dapet daging sapi dan daging kambing kayak tahun kemaren, ternyata penonton kecewa hahaha… ALhamdulillah dapet daging kambing seperempat dan dua potong tulang iga yang masih tebel dagingnya. Hepi bener, bisa praktek bikin iga bakar dengan tulang iga gratisan. Mau pamer foto aja yaaa…

iga bakar kambing

sate kambing

Untung tahun lalu udah modal alat bakaran sate hihihi…Foto gelap karena udah mau Magrib dan yang bakar sate udah kelaparan

Idul Adha V (2013): udah tinggal di rumah sendiri dan bisa berkurban sendiri, lebih bagus lagi kurban sapi. Aminnn… 27ribu kali.

Idul Adha VI (2014): semoga di Kediri karena orangtua naik haji. Sampai sekarang belum ada bayangan, tapi semoga dimudahkan ya mam dan pap😀. Doakan ya teman-teman😀

Idul Adha VI (2015): di Belanda, sekolah lagi *ini sih kayaknya….*. Aminnnn…

Semoga semakin baik dari tahun ke tahun, amin😀.

 
20 Comments

Posted by on October 30, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus

 

Tags: , , ,

20 responses to “Saya dan Daging Kurban

  1. kakaakin

    October 30, 2012 at 4:22 pm

    Hehehe… mengaminkan temlen yang akan datang😀
    Dari yang nolak, jadi ngarep ya…
    Alhamdulillah udah pandai memasak (kambing) sekarang ya…😀

     
  2. Lidya

    October 31, 2012 at 2:21 am

    biarpun gelap tetap mempesona kok fotonya mbak

     
    • Ika Rahma

      October 31, 2012 at 11:46 am

      aihhh, jadi maluuuu😦

       
  3. liakirana

    October 31, 2012 at 5:16 am

    itu tusukannya lucu ih.. apa itu?

     
    • Ika Rahma

      October 31, 2012 at 11:39 am

      itu tusuk sate dr stainless, di daiso banyak kok😀, cuma mihils ajah hehehe… lucu ya, ada macem-macem mak, lumayan banget ini ga gampang gosong dan ga perlu ngerendem dulu sebelum dipake. Sesuatu bgt :d

       
  4. Mayya

    November 1, 2012 at 12:46 am

    Mdh2an terkabul deh! Soalnya klo ditulisin begitu jadi ingat terus target ‘daging’-nya hahaha!

     
    • Ika Rahma

      November 1, 2012 at 2:18 pm

      hahaha…kok target dagingnya yang inget? wakakak… sumpah ngakak deh jadinya

       
  5. Nia Angga

    November 1, 2012 at 7:58 am

    hi mbak, salam kenal…
    kaget aja pas baca time line thn 2014.. orang kediri tho. idem aku dong..
    bedanya yang satu jago masak, yang satunya lagi paraahh hikhik

     
    • Ika Rahma

      November 1, 2012 at 2:33 pm

      Orang Kediri itu emang keren2 ya, bisa masak atau enggak *wink*

       
  6. Myra Anastasia

    November 1, 2012 at 3:26 pm

    mau ke Belanda? Cius? Miapah? Haahaa.. *langsung di gaplok pk sate 10 tusuk sm mak Ika😀

     
    • Ika Rahma

      November 1, 2012 at 5:13 pm

      doain dongggg…. eike belum pernah ke luar negeri mak😀

       
  7. titi esti

    November 2, 2012 at 3:29 am

    Amiiin….
    hik hik, daging igaku buat jatah tikus, gara gara teledor le ngrumat

     
    • Ika Rahma

      November 11, 2012 at 10:59 pm

      Sayang banget, tau gitu bawa ke sini huhuhu…

       
  8. Elisa Koraag

    November 9, 2012 at 1:30 am

    Sampai sekarang velum doyan makan kambing. Tiap tahun dapat jatah kurban, kalau suami meleng sedikit, tuh adaging saya bagi ke orang lain. Sekarang suami maksa untuk terima dan menuntut di masakin. Tetep belum bisa. Sampai hari ini, sisa kurban kemarin masih ada 2 plastik di lemari es, gak tau mau dibikin apa. Diintip juga belum. Soalnya yang terima suamiku langsung. mak ika, ajarin dong yang praktis en simple. Bikin gepuk tu, bumbunya dihaluskan? Suamiku doyan banget sama gepuk. Pleas ajarin dong Mak.

     
    • Ika Rahma

      November 11, 2012 at 10:59 pm

      Beliin dagingnya dulu buat praktek donggg Makkkk hihihi *dilempar sendal*

       
  9. mrswaluyo

    December 10, 2012 at 3:43 am

    mak vio…. ke rumah eyke ajeee. Udah 3 tahun dapet jatah daging kurban ‘kebauan’ (istilah gw doang sih :p), selain dapet jatah kurban yang biasa. Daging ‘kebauan’ adalah daging kambing yang diberikan untuk…. warga yang tinggal sebelah mesjid persis🙂 Yah maklum, seminggu sebelum Idul Adha, di rumah pasti wangi alami ketek kambing+sapi… Jadi sama panitia ketika hari telah senja saat proses bebersihan tempat pemotongan/pembagian hampir berakhir, datanglah itu persembahan untuk kami😀
    Berminat mak? dituker sama sendok kayu 1 set lagi… aku ikhlassssss…. :p

     
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 1:57 am

      hehehe…. sendok kayunya udah abis :p.

       
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 1:57 am

      hehehe…. sendok kayunya udah abis :p.

       
  10. mytemporarykitchen

    July 8, 2014 at 7:17 am

    wkwkwwkkwk…… mbaa ikaaaa….😀 …storinya tentang si daging kurban t o p b g t (y)

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: