RSS

Simple Baked Long Macaroni

30 Oct

Tau nggak sih, saya belum pernah masak spageti. Blas, sekalipun! Kalau masak pasta ya cuma makaroni elbow aja, yang lain-lain nggak pernah. Sebabnya agak aneh sih, karena Vio cuma doyan yang bentuknya elbow. Cuma itu? Iya.

Jadi inget sama detektif paling aneh, Mr. Adrian Monk. Biarpun cerdas nggak ketulungan, dia mengidap penyakit obsesif kompulsif. Misalnya, tiap parkir mobil, jarak antara satu mobil dan mobil lainnya harus sama persis karena menurutnya itu menyalahi hukum alam. Dia akan ribut manggil tukang parkir hanya untuk membereskan “kekacauan” itu.

Dia juga cuma mau satu air minum botol kemasan merk Sierra Spring, yang lain nggak mau. Setiap salaman dengan orang lain, Mr. Monk pasti membersihkan tangannya dengan tisu antiseptik. Dannn… yang paling menghebohkan adalah DIA MENGHITUNG SETIAP HELAI PASTA YANG AKAN DIMAKANNYA! Jumlahnya harus genap dan panjangnya harus sama. Yuuk pingsan dulu :p.

Konon, kelakuan eksentrik Monk bersaudara (Adrian dan kakaknya) adalah hasil didikan ibunya yang memberi buku pedoman hidup. Kalau saya sih, nggak kebayang kalau punya anak kayak gitu, belum-belum sebagai emak saya stress duluan. Makanya bersyukur banget Vio menyerah dan ternyata doyan pasta bentuk lain selain elbow. YUps, dia doyan long macaroni. Sederhana aja, cukup direbus dan diberi sedikit butter, emak bahagia, Vio pun tertawa hihihi… *bacanya jangan lupa jadi emak malas, anak menderita* :p.

Tapi berhubung saya mau ngeramein Tantangan Masak Bareng Yuuk edisi pasta, jadi si makaroni panjang itu harus sedikit diolah *sambil nyobain ramekin baruuuuu hihihihi…*. Taraaaa, jadilah baked long macaroni versi malas tapi enak ala saya sendiri.

Resep ini super sederhana, nggak pake saus-sausan sama sekali. Mau bagaimana lagi kalau mau versi agak ribet, saya nggak keburu motretnya, bakal batal eksis deh :p *modussss*.

BAKED LONG MACARONI
makaroni panggangBahan
30 batang long macaroni *ikutan Mr. Monk :p*, rebus dengan garam dan 1/2 sdt butter (boleh diganti minyak goreng juga sih). dari 30 batang, 15 adalah japrem alias jatah preman buat Vio hehehe…
30 ml susu UHT
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula
1/4 sdt lada hitam
1/2 sdt oregano
sejimpit pala *sejujurnya ini ga nyambung, tapi pas bikin kenyataannya emang pake pala bubuk*
25 gram keju mozarella, parut kasar

Cara membuat
Duh malu euy mau bilang ini resep, apalagi kalau udah baca step cara membuat ini, pasti saya dimarahin sama Paulo, empunya restoran pasta Italia dalam drama Korea “Pasta” *yang nggak tau, nonton Indosiar aja tiap siang hihihi…*. Ampun Paulo, ampun Chef Choi Hyun Wook :p. Ya pokoknya ini cara membuat baked macaroni paling odong sedunia. Siap-siap ya…

1. Buka wadah UHT, tuang sebagian besar di gelas dan sisakan 30 ml saja. Masukka gula, garam, lada hitam, dan setengah bagian oregano. Kocok-kocok di wadah UHT itu juga sampai tercampur :p *siap-siap ditimpukin*
2. Tata long macaroni di ramekin, bagian menatanya ini seru banget deh. Saya nata-nya juga satu-satu, per helai sampai ramekinnya penuh.
3. Setelah pastanya tertata rapi, tuang susu yang telah dicampur bumbu buku ke dalam ramekin. Kalau mau agar kental nantinya, masukkan sedikit maizena, tapi saya nggak pake maizena, jadi hasilnya susunya emang masih agak cair.
4. Tambahkan keju mozarella yang sudah diparut, tata di atas pasta sampai semua permukaan tertutup. Terakhir, taburi sisa oregano dan sedikit gula pasir.
5. Panaskan oven 10 menit, panggang di suhu 150 derajat selama 15 menit. Sepuluh menit terakhir, nyalakan api atas biar keju cepat leleh. Setelah keju meletup-letup, artinya sudah selesai proses pelelehan dan boleh dikeluarkan dari oven.
6. Beginilah tampang keju yang meleleh itu… Hmmm..yummy🙂
long macroni

Jadi gimana, masih bisa dibilang resep nggak? Kalau nggak ya muup eaaa man teman *senyum paling manis*. Ternyata Vio nggak suka kalau ada mozarella-nya, dia bilang itu kulit dan minta dikupas. Udah tau kan berarti itu rejeki siapaaaa???

 
13 Comments

Posted by on October 30, 2012 in Resep

 

Tags: , , , ,

13 responses to “Simple Baked Long Macaroni

  1. Lidya

    October 30, 2012 at 2:05 pm

    selalu disukai nih pasta sama anak2

     
  2. kakaakin

    October 30, 2012 at 5:39 pm

    Hahaha… saya mau dong dapat jatah kulitnya…😀
    Saya sama sekali belum pernah ngolah long makaroni ini. Kalo pas bikin makaroni panggang, malah pake pasta lain, entah yang kerang atau spiral itu😀 *ngasal poll

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:49 am

      yang penting rasanya enyak ajaaaa…

       
  3. Ry

    November 1, 2012 at 10:23 am

    Alweis bikin ngiler sore-sore ….

    hehehhhe

     
    • Ika Rahma

      November 1, 2012 at 2:17 pm

      ehehe…maap, bukan maksudku :p

       
  4. herlina achmad

    November 2, 2012 at 7:14 am

    resepnya jadi brp porsi (ramekin) mb? kok dikit banget susunya🙂

     
    • Ika Rahma

      November 2, 2012 at 3:26 pm

      takaran bumbu dan susu buat satu ramekin, kalau long macaroni buat dua mbak, yang stu porsi keburu diabisin Violeta.

       
  5. alotonyourplate

    November 5, 2012 at 2:27 am

    Looks delish!🙂

     
  6. asrie

    November 6, 2012 at 7:36 am

    Ada ya yg namanya long macaroni? asa ga pernah liat, ahahaha.. *ndesooo*

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:24 am

      Kristina, ai kamu teh jangan jatuh bangun aja dong kalo ke spm, yang kyk spaghetti bentuknya hehehe…

       
  7. pettarosetta

    November 21, 2012 at 8:05 am

    haluuu mbaaak ika, salam kenal🙂
    ini saus karbonara atau apa?
    aku emang lagi cari-cari resep buat bikin fetucinni carbonara niyy

     
    • Ika Rahma

      November 22, 2012 at 11:09 am

      salam kenallll, hmmm…maap mbak e saya nggak ngerti saus2an gitu, baru mau belajar *masih mau ihihihi*. Makanya kl ditanya carbonara atau bukan, saya nggak tau huhuhu…

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: