RSS

Wingko versi Koboi

27 Oct

Tak pernah menyangka membuat wingko itu semudah ini *kalimat pertama yang sombong hihihi…*. Saya suka wingko, tapi ini pertama kalinya bikin wingko, suer! Berawal dari suami saya yang pergi ke Surabaya dua kali wiken berturut-turut, dia membawa oleh-oleh wingko tanpa saya minta. Saya malah minta sambel Bu Rudy. Ya, istri sholehah minta oleh-olehnya sambel Bu Rudy, bukan berlian wekekek… wingko ala koboi

Ternyata Vio juga suka wingko, saya makin semangat bikinnya. Pas buka Facebook, mbak Diah Raki share link resep wingko di blognya. Ternyata temen-temen yang jadi member Let’s Baking Together lagi pada bikin tantangan wingko. Uuhhh, sayang banget saya bukan member, padahal kalau member mah bisa menang ini *pede sejuta*. Soalnya saya ga diterima jadi member huhuu… *nangis di pelukan Brad Pitt*.

Inget-inget kalau ke pasar beli kelapa parut, tapi pas ga niat ke pasar pun tetep belain mampir ke pasar buat beli kelapa ini *lieur banget kalimatnya*. Saya beli kelapa parut yang dikupas, jadi warnanya putih. Tadinya kepikiran mau yang sebungkus putih,sebungkus lagi yang masih ada kulitnya buat bikin santennya. Seinget saya, resep di blog mbak Diah Raki ada santennya. Ehhh, ternyata lama nungguin beli dua macem, akhirnya saya beli yang baru diparut aja, adanya yang putih semua.

Nyampe rumah BBMan sama mbak Nina karena pesenannya kosong. Sambil gugling juga pake BB, lha kok nemunya blog mbak Nina juga, yo wes sekalian nanya resep heheh… *males gugling berbuah manis hihihi…*> Dapet resep dari mbak Nina, langsung deh eksekusi sambil berpesan, “Mbak stay tune ya, aku mau nanya-nanya.” Kata mbak Nina nih kayaknya bakal, “Ini udah nanya. nyuruh-nyuruh lagi.” hahaha… Tapi berhubung mbak Nina baik hati dan dari Kediri *sama kayak saya*, jadi cuma jawab, “Stay tune, radio kaliii…”

resep wingko green tea

wingko coklat dan capuccino

Resep dari mbak Nina ini lebih gampang, dalam artian cucian wadah lebih dikit. Kalau resep mbak Diah Raki pake santen dan harus rebus santen *yang artinya saya nanti harus nyuci panci*, resep mbak Nina cuma campur-campur bahan aja. Resep asli dari mbak Nina bisa di ceki-ceki di sini. Sip, mari cekibrot resepnya🙂

Bahan
200 gram tepung ketan (saya pakai Rosebrand)
400 gram kelapa parut, untung kan saya beli yang putih semua, jadi hasilnya bersih gitu wingkonya, waluapun gosong sih *salahkan yang manggang hahaha*
50 gram mentega, cairkan
175-200 gram gula, saya cuma pake 175 gram tapi kemanisan di lidah saya, next lebih bagus dikurangi gulanya, penghematan dan mencegah kencing manis *subhanallah peduli kesehatan heheh…*
1 butir telur.
Sejumput garam, ini harus dan wajib karena katanya syarat dari dukun bwahahah… enggak ding, biar gurih aja pastinya.

Olesan:
2 butir kuning telur *saya nggak pake, maka tengoklah wingko koboi dan gosong ala saya*

How to
1. Campur tepung ketan, kelapa parut, garam, gula. Pas liat adonan ini, saya takjub, ini adonan yang paling banyak yang saya buat seumur hidup. Masa ya mixing bowl Supra saya hampir penuh aja? Padahal kan gede. Deg-degan pisan, mau jadi berapa ratus wingko adonan sebanyak ini? *lebayatun*. Udah siap-siap mau nyalahin mbak Nina nih menjerumuskanku ke adonan super banyak hahaha…untung inget pencitraan sholehah, jadi cuma BBM, “Adonannya banyak banget ya mbak, kayaknya mau aku bagi 2 deh.”
2. Cairkan mentega, dinginkan sejenak, campur ke adonan. Jreng, pas mentega udah masuk, adonan mengempis. Saya bernafas legaaaa…
3. Masukkan telur lalu aduk rata. Jreng-jreng, adonan makin mengempis dan keiket, makin legaaaa… Tapi rupanya ini kelegaan yang terlalu instan heheh… masih ada tantangan manggang wingkonya sendiri.resep wingko
4. Karena adonan banyak, saya bagi jadi empat bagian. Bagian pertama tambah keju parut, ke-2 tambah grinti, ke-3 tambah bubuk coklat, dan yang ke empat saya tambah setengah sachet Torabika Capuccino. Tentunya saya suka yang terakhir. Hmmm….
5. Saya pake skup mini buat nyamain ukuran wingkonya, dibentuk bulet-bulet dikit, lalu panggang di doublepan aka happycall yang sudah dipanaskan, kecilkan apinya. Sambil manggang, saya mengagumi kecerdikan orang Korea, bisa-bisanya kepikiran wajan ditangkupin begini ya? Kebayang nggak sih kalau yang ditangkupin gitu wajan cekung, atau panci, atau ahhh… ga kebayang deh! Pasti OLshop kebingungan packing dagangannya dan JNE akan mengenakan tarif berdasarkan volume *pemikiran yang penting banget hahaha…*
6. Setelah masuk double pan, penyet atau pipihkan adonan dengan sutil tahan panas. Ketebalannya sesuai selera. Saking sesuai selera, tebel wingko saya nggak sama. Double pan saya ukuran jumbo, jadi setengah resep bisa sekali panggang deh *hepi bener*. Trima kasih Happycall dan penemunya, kau membuat wingkoku cepet matang heheh…
7. Seperti biasa, karena banyak banget, sebagian saya simpan di plastik klip dan masuk freezer. Sewaktu-waktu pengen wingko, tinggal angetin aja. Ahhh… indahnya dunia dengan adanya freezer *peluk cium kulkas*.

Rupanya bikin wingko segampang ini, nanti saya bakal ngelamar ah jadi member LBT *kedipin mbak Diah Raki* *tetep ngotot*. Karena pas wingkonya mateng udah sore banget, jadi saya pending sesi foto-foto besoknya. Seperti biasa, kejadian aneh terjadi, lagi sibuk nyari fokus, keranjang berisi wingko raib digondol Vio hahaha… Ya naseb :p.

 
7 Comments

Posted by on October 27, 2012 in Resep

 

Tags: , , ,

7 responses to “Wingko versi Koboi

  1. sri komarudin

    October 27, 2012 at 3:31 pm

    wingko? suka banget…di tunggu kirimannya ya mak🙂

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:56 am

      hehehe… mana alamatnyaaa?

       
  2. ruri

    October 29, 2012 at 2:26 am

    mbak ika, itu sendoknya lutuuuuu bgt…..

     
  3. yuniarinukti

    October 29, 2012 at 9:11 am

    Wingko? aku sukaa banget.. tapi rasanya enakan beli deh mbak, cepet jadinya haha..

     
    • Ika Rahma

      October 30, 2012 at 5:09 am

      nah, kalau beli, sekalian beliin aku dong mbak😀

       
  4. Wenny Pohan

    November 30, 2012 at 4:52 am

    mba, property nya lucu2 bangeeeett…. *ga penting* itu dagangan semua yaa? hahaa… mba, ada resep baby kukis yg pake buah2an ga? soalnya saya udh nyoba skitar 4-5 kali tp hasil kukisnya setelah 2 hari jadi keraaas… kasihannya anakku… padahal udh coba berbagai modifikasi resep. dari mulai pake tepung garut, terigu tp hasilnya teteeeuup sama. kayanya saya salah di komposisinya. mohon pencerahan ya suhu…

     

Leave a Reply

 
