RSS

Another Green Tea Project

18 Oct

Green tea kastengel Karena abis posting tips yang ringan tapi bermanfaat, malah banyak yang nanya resepnya. Mungkin tips macam itu cuma bagus buat orang-orang yang mau makan enak tapi ga mau susah kayak saya. Paling gampang kan beli, cuma saya kan lagi nabung buat beli berlian *eaaaaa….*, jadi kurangi jajan di luar.

Dengan terpaksa namun bahagia, saya ngetik resepnya ya. Saya dulu pernah posting resep kastengel di sini, tapi ini pake resep yang berbeda. Sebenernya resep kastengel NCC, cuma saya tambahin 1/2 sdt greentea dan saya kurangi keju edamnya. Pelit banget ngurangin keju edam? Eiyaaaa itu mah sisa lebaran kemaren hahaha… Oya, saya juga ga pake susu bubuk sih soalnya nggak ada. Resep di bawah ini setengah eh sepertiga eh dua pertiga resep aja ya *puyeng*.

Sebenernya bikin kastengel ini karena takut keju edamnya keburu ga bisa dipake, kan sayang banget tuh😦. Beli mahal-mahal, dibelain ga makan 5 hari *lebay*, masa cuma akan berakhir di tempat sampah? Ahhh… makanya dengan semangat 45, saya uplek-uplek di dapur. Paling bete ya ngebentukin kukisnya. Ewwwhhh…seandainya pekerjaan itu bisa digantikan robot, pasti dengan suka rela saya beli robotnya. Apalagi kalau robotnya bisa nyapu, ngepel, setrika *kode banget butuh ART nih*.

Bahan:
200 gram mentega/butter
250 gram tepung terigu protein sedang
2 butir kuning telur
150 gram keju edam parut, parut agak panjang-panjang biar hasilnya renyah. Tapi kalau dipanggang di happycall ga ngaruh juga sih hihihi
1/2 sdt green tea bubuk aka matcha powder

How to:
Kocok mentega sampai lembut, masukkan kuning telur. Kali ini saya sudah mahfum yang namanya mixer nggak ada di kamus saya. Kamus saya cuma bilang, “Garpu.” Tampaknya harus beli kamus baru biar ada kata mixernya hihihi…Liat aja nanti kalau saya boyong KA atau Bosch ke rumah, semua orang harus tau, termasuk Sahrukh Khan dan Bang Rhoma :p
Campur keju dan terigu, lalu masukkan ke adonan telur dan mentega. Aduk merata.

Adonan siap dicetak atau dibentuk atau apalah itu namanya. Saya sih lagi rajin karena memang mau bekuin cookies, jadi saya pilin biar bagus. Duh, kalau denger kata pilin kok inget kumis ya? *jitak diri sendiri*

Panggang di oven dengan suhu 180 selama 30 menit. Saya pernah nyobain pake doublepan, lebih cepet sih, lebih cepet gosong padahal udah pake api kecil. Tapi kompor sebelah kiri emang ga bisa kecil maksimal sih, pertanda harus memboyong modena ke dapur saya *eaaaaa….*lagi-lagi kastengel

Dibanding resep kastengel yang pernah saya posting sebelumnya, kastengel ini lebih rapuh dan gampang hancur. Rasanya? Sama enaknya dong pastinya, siapa dulu yang bikin :p. Narsis tak terkira itu modal buat sukses di dapur hahaha… Kalau ga narsis, mana ada blog ini. Ini berkah dari kenarsisan saya hehehe…

Kastengel yang pake doublepan kan gosong, trus Vio memandang nista gitu. Saya dengan bangga mengunyah dan pura-pura menikmati padahal paittttt. Gabungan grinti dan kegosongan adalah kiamat di dunia perkejuan. Rasa kejunya ilang dong hihihi… untung yang gosong parah cuma 2 biji, gosong sedang 4 biji, gosong ringan 5 biji. Dengan kata lain semuanya gosong, tapi mengapa saya masih bilang untung? Itu ciri khas orang Indonesia katanya, terlalu mudah bersyukur😀. Alhamdulillah…

 
23 Comments

Posted by on October 18, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

23 responses to “Another Green Tea Project

  1. lina

    October 18, 2012 at 5:20 pm

    hihihi….asliii aku suka narasinyaaa…😀

     
    • Ika Rahma

      October 19, 2012 at 12:05 am

      Hehehe…. Monggo dicoba resepnya🙂

       
  2. Annisa Lestari

    October 19, 2012 at 1:26 am

    terima kasih mamak vio, salam tsaqicup deh :* cup kecup
    ga sabaran pengen cepetan bikin hehe

     
    • Ika Rahma

      October 19, 2012 at 1:50 am

      jangan banyak2 grintinya, paitttt…

       
  3. Lidya

    October 19, 2012 at 4:08 am

    num[ang nyicipin mbak. btw selamat ya masuk finalis di majalah sekar🙂

     
    • Ika Rahma

      October 19, 2012 at 8:08 am

      makasih ya mak, monggo diicip2 semaunya😀

       
  4. Popi ...

    October 19, 2012 at 6:44 am

    mbak ..bikin postingan yg pake double pan lg donk! atau yg dikukus gitu..soale ane ga punya oven nih!

     
    • Ika Rahma

      October 19, 2012 at 8:08 am

      oh, tenang mbak Popi, doakan saya rajin yaaa…

       
  5. titi esti

    October 19, 2012 at 9:35 pm

    duapertiga resep kastengel? Kayaknya aku sanggup nyemil tanpa bantuan siapapun :p

     
    • Ika Rahma

      October 21, 2012 at 4:17 pm

      ya sekarang tinggal 1/10-nya dong, saithik meneh.

       
  6. Myra Anastasia

    October 21, 2012 at 2:44 am

    seneng sm rasanya yg pait2 ya?🙂

     
    • Ika Rahma

      October 21, 2012 at 4:17 pm

      ga melulu keju gitu mbak Chi, jadi enyakkk… eh tapi ini dalam rangka ngabisin grinti aja sih.

       
  7. Pakde Cholik

    October 21, 2012 at 5:24 pm

    Resepnya memang komplit dan jelas
    Terima kasih
    Sudah saja like lho
    Salam hangat dari Surabaya

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:57 am

      Matur suwun Pak Dhe, semoga sehat selalu. Salam dari Ban eh CIwaruga

       
  8. octanh

    October 21, 2012 at 7:15 pm

    Weekend depan aku mau nyobain resep ini ah. *pamer*😀

    Cumannya di rumah pada gak gitu suka kukis. Anak-anak sukanya makanan yang gak perlu banyak dikunyah. Jadinya aku jarang banget bikin kukis. Tapi ini worth it buat dicoba.

    Pengen deh kukis yang rasanya rada laen…. Coklat ama keju kan udah banyak ya. Blueberry misalnya. Ada ide gak?

     
  9. Hijihawu

    October 22, 2012 at 7:02 pm

    Jejak kuenya bikin kastengel tampak makin imut.🙂

     
  10. Prisca

    August 1, 2013 at 1:39 pm

    Hallo mba salam kenal, oiya jadi bisa kan bikin kastangel tanpa mixer?
    Maklum anak kos, peralatan masak minimalis😉
    Makasih resepnya mba

     
  11. Anonymous

    December 7, 2013 at 11:25 pm

    Bikin ketawa deh narasinya…..

     
  12. irfa destrayanti

    April 7, 2014 at 3:18 pm

    itu matchanya dimasukin kapan ya?

     
  13. Bisnis Kue Kering Rumahan Coklat Cornflakes

    May 7, 2014 at 4:26 pm

    Sebenarnya bisnis kue kering tidak mengenal resiko rugi dan selalu untung. Marginnya cukup tinggi dan mudah dijalankan tanpa menyita banyak waktu, tempat, tenaga serta pikiran. Inilah bisnis yang cocok buat saya sebagai karyawan. Pangsa pasarnya masih sangat terbuka lebar, menjanjikan dan menggiurkan. Apalagi jika ada momen-momen spesial, permintaan kue kering coklat ini SELALU mengalami kenaikan. Pertanyaannya, “Siapa yang menikmati kenaikan permintaan tersebut…?” Lagi-lagi kita hanya bisa menjadi PENONTON disaat orang lain mengambil peluang!

    https://bahanbangunanrumah.wordpress.com/2014/05/06/peluang-usaha-raih-profit-jutaan-dari-bisnis-kue-kering-coklat-cornflakes-tanpa-modal-2/

    @KrisMilyader PecintaBisnis
    #SEOKonsultan #OnlinePreneur #DigitalMarketing
    Jualan LARIS Manis Banjir ORDER Tiap Hari

     
  14. Anonymous

    May 1, 2015 at 3:11 pm

    bisa gak klo buat kastegelny pke keju cheedar ??,apa hrs keju edam??

     
  15. jualkembanggoyang

    July 14, 2016 at 1:34 pm

    Salam Persahabatan dari Kami Jajanan Arek Suroboyo

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: