RSS

Bawal Bakar Freestyle

04 Oct

Minggu lalu suami saya pergi ke ibukota Jawa Timur, nggak tau kenapa saya kok tiba-tiba malah rajin masak. Eh, tau ding sebenernya, karena kalau laper berat nggak ada yang dimintain tolong beli makanan. Jadi, ya terpaksa masak.

resep bumbu ikan bawal bakar

Bawal bakar ini sebenernya temen nasi uduk ungu yang saya bikin tempo hari. Saya sih milih yang praktis-praktis aja bumbunya, nggak pake kunyit segala macem.

Bahan
2 ekor ikan bawal (sekitar setengah kilo ya). c
bawang goreng secukupnya, percayalah ini adalah booster nafsu makan, hati-hati bagi yang lagi diet! :p

Bumbu rendaman
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 butir kemiri
1/2 sdt ketumbar
1 1/2 sdm garam
2 sdm kecap manis

Langkah eksekusi *ini koki apa algojo sih? :p*
1. Cuci bersih ikan bawal lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis jika ada. Kalau nggak punya, berarti sama dong kita hahaha… Diamkan lima menit lalu cuci bilas hingga bersih.
2. Kerat-kerat ikan bawal, katanya sih tujuannya biar bumbu meresap. Kalau saya sih tujuannya biar agak lucu aja kalau difoto *dijitak*.
3. Lumuri ikan dengan bumbu rendaman, masukkan ke lemari pendingin minimal selama satu jam. Lebih lama tentu lebih oke.
4. Panaskan doublepan, kecilkan api, lalu alasi dengan dengan pisang *kalau ada ya, kalau nggak ada, ya makanya tetanggaan dong sama saya, deket sawah, banyak pohon pisang. Asli tinggal pilih pisangnya, pisang Radja, pisang Dewa, atau Pisang D’massive -kriuk-*. Daun pisang ini kata Koki Pintar sih akan menambah aroma pada ikan dan mencegah kecap-kecap nempel di alat masak kita. Alat masak jadi lebih gampang dibersihkan. Jadi, daun pisang ini double impact, kalu nggak punya ya beli dong :p.
5. Tuang satu sdm minyak ke dalam doublepan.
6. Bakar ikan di pan sambil diolesi sisa bumbu rendaman. Karena apinya kecil, bisa ya disambi-sambi nonton TV dulu atau karaokean dulu di Inul Vista. Proses matangnya agak lama karena ikan nggak melalui proses goreng dulu, jadi cocok banget buat yang mengurangi goerng-goreng seperti saya *sejujurnya biar minyak goreng awet sampai akhir bulan hahaha…*. Oya, bebas ya mau ditutup atau mau sambil dibuka juga boleh. Tips dari saya, kalau doublepan Anda permukaannya ada dua jenis, yanga da grillnya (garis-garis itu) dan yang polos saja, pilih yang polos aja buat bakar beginian mah. Tujuannya, biar nanti setelah makan enak, Anda nggak perlu gosok-gosok sekuat tenaga buat ngebersihin. Bersihin sisa kecap dan gula di sela-sela garis-garis grill itu bisa bikin lemak ikan yang masuk dalem tubuh langsung keluar deh jadi keringat, susahhhhhh banget *Mewek*.
7. Lama pemanggangan ini sekitar 15-20 menit biar ikan matang sempurna. Tapi Anda tetap harus wasapada, kandungan gula dalam kecap akan cepat berubah jadi karamel sehingga ikan lebih mudah gosong. Kalau saya sih, setiap 5 menit dibolak-balik biar mateng bener dah pokoknya. Cuma ya jangan terlalu semangat ya ngebolak baliknya, nanti ikan ancur.
8. Setelah matang, taburi dengan bawang goreng. Dijamin 2 bakul nasi bakal abis sekali makan. Apalagi kalau pake sambal bawang atau sambal terasi, hmmm…. *ngetik sambil nahan iler*

ikan bawal bakar

Monggo dicuil dikitttt… :p

 
7 Comments

Posted by on October 4, 2012 in Resep

 

Tags: , ,

7 responses to “Bawal Bakar Freestyle

  1. Lidya

    October 4, 2012 at 1:47 pm

    arima ikannya sampai kesini nih mbak🙂

     
  2. Myra Anastasia

    October 4, 2012 at 5:10 pm

    gak mau bawal, maunya gurame😀

     
  3. sondangrp

    October 5, 2012 at 1:00 am

    hahaha bagi dong, kukasih jeruk nipis deh, ada setengah kilo neh di sini

     
    • Ika Rahma

      October 5, 2012 at 9:14 am

      setengah kilo jeruk nipis? aku pilih setengah kilo bawal aja deh kak😀

       
  4. Popi ...

    October 5, 2012 at 3:58 am

    ga sengaja mampir kesini. Ketemu resep ini, pas banget, di kulkas ada ikan bawal yg udah smeinggu ga diapa2in saking bingung mo diapain lg selain digoreng **bosen**
    Makasih ide cemerlangnya!!

     
    • Ika Rahma

      October 5, 2012 at 9:15 am

      Wah senangnya dibilang ide cemerlang, semoga suka resepnya ya. Bagi-bagi jangan lupa hehehe…

       
  5. Anonymous

    February 3, 2013 at 12:26 pm

    ijin copas,,,

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: