RSS

Balado Tongkol Maknyussss

04 Oct

Selama ini kalau beli tongkol cuma tau tongkol bumbu kecap ala ibu saya atau dibikin abon. Sisanya ya digoreng aja dan dimakan dengan sambal. Titik. Nggak tau masakan lain, nggak kreatif juga sih sebenernya saya nyoba-nyoba resep.

resep balado tongkol

Karena di rumah lagi banyak cabe merah keriting, jadi saya akhirnya iseng-iseng nyobain bikin balado. Entah ya yang dimaksud balado memang begini atau bukan, tapi kalau saya liat-liat di warteg sih mirip-miriplah, maklum saya pelanggan warteg pengkolan :p.

Bahan:
Setengah ekor ikan tongkol ukuran sedang (Sekilo dapet dua ekor). Harap maklum ya, kami keuarga kecil dan yang doyan pedes-pedes begini kan cuma orang gede, yang kecil dimasakin masakan lain.
Gula, garam, merica secukupnya. Kalau saya suka yang pedas manis gitu, jadi gulanya sekitar 3/4 sdm.

Bumbu halus:
1 siung bawang putih agak besar
3 siung bawang merah
5 buah cabe merah keriting
3 buah cabe rawit
1 butir kemiri
Sedikit udang rebon sangrai, sedikiiitttt aja ya.

NOTE: Bumbu halus ini bisa dibikin sekaligus banyak, jadi kalau butuh tinggal ambil secukupnya dan proses memasak hanya cukup dengan kedipan mata. Ihiyyy….

How to:
Bersihkan ikan tongkol, goreng setengah matang lalu suwir-suwir kasar. Karena beli tongkol sekilo dapet dua, jadi setelah digoreng setengah matang masih sisa satu setengah ekor lagi, saya simpan di piring lalu tutup dengan plastik wrap dan masuk kulkas.

Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu masukkan tongkol yang sudah disuwir. Aduk sampai bumbu merata. Tambahkan gula, garam, merica.

Balado tongkol siap dinikmati dengan nasi hangat. Ga perlu sambal lagi. Rasanya? Maknyussss!!!

balado tongkol ala dapur hangus

Masakan yang gampang dan enak beginilah yang saya suka, apalagi bumbunya bisa di stok, wow! *sambil koprol*. Masakan saya ini kalau dibandingin sama masakan warteg enaknya 10 kali lipat kayaknya *narsis tingkat dewa*, mana mau nambah sepuasnya juga ga pake bayar lagi hihihi…

 
4 Comments

Posted by on October 4, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , ,

4 responses to “Balado Tongkol Maknyussss

  1. Oci YM

    October 4, 2012 at 4:58 pm

    Emang enak nih Mbak buat ikan apa ajah, sayang saya alergi tongkol, bisa gatel

     
    • Ika Rahma

      October 6, 2012 at 2:50 am

      Buat bandeng yg ga cocok mbak, durinya banyak. entahlah bandeng itu bagiku cuma cocok dipresto aja🙂. Tapi ini enakkkk…

       
  2. sondangrp

    October 5, 2012 at 1:03 am

    ih ini asik banget buat bekel hubby, dia makannya juga bakal gampil kan. Bakal gue copyyyy

     

Leave a Reply

 
