RSS

Seblak Seuhah

30 Sep
Seblak Seuhah

Waktu kecil saya suka sekali makan bahan krupuk yang masih lembek alias belum dijemur. Jadi baru berupa adonan yang baru direbus, bentuk seperti lontong dan antinya akan diiris tipis-tipis. Kebetulan daerah tempat tinggal saya di Kediri adalah sentra krupuk mlarat. Oya, namanya ada macem-macem, Ada yang bilang krupuk upil karena bentuknya kecil-kecil kayak upil, ada yang bilang krupuk mlarat alias miskin karena digoreng nggak pake minyak. Beberapa bilang krupuk kali karena digoreng dengan pasir kali (sungai).

Metode penggorengan dengan pasir ini sudah jarang sekarang karena pasir kan mahal. Sebagai gantinya, bakal kerupuk (atau krecek) diolah dengan menggunakan oven, lebih sehat kan?

Saya suka makan krecek basah begitu saja. Rasanya enak, kenyal-kenyal. Ada juga temen SD saya yang suka memakannya dengan parutan kelapa, lebih gurih katanya. Dulu sering banget nyatronin pabrik krupuk buat beli krupuk wannabe ini. Inget banget deh harganya seplastik kecil itu 3 ribu saja .

Itu dulu ya, waktu saya masih SD, artinya ya belasan tahun lalu. Pas hijrah ke Lembang setelah menikah, saya menemukan makanan yang dibuat dari kerupuk mentah juga, namanya seblak. Bahan utama seblak adalah krupuk bawang yang direbus. Jadi nanti krupuknya bakal kenyal-kenyal gitu. Biasanya sih yang dipake merk Sumber Sari karena konon katanya paling gurih dan enak (tentu paling mahal juga, seperempat kilo 3.500 saja). Produk krupuk Sumber Sari yang telah digoreng, biasa kita jumpai di tukang bubur atau tukang nasi kuning, yang warnanya orange gitu.

Pertama kali nyobain seblak rasanya aneh ya, agak-agak gimana gitu. Tapi, tetangga-tetangga di lembang sering banget deh bikin ini. Dulu seperempat masih dua ribu saja, seperempat itu kalau buat tetangga-tetangga saya bisa abis sekali makan rame-rame, termasuk anak kecil. Sering banget kalau siang-siang nganggur masak ini, saweran seorang seribu hehehe…

Setelah pindah dari Lembang, saya menemukan seblak mulai makin ngetop. Di daerah Geger Kalong, deket kompleks Daarut Tauhid, ada gerobak Seblak Seugak yang asli rameeeeee buanget! Saking ngetopnya, sampai ada yang ikut-ikutan jualan juga. Tapi, di lidah saya Seblak Seugak ini tetep paling oke, bumbunya pas, keatangan krupuknya juga oke. Belum lagi, ada sekitar 20-an varian yang bisa kita pilih. Ada seblak tahu baso, brokoli, wortel, sawi, sosis ayam, sosis sapi, ayam, telur, kornet, jamur dan masih buanyak lagi. Harganya bervarias, antara 6 lima ribu sampai 11 ribu kalau nggak salah.

Sumpah deh, postingan ini bukan berniat promosiin Seblak Seugak (dulunya Seblak Seuhah), tapi salut lho sama ownernya. Dia masih muda, murah senyum, dan pemalu tapi serius banget terhadap masa depan bisnisnya. Pertama, namanya udah didaftarkan paten, terus si teteh yang punyanya juga udah ngurus izin Depkes segala.

Yang terpenting, dia nggak pake vetsin loh! Pertama kali beli, pesen ke si tetehnya supaya nggak pake vetsin, eh si teteh malah bilang, “Kita nggak pake vetsin kok teh, Cuma gula sama garem aja.”

Kayaknya sekarang Seblak Seugak ini udah mulai di-franchise-in juga, pernah liat salah satu gerobaknya di UPI tapi orangnya sama sekali beda. Bisa jadi sih kakak atau saudaranya, tapi kayaknya bukan juga sih berdasarkan deduksi saya ala Sherlock Holmes *prikitiew*.

Eh, eh satu lagi, si teteh yang jagain ini kalau pas waktunya shalat, pasti deh tutup dulu. Yang mau beli harus nungguin sampe shalat jamaah di Masjid Daarut tauhid selesai. Subhanallah kan? (update: Kemarin ketemu si ownernya dan dia nyapa saya sambil ngasih tau kalau tas punggung saya kebuka. Subhanallah)

Nah, kemarin saya bikin sendiri seblak ini, caranya gampang banget kok. Semua pasti bisa bikin. Saya doyan banget, suami saya geuleuh karena katanya krupuk kok basah.

seblak seuhah

Bahan
4 genggam kerupuk Sumber Sari mentah, rebus sampai agak empuk, tambahkan satu sendok teh minyak goreng biar nggak nempel satu sama lain. Oya, ukuran genggam ini berdasarkan tangan saya yang kebetulan mungil ya pemirsa. Kata ibu saya, saya nggak cocok jadi Puteri Indonesia karena nanti pas dadah-dadah gitu semua bakal ngetawain tangan saya yang ukurannnya mirip tangan anak-anak. Oh ya sudahlah, abaikan keterangan nggak penting ini.
1 butir telur
Daun bawang iris tipis secukupnya

Bumbu halus
3 siung bawang merah
1 siung bawang putih ukuran sedang
3 biji cabe rawit, bisa ditambah kalau memang suka pedas
Seujung jempul kencur aka cikur. Cikur ini hukumnya wajib alias fardhu ain, nggak boleh dihilangkan apalagi diganti pake kunyit hahaha…
Gula, garam, merica secukupnya

How to:
Tumis bumbu halus sampai wangi lalu agak sisihkan di pinggir penggorengan. Masukkan telur, lalu orak arik. Tambahkan sedikit air lalu masukkan kerupuk yang sudah direbus. Aduk rata. Menjelang matang, masukkan irisan daun bawang. Hmmm… yummy.

seblak seuhah

NB: Maafkan untuk foto yang butut dan tidak mengundang selera, yang motonya keburu laper. Yuuk 
Note: seblaknya beda ama seblak kering yang kayak dijual maicih gitu ya, tapi bahan dasarnya sih sama kok, kerupuk Sumber Sari itu, ada juga yang warna putih.

 
28 Comments

Posted by on September 30, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , ,

28 responses to “Seblak Seuhah

  1. Riski Zaini

    October 1, 2012 at 3:38 am

    aku suka seblak ini. tapi ga berani makan lagi. soalnya suka mencri..😦

     
    • Ika Rahma

      October 1, 2012 at 11:47 am

      bikin sendiriiii, kan lebih bersih. Mnceri karena kepedesan juga bisa kan mbak?

       
  2. Yella Ojrak

    October 3, 2012 at 6:18 pm

    wiiiiii… fotonya keren lageeee!

     
    • Ika Rahma

      October 3, 2012 at 10:58 pm

      masa sih mbak? yang ini sebenernya tampak butut sih, over cahayanya dan ga menggoda hehehe… anyway thank you udah berkunjung🙂

       
  3. Perla

    October 17, 2012 at 3:35 am

    I will immediately grab your rss feed as I can’t find your e-mail subscription link or newsletter service. Do you’ve any? Please let me recognize in order that I may subscribe. Thanks.

     
  4. Ry

    October 22, 2012 at 3:10 am

    Iiih akhirnya nemu cara bikin seblak yang praktis….
    Pengen nyoba bikin ahhh ….. *ngiler

     
    • Ika Rahma

      October 22, 2012 at 3:33 pm

      silahkan dicoba, gampang bgt iniiii…

       
  5. RY

    November 6, 2012 at 1:01 pm

    Teh, saya udah nyoba resepnya lho walopun rada nggak sesuai sama resep Teteh …hehehhe. Dan udah diposting juga disini http://riairwanty.wordpress.com/2012/11/06/im-falling-in-love-with-seblak/

    *ditengok ya Teh🙂

     
    • Ika Rahma

      November 7, 2012 at 1:23 am

      sippp meluncurrr🙂

       
      • RY

        November 7, 2012 at 9:29 am

        Nuhun🙂

         
  6. astina

    December 11, 2012 at 10:21 pm

    wuiiihh resep yg aku cari2 selama ini, thanks bund !
    btw, boleh tau resep seblak keringnya juga gak?🙂

     
    • Ika Rahma

      December 12, 2012 at 1:59 am

      Kalo seblak kering kan krupuk digoreng aja, pake bumbu bubuk jadi biasanya🙂

       
  7. Penny Saraswati Emerton

    May 31, 2013 at 12:54 am

    sumpah, saya baru nemu blog tentang masak memasak yang super duper funky! Sukaaaa…banget dengan resep-resepnya, apalagi cara nulisnya di blog ini, deuh… bikin acara masak jadi keliatan fun dan nggak “menyeramkan”!
    Tebakan saya sih, mbak Ika Rahma ini orangnya down to earth banget, meski pinter masak, tapi tulisannya tentang masakan sama sekali nggak bikin keder yang mau nyontek. Easy and simple! Trims mbak! Saya jadi kepengin nyobain resep-resepnya, terutama yang berkeju-keju😀

     
    • Ika Rahma

      June 1, 2013 at 5:15 pm

      ohh, aku jutek aslinya mbak :p hihihi…. dan ga gaul.

       
  8. Anita

    July 15, 2013 at 5:50 pm

    Hah..seblak seuhah skrg dah maju yaa namax jg ganti..inget bnget dlu thn 2008 ada 2 org teteh2 dorong gerobak jualan seblak.namax seblak seuhah.n itu msh pertama kalix org jualan seblak di gerlong.sy beli n lngsung takjub,enak bnget pke telor..smpe skrg dikalimantan ga ada yg jual ya bkin sndiri..nice posting😀

     
    • ziah

      March 24, 2015 at 1:18 pm

      Mba aja yg jualan klo dsna blm ada..syp tw laris dan bnyak yg suka jg..hhe

       
  9. cintaku

    August 6, 2013 at 1:30 pm

    kak ada lagi gak posting tentang seblak terhot bnget…
    soalnya aku ska bnget pda yg pedas pedas gtu
    hehheh……..

     
  10. PUTRI LINDA

    August 6, 2013 at 1:36 pm

    kak

     
  11. inidiarikka

    August 6, 2013 at 10:21 pm

    Jadi ngiler liat fotonya…
    Jadi pengen buru2 nyoba resepnyaaaa….🙂

     
  12. inidiarikka

    August 6, 2013 at 10:22 pm

    Hmmm…..jadi ngiler nih…pengen nyobain….

     
  13. Risna agesty

    September 21, 2013 at 6:45 pm

    kayanya enak nih jd gk sbr buat buru2 nyoba resepnya

     
  14. Endah Wulandari

    November 25, 2014 at 3:42 pm

    Waw Akh

     
  15. gudtama

    February 6, 2015 at 2:41 pm

    beli krupuk atau bahan baku seblaknya dimana ya? untuk daerah jateng…trims

     
  16. Tintin supriyatin

    February 16, 2015 at 7:54 pm

    Kalau aku uka bikin seblak sendiri dari jaman smp lho,tapi skrg banyak varian seblak yg bikin ngiler.mendingan bikin sendiri aja lebih enak dan kejaga keberihannya.

     
  17. ziah

    March 24, 2015 at 1:15 pm

    Dtmpat qu ada yg jual seblak..tiap hri g prnah sepi..sllu rameh dikedoya bendungan..aq jg suka bgd sm seblak kwetiau kerupuk..emm.. seger bgd dc.. tp gra2 kseringan tiap hr mkan itu magh qu lgsung kambuh lg..auugh.. blm sembuh smp skrg..

     
  18. jualkembanggoyang

    November 6, 2016 at 5:24 pm

    blognya keren kak, klo temanku dia jual yg kering. salam kenal ya kak

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: