RSS

Sambal Seminggu Sekali

26 Sep

Ibarat dua sisi mata uang, saya dan sambal nggak bisa dipisahkan🙂. Saya doyan sambal, sambal pasrah dimakan sama saya. Ini resep sambal andalan saya sendiri karena seringkali males nguleg. Makan pake sambal ini dijamin abis nasi sebakul, apalagi ditemani paha ayam, daging gepuk, ikan asin, kerupuk haduuhhh… kok jadi ngiler gini ya?

Di dunia kuliner *cieee* sambal ini terkenal dengan nama sambal bajak. Konon sambal bajak adalah sambal terasi yang digoreng, sama sekali nggak ada hubungannya dengan copyrights dan pembajakan ataupun Pirates of Caribean.

Resep ini boleh dicontek, boleh dipraktekan, boleh dinikmati saja. Kalau dibanding sambal terasi botolan, saya nggak tau enakan mana. Saya belum pernah beli yang buatan pabrik karena errrrrr pelit *seperti biasa*. Kalau ada yang mau beliin, akan saya terima dengan hati senang riang gembira dan tawa bahagia heheheh… yuukkk!

Bahan
15 biji cabe rawit merah (boleh campur ijo biar warnanya bagus dan ga terlalu pedes)
5 biji cabe merah besar, buang biji. Saya pakai cabe keriting karena belum ke salon buat direbonding *ditimpuk ulekan*. Boleh juga pake campuran cabe merah besar dan cabe keriting. Kalau cabe keriting ga usah buang biji atau tangan Anda yang jadi keriting. Mau? :p.
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah tomat ukuran sedang
Terasi secukupnya, kalau pake terasi ABC atau Indofood, saya pakai 1 bungkus. Karena lagi banyak stok terasi Cirebon dari Cip-cip alias Mimomalka, saya ucapkan bye-bye dulu sama terasi pabrikan. Soalnya, terasi dari Cirebon ini dahsyat banget! Secuil aja efeknya mantap banget. Dari 2 bulan lalu dioleh-olehin Cipta, baru abis setengah bungkus padahal satu pak isi 5 bungkus. Ada yang mau, monggo loh maen ke rumah saya hehehe…

Bumbu
1 1/2 sdt garam
½ sdt gula pasir
1 sdt gula merah sisir
Merica (optional), saya selalu pakai seiprit yang merk RUdy Choiruddin ;p. Eh, selama ini saya nggak ngerti loh kalau lada putih itu sama dan sebangun dengan merica *tutup muka pake penggorengan*.

Minyak untuk menggoreng secukupnya, jangan pakai minyak terlalu banyak. Dikira-kira aja nanti sisanya pas buat goreng sambal yang sudah diblender. Kira-kira Cuma butuh 5 sendok makan mungkin ya.

cara membuat sambal bajak

Tagline sambal bajak Dapur Hangus, “Sesendok tak akan cukup.” Tapi diare, tanggung sendiri yaaaa…

How to:
Goreng semua bahan sampai agak kecoklatan. Kalau ibu saya, tomat dan terasi dimasukin terakhir, tapi kalau saya ya brussss semua masuk biar praktis hehehe… Tiriskan dan tunggu dingin. Setelah dingin, kasih bumbu-bumbu lalu blender sampai halus. Bisa juga sih pakai ulekan agar bisa mengatur kadar kehalusan, kalau pake blender kan kalau mau tercampur rata harus sampai alus banget. Eh, ga tau juga ya, itu mah blender saya aja kali, soalnya blender haratisan .

Kalau saya selalu diblender sampai halus sih. Kadang kalau diblender bentar, hasilnya gula merahnya kadang belum ancur, atau tiba-tiba ada bawang putih yang masih utuh. Bikin bete pas ngagosrengnya *bahasa apakah ngagosreng itu?*.

Setelah diblender, goreng lagi dengan minyak bekas menggoreng sebelumnya. Tunggu sampai wanginya keluar dan warnanya berubah menjadi merah agak tua. Tunggu dingin lalu taruh di wadah kedap udara semacam tupperrware atau lion star gitulah.

Kalau masuk kulkas, bisa tahan sebulanan dengan catatan nggak keluar masuk ya. Jadi, bisa disimpan di plastik klip kecil untuk porsi sekali makan. Keluarin satu plastik ketika dibutuhkan. Di rumah saya sih paling Cuma tahan 5 hari karena ada dua tikus rambut item yang ngabisin hehehe…

Tagline sambal ini adalah, sesendok tak akan pernah cukup, tapi resiko tanggung sendiri. Meskipun kepedesan, diare esok harinya, tetep aja saya mau lagi dan lagi. Kalau orang Jawa bilang, kapok lombok. Biarpun kapok tetep diulang lagi.

Nah, inilah sambal seminggu sekali versi saya. Saya juga pernah posting versi lain, sambal bawang Bu Rudy wannabe di sini. Bagaimana versi Anda?

 
15 Comments

Posted by on September 26, 2012 in Resep

 

Tags: , , , ,

15 responses to “Sambal Seminggu Sekali

  1. Belajar Cinta

    September 27, 2012 at 11:36 pm

    Pesen ya bu… sambal bajak manis🙂

     
    • dapurhangus

      September 28, 2012 at 8:30 am

      Tidakkkk… tidak menerima pesanan, cuma nerima transferan😀

       
  2. Myra Anastasia

    September 28, 2012 at 2:34 am

    sambal emang gak ada matinya deh.. tp merusak diet sy aja krn kl makan pk sambal pati jadi banyak makannya😀

     
    • dapurhangus

      September 28, 2012 at 8:31 am

      Apanya yang di dietin sih? Udah segitu cukup kali makkkk…

       
  3. Mayya

    September 28, 2012 at 7:11 am

    Klo dirumahku wajib ada sambal lado, sambalnya khas padang. maklum deh hihihi…
    pernah juga coba sambal terasi, tp kdg enak kdg nggak, akhirnya nyerah…baca ini jadi mau coba lagi ^_^
    maacih recepnya yak!

     
    • dapurhangus

      September 28, 2012 at 8:31 am

      Mau dong resep sambal lado *memohon*. Yang kayak di nasi padang gitu kan?

       
  4. Julia

    October 1, 2012 at 4:09 pm

    kurang pedes nihhh mak,,,, biasanya eike gak pake tomat biar lebih najong😀 (jangan ditajong yaaa) :p

     
    • Ika Rahma

      October 2, 2012 at 7:37 pm

      Hah? Aku segini cukupanlah, kl kepedesan suka sakit badan kayak abis ditajong orang sekampung. Pas makan sih enak, efek udahannya ga banget deh😦.

       
  5. Suzanne

    October 17, 2012 at 5:03 am

    I’ll immediately grab your rss feed as I can not find your email subscription hyperlink or e-newsletter service. Do you have any? Kindly allow me understand in order that I may just subscribe. Thanks.

     
  6. arief

    January 3, 2015 at 7:09 am

    keren bgt mba resepnya dah ta coba dan uenaakk bgtt bikin kleper2 yg makan sambelnya..saking enaknya..mksh bnyk mba ats resepnyaa…

     
  7. Anonymous

    November 26, 2016 at 11:07 am

    Tak cobA buat ah..
    Enak…
    Kaya resepku..
    Cuma ini nganggo merico yo.pedes pollll.

     
  8. Suparmi saman.

    November 26, 2016 at 11:08 am

    Tak coba…soalnya resepnya pake merica…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: