RSS

Kukis Milo Rasa Brownies

26 Sep
Kukis Milo Rasa Brownies

Niat hati pengen belajar bikin kukis milo, tapi apa daya ternyata kok rasanya malah mirip brownies. Ya tak apalah, tetep diposting biar suatu saat kalau berhasil bikin kukis milo tau beda resepnya. Saya juga ngak ngerti salahnya di mana, mungkin karena saya pake chocochip atau karena efek almond bubuknya ya? Atau mungkin ini adalah konspirasi yahudi? *pasti gara-gara folo si Tiga macan deh ini hihihih…*

Ngomong-ngomong tentang Milo, dulu saya waktu kecil seneng banget makan Milo. Tentu saja, sembunyi-sembunyi dari ibu saya. Awalnya sih satu sendok teh, lalu dua sendok teh, dua sendok makan, dan seterusnya. Sampai akhirnya satu kaleng Milo cuma bertahan dua hari karena adik saya ikut-ikutan. Terbongkarlah gerilya kami nyolong Milo di lemari. Ibu saya kemudian menyembunyikan di tempat yang tak mungkin dijangkau lagi. Hiks…

Entah karma atau apa, Vio juga demen banget sama Milo. Dia juga suka ngemilin tanpa diseduh. Untungnya ya dia masih kecil, masih bisa diboongin emaknya. Kalau beli kemasan kardus, dia pasti merengek minta cemal-cemil. Nah, kalau beli sachet, dia gak tau tuh kalau itu Milo yang sama. Alhamdulillah, saya emak yang cerdas hehehe…

milo cookies

Ga ada rasa Milo blas, malah rasa brownies jadinya😦

Pembukaannya sudah cukup tiga paragraf saja ya. Pembukaan itu saya persembahkan untuk pembaca yang protes kok akhir-akhir ini cerpennya ga ada? Bingung ga sih? Namanya Dapur Hangus kok posting cerpen, ternyata yang dimaksud cerpen itu ya pembukaan yang ngalor ngidul sampai ujung dunia itu. Sekarang giliran resep ya pemirsa, silahkan dinikmati ^^.

milo cookies

Bahan:
4 sachet milo (56 gram), judulnya kuras kulkas ini karena udah ga ada sisa lagi.
2 sdm gula pasir
75 gram mentega/margarin.
30 gram almond bubuk, nemu di sebuah slempitan di kotak tepung di dapur saya. Bisa saja di skip atau nggak pakai, bisa juga diganti kacang tanah cincang yang sudah disangrai.
100 gram tepung terigu protein rendah
1 butir telur
30 gram chocochip putih, ini lebih mirip karamel, jadi nantinya juga bakal bikin manis kukisnya. Kalau takut keanisan, kurangi gulanya🙂.

Cara pembuatan
Seperti biasa, campur mentega dan gula, kocok sampai lembut. Saya udah bosen euy ngetik begitu terus secara postingan di blog ini sebagian besar adalah kue kering. Saya emang suka banget sama kue kering aka kukis, baik yang manis maupun yang asin semua aman di perut.
Setelah mentega lembut, masukkan telur. Kocok lagi sampai merata.
Di wadah terpisah, campur terigu, milo, dan chocochip putih. Masukkan adonan telur+mentega ke dalam campuran tepung. Aduk rata dan adonan kukis Milo siap dicetak dan dipanggang.
Panasakan oven, panggang suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit. Ati-ati gosonggggg….

cookies milo

Sebenernya selain bersih-bersih bahan kue, saya juga mau nyobain gadget terbaru di dapur :p. Bolehlah dibilang pamer, tapi kasian doi sih bukan apa-apa kok dipamerin. Dengan gadget baru inilah saya nyetak kukis milo. Ternyata hasilnya cepat dan tanggap hahaha… Enggak ding, lebih cepat dan lebih bersih aja.

Yaaaa, perkenalkan skup es krim mini terbaru punya saya. Setelah pencarian ke tujuh gunung, termasuk Gunung Batu, saya akhirnya nemu juga si skup es krim ini. Pertama kali menyadari fungsi lain dari scoop tentu saja dari solmet saya, Masterchef from Cimahi, Lady Fitriana yang cantik jelita.

Waktu saya main ke rumahnya, doi dengan asyiknya nyendokin adonan perkedel jagung dengan skup es krim. Hasilnya perkedel jagungnya berukuran sama rata, cenderung lebih bulet, dapurnya tetep bersih, dan minim yang dicuci. Kalau pake sendok, minimal ada dua sendok yang bakal kotor kena adonan untuk keperluan ngebuletin. Ditambah lagi rada lama kan pingpong adonan dari sendok satu ke sendok yang lain. Dengan skup tercinta ini, cucian dipangkas, waktu dihemat cieeeeee…. Tepuk tangan untuk skup es krim dan Lady Fitriana.

Sayangnya, skup es krim yang dijumpai di pasaran rata-rata segede bola bekel. Sudah 5 samudera saya seberangi, 51 toko bahan kue saya kunjungi, dan tujuh kota saya sambangi, ga nemu juga skup mini idaman. Sampai suatu hari saya bertemu seorang lelaki hitam manis penjaga stand es krim thumb and thumb di Festival Citylink. Di mata saya, si lelaki hitam manis itu tampak sangat ganteng karena dia memegang skup es krim supermini, mungkin diameternya hanya 2 cm. Saya jatuh cinta sama skupnya, ingat sama skup yang dia pegang, bukan mas-masnya ya hahaha…

Makin penasaran sama skup ini. Pencarian saya seperti Tong Sam Chong bersama Kera Sakti mencari kitab suci, begitu fokus dan tak kenal lelah *euleuhhhh meuni serius pisan*. Sempet bahagia nemu melon baller di Ace hardware, tapi tentu saja harganya tak lagi bikin kantong bolong, tapi langsung sobek tanpa bisa dipermak. Kasian tukang permak jadi ga laku .

Pun akhirnya ketika saya menemukan pujaan hati si skup es krim 2 cm, kantong saya nyaris mati. Tak tega mengeluarkan duit 120ribu cuma untuk scoop. Saya terpaksa mengucapkan gutbye sama pujaan hati, biarlah dia jadi milik mas penjaga stand thumb and thumb seorang.

Akhirnya pencarian saya mencapai titik terang. Walaupun si mas eh skup thumb and thumb masih terbayang-bayang, saya cukup bahagia loh bisa menemukan si tiga senti ini. Buah karya pertama saya dengan si skup eskrim baru ini ya si kukis milo yang ternyata rasanya mirip brownies ini. Entahlah, pasti karena pake skup baru ya? Hehehe…

Nah, bentuk kukisnya semua sama kan, ga perlu timbangan, ga perlu tangan belepotan, tapi nikmatilah kukis bikinan sendiri seukuran goodtime. Inilah yang namanya jodoh . Besok-besok saya share lagi ya kegunaan skup ajaib ini, pokoknya saya cinta mati dah sama doi *mmmuahhh*

Oya, lupa bilang kalau satu resep ini jadi sekitar 25 kukis ukuran segitu itu, ukuran skup. Batch pertama pemanggangan, gosong sodara-sodara *pelajaran penting, jangan namain blog Anda Dapur Hangus :p*. Gosong parah, tapi ya berhubung saya sudah menahbiskan diri cinta kukis sampai mati, ya masuk perut juga sih. Batch ke-2 sukses diangkat sebelum gosong, alhamdulillah😀.

 
12 Comments

Posted by on September 26, 2012 in Alat Tempur, Resep

 

Tags: , , , , , , , , ,

12 responses to “Kukis Milo Rasa Brownies

  1. sondangrp

    September 26, 2012 at 5:18 pm

    hahahahahaha gue kok ngakak tengah malam nih, nukan ngiler tengah malam baca posting yang ini. Salam sama mang es krim ya hahahaha

     
    • dapurhangus

      September 27, 2012 at 5:03 am

      Salam ditampung kak hahaha…

       
  2. liakirana

    September 27, 2012 at 2:16 am

    jadiii..beli skup nya dimana?? jadi pengen buat goreng bala-bala hee

     
    • dapurhangus

      September 27, 2012 at 4:28 am

      Beli di aku aja mak *kedip2*, langsung meluncur ke FB Dapur Hangus yak hehehe…sekalian promosi :p

       
  3. lail

    September 27, 2012 at 7:36 am

    akhirnya aq kena racun!
    kirim sebiji mak scoop 3cm,,
    sama si bos 2bungkus lagi yaa klo sempet belanja,,
    kita sambung di email okeeh? :kedips:

     
    • dapurhangus

      September 28, 2012 at 8:32 am

      mana email? aku belum menerimanya. Yes, racum berhasil😀

       
  4. titi esti

    September 30, 2012 at 8:28 am

    Widiih, skup doang 120rb *umpetindompet* lihat di griya yg 20-an aja eman2 *sblmtaufungsilainnya*
    Ah, tαρɪ sbg preman pengkolan aku ƍαќ akan keracun, mau kerahkan anakbuah dulu

     
    • Ika Rahma

      September 30, 2012 at 2:05 pm

      ahhh…serius? Siapa tadi yg BBM dan bilang eike pinter memengaruhi :p

       
  5. itsbaps

    May 20, 2013 at 1:30 pm

    salah satu yg kena “racun” scoop nya Iko…smp skrg baru dipake bikin choco ball ma’e Titi Esti :p

     
    • Ika Rahma

      May 24, 2013 at 11:36 am

      Heuuu…bukan salah bunda mengandung dong hihihi…

       
  6. dita

    August 8, 2014 at 11:17 pm

    Ӎαυ͡ tau dong, beli scoop ice cream Чǝлƍ 2cm dimana….. Hiks….hiks….hiks…. ªќu dah menjelajah ƙε̲̣ semua toko иģģɑ ketemu… Please kontak ªќu ўαªª di 082136469010 ….. Thank you…..

     
  7. mika

    March 14, 2015 at 10:19 pm

    jd pengen eskrimnya….
    mbaeee… kl g pake gula bs tak???

     

Leave a Reply

 
