RSS

Bola-bola Lagi-lagi Bola

23 Sep
Bola-bola Lagi-lagi Bola

Di rumah, cuma Vio yang suka perpastaan. Mungkin dia sadar diri ya namanya kan Corleone, masa sih ga suka makanan Italia, bisa-bisa Don Vito Corleone di alam kubur sana murka. Tapiiiii, Vio cuma suka yang elbow, kalau bentuk-bentuk lain doi nggak demen. Kok bisa sih? Ga tau juga deh, pernah dibeliin yang spiral gitu dia ga mau. Padahal kan rasanya sama aja ya? Apalagi, Vio sering makan pasta cuma direbus dan dikasih butter atau minyak dikit, udah gitu doang.

Nah, tapi yang satu ini alhamdulillah emaknya juga doyan. Doyan banget malah hehehe… Sempet nyuri-nyuri ngabisin pas Vio lengah. Soalnya, ini enak banget, gurih banget dari keju serta wangi oregano. Oregano keju itu paduan yang melelehkan air liur, saya nggak pernah nolak.

makaroni bola

Sayangnya agak ribet ya bikinnya, nyesel juga sih bikin dikit, padahal kalau udah dilepis tepung roti, bisa dibekuin di freezer dan tinggal goreng kalau mau makan. Mantap! Next bakal bikin banyakan deh.

pasta bola-bola

Bahan
2 genggam pasta elbow, rebus sampai aldente (kalau ga tau artinya, gugling aja, saya juga nggak tau, cuma ikut-ikutan iklan aja hehehe).
1 siung bawang putih cincang halus
1/4 bawang bombay, cincang halus
Garam, gula, merica secukupnya. Hati-hati penggunaan garam ya, karena nantinya kan pake keju yang udah asin, jadi garemnya sih sebaiknya dikit aja.
oregano sejumput
Keju cheddar semaunya, semakin banyak semakin enak. Saya lagi bokek dan pelit, cuma pake sekitar 30 gram (1/6 blok keju Kraft), sebagian diparut, sebagian dipotong ala Jokowi (kotak-kotak maksudnya):p *mumpung masih hot nih pemilihan gubernur DKI*
1/2 wortel diparut kasar, saya pake parutan keju. Bisa diganti sayur apa aja, semacam brokoli
125 ml susu cair, saya pake ultra lowfat kemasan kecil. Bisa diganti dengan air biasa atau kaldu juga, saya nggak nyetok kaldu sekalian ngabisin stok susu.
minyak atau butter untuk menumis.

Bahan pelapis:
1 butir telur kocok lepas
100 gram tepung roti (atau secukupnya aja sih, saya pakai sedikit-sedikit, kalau kurang ditambah lagi biar nggak ada yang nyisa hehehe…

bola pasta makaroni

Ini jelas ya siapa food stylist-nya, Violeta pastinya ^^

Langkah pembuatan:
1. Tumis bwang bombay dan bawang putih sampai wangi, masukkan pasta elbow yang udah direbus dan wortel parut, tambahkan sedikit susu atau air biar nggak terlalu kering.
2. Masukkan garam, gula, merica. Aduk sampai merata.
3. Tambahkan susu sampai adonan lembab, jangan lupa kecilkan api biar nggak gosong.
4. Masukkan keju parut, setelah merata, matikan api lalu masukkan keju Jokowi tadi :p
5. Bentuk bulat adonan. sebaiknya dibentuk ketika adonan masih lembab dan hangat biar gampang, karena kalau udah kering susah dibentuk jatuhnya malah lepas-lepas elbow-nya.
6. Celupkan adonan yang udah dibola-bola ke kocokan telur lalu gulingkan ke tepung roti. Bisa diulangi untuk hasil pelapisan maksimal jadi lebih krispi.
7. Diamkan setidaknya 30 menit di kulkas agar tepung roti menempel sempurna
8. Goreng sampai kecoklatan. Sebenernya digoreng sebentar pun nggak papa asal bagian luar udah coklat. Lebih cepet kalau adonan kecelup minyak semua (deep frying—cieeee ngerti bahasa Inggris juga nih :p)

bola-bola elbow

Alhamdulillah, Vio yang lagi musuhan sama nasi lahap bener makan ini. Pokoknya kalo bola-bola begini, Vio pasti suka. Apalagi kayaknya dia tahu deh emaknya juga demen, jadi semangat karena ada saingan. Agak ribet sih prosesnya, tapi puas. Anak senang, ibu kenyang *comot satu lagi*.

 
12 Comments

Posted by on September 23, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , ,

12 responses to “Bola-bola Lagi-lagi Bola

  1. Oci YM

    September 23, 2012 at 1:50 pm

    Wah, coba buat juga ah, Nai suka banget pasta. Ini bikinnya lebih gampang daripada bikin nuget hehehe… tapi kalau ditambah daging sapi, ayam, atau udang enak juga yah Mbak. Btw, sukaaaaaa deh sama futu-futunya, ajarin dong Mbak ^_^

     
    • dapurhangus

      September 24, 2012 at 12:29 am

      ajarin? angkat tangan kalo disuruh ngajarin hehehe… aku aja motonya masih belepotan. Sering-sering liat foto-foto di tabloid aja kalo aku sih🙂.

      Ini resepnya gampang banget, cuma ribet sih kalo aku hehe… *pemalasan*. Tentu tambah daging ayam lebih enak. Mauuuu… *loh*

       
  2. Lidya

    September 23, 2012 at 3:29 pm

    enak ya mbak jadi ngiler. aku tahu tuh tempatnya tupperware hahaha sotoy ya

     
    • dapurhangus

      September 24, 2012 at 12:15 am

      benerrrrr… emang tupperware dari mbak Titi ituuuuu

       
  3. adhiarsi

    September 24, 2012 at 9:15 am

    haiiyyy dirimuuhh…. sang pengirim sendok2 kayu itu ternyataa ihihihi :p

     
  4. titi esti

    September 25, 2012 at 12:47 am

    kuping panassss.. disebut sebut ajaaa… dimana mana… ini mau mengorbitkan diriku apa menjerumuskan yah ?😀

     
    • sondangrp

      September 26, 2012 at 5:21 pm

      tumben soudzon mbak hahahaha.
      Ini biikin ngiler malam-malam sambil mompaaaaaa….tapi kau sendiri bilang bikinnya ribet, langsung males deeeeh…mbak titi, bikin doooongs

       
    • dapurhangus

      September 26, 2012 at 5:28 pm

      mengorbitkan dong hahaha… jadi model iklan celemek mau ga mbak? serius iniiii…

       
  5. Raudah

    September 25, 2012 at 3:38 am

    wah…perlu dicoba nih, dari photonya aja udah menggugah selera.
    makasih resepnya ya mba

     
    • dapurhangus

      September 27, 2012 at 4:51 am

      sama-sama, silahkan dicoba. Enakkkk…

       
  6. Ceola

    October 17, 2012 at 8:39 am

    Wonderful website. Lots of helpful info here. I’m sending it to several buddies ans also sharing in delicious. And certainly, thanks on your sweat!

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: