RSS

Cordon Bleu KW 10

26 Aug

Waktu jadi panitia ospek jurusan beberapa tahun lalu, chicken cordon bleu sempet jadi polemik. Cieeee…bahasannya agak serius mengingat panitia di angkatan saya menyediakan konsumsi yang namanya aja tampak mahal, apalagi harganya. Apalagi waktu itu kan masih jadi mahasiswa, jadi 13 ribu jaman itu muahalll banget!

Bagi kantong saya, 13 ribu bisa buat seharian makan. Karena saya dari kota kecil di Jawa Timur, tinggal di kampung pula, ga ngerti apa sih yang disebut-sebut cordon bleu itu. Ya detik itu rame ngomongin chicken cordon bleu ya sudah pastilah saya belum pernah makan.

Setelah nyobain cordon bleu pertama kali, saya hepi banget walaupun kecewa juga ternyata ‘cuma begitu’ hihihi… Kesimpulan saya sih, daging ditipisin, dikasih keju dan daging asap, lalu dibungkus breadcrumb alias tepung roti. Gampang kalau mau bikin sendiri, cuma ya saya nggak pernah kepikiran mau bikin juga sih hehehe…

Ternyata eh ternyata, suatu hari di bulan Januari, saya harus mengosongkan freezer karena bunga es-nya udah nggak nahan. Pintu freezer ga bisa ditutup rapat karena bunga es. Jadilah dua potong fillet dada ayam saya eksekusi. Saya cuma mengandalkan feeling aja, mungkin daging ayam dipadu keju leleh akan sangat lezat.

Jadilah saat itu saya bikin ini, sebelum matang, saya nggak kepikiran namanya apa hehehe…

Bahan:
2 potong fillet dada ayam (masing-masing sekitar 150-200 gram) 2 slice keju
2 slice daging asap (saya nggak pake karena memang gak pernah beli daging asap) 1 butir putih telur (kocok dengan garam dan merica secukupnya) 100 gram tepung roti
2 sdm tepung terigu/kanji

Bumbu fillet ayam (aduk rata)
1 siung bawang putih ukuran agak besar
1/2 sdt lada hitam
Gula, garam, merica secukupnya (saya pake gula garam 1 sdt, merica 1/2 sdt, bisa ditambahkan sesuai selera)

Cara membuatnya cukup mudah. Cuma perlu kesabaran ekstra plus perut kosong aja biar semangat hihihih… Berdasarkan pengalaman saya, memasak ketika perut kosong itu biasanya lebih semangat lho! Bener kan? Nanti ketika masakan mateng, malah udah kenyang hahaha..

Belah horisontal fillet ayam, namun jangan sampai terputus. Sisakan sedikit daging untuk menahan keju slice tetap di tempat nantinya. Setelah itu, tipiskan dengan alat pemukul daging (bahasa kerennya sih meat tenderizer hehehe… ). Saya nggak punya, jadi saya pake ulekan aja. Pokoknya sih manfaatkan semua peralatan yang ada, jangan sampai ulekan disalahgunakan untuk nyambit tetangga yang kepo atau anak tetangga yang jorok *yukkk curhat :p*

Setelah tipis dan agak melebar, bumbui ayam dengan bumbu, diamkan di lemari es setidaknya satu jam. Tujuannya? Biar makin lapar jadi nanti makan jadi makin semangat hahahah…. Ya enggak dong, konon suhu yang dingin membuat bumbu meresap lebih cepat. Ga percaya? Silahkan google yak :p, daripada saya dibilang kebohongan publik wek!

Setelah bumbu meresap, masukkan keju dan daging asap di antara daging yang tadi sudah dibelah. Baluri fillet dengan tepung terigu/kanji agar kesat lalu cemplungkan ke kocokan putih telur. Gulingkan ke tepung roti lalu diamkan 30 menit di kulkas. Goreng sampai kecoklatan dengan minyak panas dan api kecil.

Oya, saya sajikan dengan saus abal-abal ala saya sendiri. Bahannya 1 siung bawang putih, 150 ml kaldu ayam (saya buat sendiri, biasanya stok), 1/2 siung bawang bombai ukuran kecil. Geprek bawang putih, iris kecil memanjang bombai lalu tumis dengan minyak secukupnya. Setelah wangi, tuang kaldu lalu bumbui dengan sedikit garam (karena kaldunya sudah saya kasih garam), oregano, lada hitam, kecap (1 sdm), dan sedikit gula (bisa pakai gula merah dan skip kecap). Agar agak kental, saya tambah maizena 1 sdm yang dilarutkan ke sdm air. Masukkan maizena perlahan ketika kaldu ayam mulai meletup-letup. Aduk rata, dan jadi deh.

Saya baru kepikiran ternyata penampakan ayam olahan tadi mirip cordon bleu tanpa daging asap, jadi saya namakan saja cordon bleu KW 10 hahaha… Rasanya enakkkkk… Sambil makan saya memuji diri sendiri gitu bisa bikin cordon bleu *plak!*

Oya, ini bisa juga dipanggang. Saya kan bikin 2 potong, satunya digoreng dan satu lagi dipanggang. Waktu itu belum baca posting Otty The Urban Mama tentang cordon bleu panggang ini, jadi setelah dipanggang, saya goreng lagi *hiyaaaa cupu abis dan ga hemat energi*. Nanti di link-in ke postingan Otty kalau udah OL di PC ya teman-teman. Selamat mencoba ^^

 
14 Comments

Posted by on August 26, 2012 in Kisah di Balik Rasa

 

14 responses to “Cordon Bleu KW 10

  1. titi esti

    August 26, 2012 at 9:20 am

    Kirain gambar tahu iriiisss *maapmototuwo*

     
  2. poetri

    August 26, 2012 at 11:29 am

    Waaaw tampak lezat..
    Gimana caranya supaya daging ayamnya matang tp luarnya nggak gosong / tetap cantik warna coklatnya? (pertanyaan orang yg gak (bisa) pernah masak)

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 9:41 pm

      Dagingnya ditipisin itu salah satunya, Put, jd ga terlalu tebel. Kalau aku sih pake minyak panas sedang kayak goreng tempe, api juga sedang tapi ayamnya kerendem di minyak. *berdoa semoga tipsnya ga salah*

       
  3. Lidya

    August 26, 2012 at 3:14 pm

    walaupun kw aku bisa contek loh mbak🙂 kebetulan punya ayam fillet dirumah

     
  4. Ceritaeka

    August 27, 2012 at 5:41 am

    Aku anuh, rasanya ribet masak ini😀 jadi biasanya gue beli aja hahahha

     
  5. Pakde Cholik

    August 27, 2012 at 11:44 pm

    Ini untuk lauk atau diganyang sebagai snack jeng ??
    Kalau bikin masakan baru sebaiknya memang pakai nama yang wahhhhh agar kereeeeen jeng
    Kayaknya uenak nich

    Salam hangat dari Surabaya

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 1:44 am

      Buat lauk sebenernya Pak Dhe, tapi kalau diganyang ya jatuhnya jadi cemilan mahal.

      Salam hangat balik dari Kediri🙂

       
  6. Erwin

    August 28, 2012 at 12:24 am

    Salam kenal mbak…
    dapat linknya dari blognya pak Dhe…
    resep yg lezat kelihatannya nih, perlu dicoba…

    Salam…

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 2:00 am

      salam kenal balik, terima kasih sudah berkunjung🙂. monggo dicoba resepnya.

       
  7. imamboll

    August 29, 2012 at 2:23 am

    pagi pagi gini liat makanan, jadi laper nggak ketulungan nih mbak

    btw, chicken gordon bleu itu apa ya, maklum saya orang ndeso g pernah maem yg aneh2

    minal aidin wal faizin ya mbak

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 1:49 am

      Cordon bleu ya yang kayak begini aja mas, daging ayam pake keju dan dging asap dibungkus tepung roti. Nah, kalau ditanya asalnya dari mana, nggak tau juga heeee… sebenrnya cuma bisa makannya saya ini.

       
  8. Woro

    August 29, 2012 at 7:59 am

    kayanya enak mba apalagi kejunya banyak bangettt

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 1:43 am

      iya mbak, sebenernya lebih enak kalau pake cheddar yang diiris agak tebel.

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: