RSS

Cumi Krispi Menarik Hati

24 Aug
Cumi Krispi Menarik Hati

Salah satu penemuan terbaik sepanjang masa bagi saya adalah freezer. Karena ada freezer di dunia ini, saya bisa masak cuma sekali seminggu saja. Jadi, saya punya banyak waktu untuk membaca buku, chit chat dengan teman, main di social media, ngeblog, daaannnnn mantengin cowok ganteng di drama Korea uhuyyy! :p.

Saya terinspirasi dari oncemomamonth.com . Ibu-ibu bule di luar sono masak cuma sekali sebulan lalu dibekukan di freezer sesuai porsi yang dibutuhkan dan dipanaskan setiap mau makan. Setelah baca itu, tring, ada lampu di otak saya yang biasanya gelap. Saya ingin melakukan hal yang sama dengan ibu-ibu bule biar ga tiap hari kemluthek (bahasa Jawa yang artinya klutekan halah heheheh) di dapur. Tapi ya level saya baru seminggu sekali sih, kalau sebulan belum level kayaknya.

Salah satu menu seminggu sekali yang saya bikin adalah cumi krispi. Saya beli cumi setengah kilo saja karena di rumah cuma ada 2,5 kepala (yang kecil diitung setengah saja hihihi…).

Caranya guampaaaangggg banget deh! Pertama, cuci bersih cumi lalu kucuri dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon biar nggak amis. Bilas lagi sampai sisa-sisa air jeruk lemon hilang. Katanya sih kalau nggak dibilas, bisa bikin pahit ya.

Potong bentuk cincin kira-kira setebal setengah senti. Bumbuin garam, merica, dan garlic powder (kalau saya pake gula pasir juga). Diamkan beberapa jam atau semaleman di kulkas. Saya biasanya cuci cumi dulu sebelum masak yang lain, jadi nanti yang lain sudah selesai, cumi siap diolah.

Setelah didiamkan dengan bumbu, tiriskan cumi. Balut cumi dengan tepung beras (bisa pakai tepung apa saja, kanji, terigu juga oke sih). Saya pake tepung beras karena bisa bikin krispi juga nanti setelah digoreng.

Celupkan cumi berbalut tepung ke kocokan putih telur (kuningnya saya simpan buat bikin kukis yayyyyy!). Kadang kalau telur tinggal dikit, saya tambah air putih biasa. Karen saya pengen bumbu meresap di tiap lapisan, saya bumbui juga putih telur dengan garam dan merica sedikit saja.

cumi goreng krispi

Setelah itu gulingkan cumi di tepung roti. Saya biasa pakai tepung roti tanpa merk yang dijual di toko bahan kue. Selain lebih murah, tepung roti (breadcrumb) kasar ini juga tawar, ga gurih kayak tepung roti yang ada merknya di supermarket. Warnanya juga ada berbagai macam, ada oranye, putih, dan kuning. Untuk lapisan lebih tebal, ulangi melapisi telur-tepung roti.

cumi krispi

Saya simpan dalam plastik dengan klip per porsi lalu masukkan ke freezer. Sip, tinggal digoreng saja tiap mau makan. Bisa dimakan dengan tumisan, sayur bening, atau dicolek ke saos sambal.

Cumi ini krispi dari tepung roti. Menarik hati karena 2,5 kepala di rumah ini suka semua. Hari pertama pasti rebutan, hari ke-2 mulai ogah-ogahan, hari ke-3 skip dulu cumi goreng, hari ke-4 liat cumi mau muntah saking bosennya, hari ke-5 udah ga pengen liat freezer, hari ke-6 berdoa kapan cumi ini habis dan ganti menu lain hahaha…

 
21 Comments

Posted by on August 24, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , ,

21 responses to “Cumi Krispi Menarik Hati

  1. walankergea

    August 24, 2012 at 4:06 am

    Enaknya disantap pake sambal apa ya Bunda? Kalau habis digoreng kering gitu trus dibikin saus teriyaki enak kayaknya ya….🙂 Laperrrr (sambil nunggu nasi matang😦

     
    • dapurhangus

      August 24, 2012 at 5:21 pm

      Enak dong pastinyaaaa… Tapi disiram aja sausnya, jangan cuminya sekalian dimasak. Kalo sekalian dimasak bareng saus teriyaki, cuminya bakal lembek. Hemmmm…jadi pengen huaaa…. plus nasi anget apalagi, subhanallah ^^

       
  2. Lidya

    August 24, 2012 at 5:21 am

    trik ini cocok buat aku nih mbak yang gka punya ART, tapi bisa tetap masak sendiri ya

     
    • dapurhangus

      August 24, 2012 at 5:19 pm

      cocok buangettttt…. Apalagi buat aku yang sering pemalasan di dapur tapi hobi fesbukan/twitteran hihihi…

       
      • Fenny Ferawati

        August 25, 2012 at 12:36 am

        Kalo hobi fesbukan/twitteran bisa buat bisnis Oriflame Online neh mb😀

         
  3. Fenny Ferawati

    August 24, 2012 at 9:36 am

    Dulu pernah dikasih tips ini sama dosen Fenny *dosennya laki-laki tapi suka browsing :D* cuma belum terealisasi *belum punya freezer ;( *

    Web referensinya ini bukan mb? —> http://onceamonthmom.com/

     
    • dapurhangus

      August 24, 2012 at 5:19 pm

      benerrrr mbak Fenny, tadi posting pake hape nih sekalian mau dibenerin link-nya. Makasih ya mbak😀

       
  4. Aulia Rahman

    August 25, 2012 at 11:00 am

    Mau dong mbak😀, salam kenal yah….

     
    • dapurhangus

      August 26, 2012 at 12:21 am

      bikin sendiri dong hehehe…. Salam kenal juga😀

       
  5. Jeng Anna

    August 25, 2012 at 3:02 pm

    mbak ini tanpa di rebus dulu ya…..aku gak suka masak cumi karena gak tau caranya nih.

     
    • Ika Rahma

      July 29, 2013 at 12:32 pm

      ga usah direbus mbak🙂

       
  6. ade

    August 27, 2012 at 8:36 am

    ehmmm enakenakenak…..mw tw dongg resep yg biasanya masuk freezer tuh pa aj?bosen nih masukin ayam aj,bikin eneg hehhehe…makasih ya mbak😀

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 1:47 am

      Aku baru bisa cumi, udang, ayam ungkep, sama bandeng presto aja, sambel goreng ati🙂. Yang lain-lain masih belum nyoba hehehe…

       
  7. pbasari

    September 2, 2012 at 1:04 pm

    halo. salam kenal. saya pernah diajarin teman bikin cumi goreng tepung ini, direndem air kapur sirih dulu biar crunchy. jadi males bikinnya karena musti cari2 kapur sirih he he. ini ga pake rendeman tetep krispi?

     
    • dapurhangus

      September 3, 2012 at 4:10 am

      Salam kenal mbak, ini sederhana aja, aku ga bisa masak yang susah apalagi ribet. Tanpa direndem aja udah krispi karena pake tepung roti🙂

       
  8. Social Bookmarking Submission

    September 8, 2012 at 9:08 am

    If you want to get social bookmarking backlinks that will help skyrocket your website search engine ranking straight to the top, check out this site http://socialbookmarksubmission.org/

     
  9. Mama H2C

    March 21, 2013 at 8:47 am

    Yummy…
    Tapi kalo 6 hari makan menu Чά‎​πƍ sama terus…ampun DJ daaahhh

     
    • Ika Rahma

      March 22, 2013 at 8:13 am

      aku ga papa sih menunya sama, asal ga perlu masak dr awal hehehe…

       
  10. siwi

    July 31, 2013 at 11:34 am

    enyaaaakkk boleh juga niy buat cemilan…#omaigatnyemilnyaseafood :p.
    mba,,aku kalo bikin koq tepungnya kaya lagi musuhan ya sama cuminya..kaga mau nempel..jdnya berantakan gak cantik gitu…heuuuuuu

     

Leave a Reply

 
