RSS

Almond Button, Serasa Makan Biskuit Bayi

17 Aug
Almond Button, Serasa Makan Biskuit Bayi

Hari ini Indonesia merdeka, konon proklamasi 67 tahun lalu pun jatuh pada Jumat juga *cieeee tahu kan saya, yaiyalah nanya dulu ke mahasiswa sejarah :p*. Sayangnya hari ini saya tak semangat. Membayangkan tak berlebaran bersama adik-adik membuat saya sedih. Makan tak enak, tapi tidur tetap nyenyak *nah lo?*. Sambil males-malesan, saya pengen ngemil sambil dengerin lagu-lagu mellow yang langganan nangkring di playlist waktu masih kost di Jatinangor dulu. Langsung deh bawaannya pengen menyendiri, nyanyi kenceng-kenceng sambil nyeruput cappucino. Mungkin ini yang disebut galau sama para ABG itu ya? Baru ngeh saya beginilah rasanya galau.

Daripada galau berkelanjutan, saya main-main timbangan aja, buka buku resep yang banyakan coretan Vio daripada resepnya. Apalagi isi kulkas harus dikurangi mengingat bakal ditinggal mudik seminggu. Timbang terigu, kasih almond bubuk, timbang margarin dan butter lalu campur gula. Kasih sedikit garam biar adonan agak gurih. Jadilah sebuah adonan yang entahlah jadi apa namanya. Setelah mateng, saya baru kepikiran ini namanya almond button. Dan sesuatu banget, saya merasa makan biskuit bayi.

biskuit tekstur lembut seperti biskuit bayi

Bahan:
125 gram margarin+butter (saya pakai 50 gram butter Orchid, 75 gram BOS Filma. Namanya juga ngabisin stok butter, jadinya butter seadanya aja)
30 gram almond bubuk (sisa di kulkas aja segitu)
150 gram terigu protein rendah
50 gram gula pasir (mungkin sebaiknya pakai gula tepung ya, tapi kan saya ga punya jadi pakai seadanya aja gula pasir lokal yang warnanya kuning gitu, ternyata manis banget bo!)
Sejumput garam
Almond flakes secukupnya (saya pake 2 sdm karena adanya segitu, agak-agak dihancurin juga biar semua bisa kebagian almond-nya)

resep biskuit bayi milna wannabe

Ukurannya mirip Milna juga, ga sengaja ini sih hihihi

Cara membuatnya cukup mudah. Campur butter dan margarin dengan gula. Kalau mau pake mikser sih boleh saja, tapi saya ga rela karena saya ga punya hahaha… *sirik mode on*. Campurnya sampe gimana? Ya kira-kira butter udah lembut aja, gula udah agak larut. Karena pakai gula pasir, saya ngaduknya agak lama, sekitar 10 menit belum termasuk nglamun dan ngomel-ngomel karena Vio numpahin terigu.
Di wadah terpisah, campur terigu, almond bubuk, almond flakes, dan garam. Bagian ngaduk ini sih si Vio ya, dia udah hafal banget kalau emaknya bakal ngomel kalau terigunya tumpah. Jadi dia ngaduk sambil terus meracau nih bu ndak tumpah, aduk-aduk Vio ndak tumpah. Tapi ya namanya anak-anak tetep aja tumpah sih, yo wislah saya pasrah saja.
Campur kedua adonan sampai merata. Lebih baik masukkan campuran terigu ke campuran butter. Terigunya masukin sedikit demi sedikit saja biar ngaduknya gampang. Setelah merata, adonan siap dibentuk.
Saya timbang adonan 10 gram, bentuk bulet lalu tata di loyang dan diberi jarak agak jauhan biar bisa lencang depan ga tabrakan gitulah. Emang mereka mau upacara 17an? Iya dong pastinya, kue juga mau ikut merayakan kemerdekaan.
Panggang di oven suhu 170 derajat selama 45 menit. Saya sih pakai api atas 15 menit terakhir karena kok kuenya ga keras-keras. Seperti bisa ditebak, endingnya adalah tereret totttt gosong dikit :p *tetep*. Eh, tapi kan ga keliatan ya di foto, itulah jasa sotosop. Keren kan? hahaha…

Sebenernya agak-agak terjadi accident ya, saya lupa masukin kuning telur yang udah saya pisahin dari putihnya. Karena ga konsen, kuning telur tetep nangkring manis di atas kompor sementara adonan udah seloyang yang mateng. Yah, biasalah kalo odong-odong ya begini hasilnya. Tapi ga pa pa sih, enak aja ternyata rasanya. Malah nemu tekstur kue mirip biskuit Milna. Saya bilang mirip ya, ga sama persis loh, takut dituntut sama pabrik Milna kalau saya bilang sama.

Rasanya gimana? Enak ga? Biasa aja sih, tapi dibanding pie strawberry yang saya bikin 2 hari lalu, Vio lebih suka yang ini. Mungkin karena teksturnya melt di mulut ya, dia ga perlu ngunyah. Saya sih jujur ga terlalu suka karena jadinya kayak makan butter. Kalau Vio kan doyan tuh butter mentah juga, jadi dia hepi juga emaknya bisa bikin yang kayak gini hihihi…

resep biskuit lembut

Jadilah hari ini baking sambil galau ditemani lagu-lagu galau jaman masih muda dulu. Untung dulu belum ada Seven Man as Seven Heroes aka SM*SH. Kalau udah ada SM*SH, bisa-bisa kegalauan saya kali ini disertai koreografi ala-ala boyband alih-alih bakal bikin kue hahaha… Pasti chibi-chibi banget kan ngebayangin emak-emak nari-nari di dapur pake celemek sambil bawa-bawa kuas buat oles mentega. Ssssttt sudahlah tak perlu dibayangkan lagi, coba saja resepnya. Oke🙂.

Oya, tak lupa juga saya berdoa tepat di hari kemerdekaan Indonesia tercinta. Ya Allah, bebaskan Indonesia dari jajahan boyband dan girlband. Aminnnn….

 
12 Comments

Posted by on August 17, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , ,

12 responses to “Almond Button, Serasa Makan Biskuit Bayi

  1. Kukuh Nova Putra

    August 17, 2012 at 9:47 am

    Waaah, enak tuh😀

     
  2. Lidya

    August 18, 2012 at 7:12 am

    boleh juga dicoba nih mbak resepnya

     
    • dapurhangus

      August 22, 2012 at 4:28 am

      boleh dong pastinya, monggooo….

       
  3. Pakde Cholik

    August 18, 2012 at 8:18 am

    Pasti di meja jeng Rahma sudah bertengger kue lezat ini ya.
    Lha wong pinter masak gitu kok katanya gak bisaaaa
    Salam hangat dari Jombang

     
    • dapurhangus

      August 22, 2012 at 4:33 am

      Nggak bikin kue Pak Dhe, pulang mudik dari Majelengka istirahat sehari trus ke Kediri. Semoga di Kediri disambut ketupat. Aminnnn😀

       
  4. Julia

    August 31, 2012 at 4:21 pm

    ahhhhh… gak ada almond disini T___T

     
    • dapurhangus

      August 31, 2012 at 10:13 pm

      Asyeeek bisa buka PO almond utk wilayah Berau dan sekitarnya wekekeke…

       
  5. ivonie

    February 12, 2014 at 11:34 pm

    mbaak, nyontek resepnya yaa, makasih

     
  6. mika

    March 14, 2015 at 10:14 pm

    mbae… minta resepnya y… wat varian si kk kl udh blh makan… ^^

     
  7. echaimutenan

    April 20, 2015 at 11:18 am

    Pengennnn bikin tapinyaaaaaa…contek yaaa

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: