RSS

Maunya sih Strawberry Pie

15 Aug
Maunya sih Strawberry Pie

Sungguh mood yang baik itu mahal harganya. Setelah sukses bikin nastar, langsung ilang deh mood mau bikin nastar lagi. Jangan dikira saya tertantang nyobain resep baru selain nastar, bukan, bukan itu! Justru kayaknya trauma deh gara-gara nastar itu begitu ribet, harus ngebuletin, ngasih isian baru masuk oven. Sementara itu, kecepatan abisnya setoples nastar melebihi kecepatan cahaya. Ya amplop!

Ditambah pula, sebenarnya saya tak kreatif mau bikin-bikin sesuatu. “Konsep oke, ekseskusi nol besar,” begitu komentar Chef Juna pada saya *ngok!*. Walaupun sudah sepenuh hati, entah mengapa tetep saja penampakan kukis saya tak sedap dipandang mata. Walaupun kenyataannya rasanya enak *saksi kuncinya suami dan Vio nih!*, siapa yang percaya kalau nggak dikasih. Saya sendiri ogah percaya orang lain bisa bikin kue kalau saya ga dikasih wekekek…

Nah, sekarang saya niat bikin strawberry pie dari selai strawberry nyaris dodol saya. Asli selai strawberry bikinan saya ini enak banget, manisnya pas, legitnya pas. Karena nyaris jadi dodol, malah lebih gampang dibentuk. Step pertama, saya bentuk bulat lonjong dulu selai ini, biar gampang gitu nanti pas eksekusi pie-nya. Rencananya saya sih bikin flowery pie, tapi ya entah ya, silahkan diartikan sendiri ini bentuknya apa *tutup mata*.

pai stroberi

Resepnya saya ambil dari resep nastar, dengan sedikit perubahan. Saya ganti butter orchidnya dengan margarin (saya pakai Blueband cake and cookies). Konon kata orang yang jago bikin kue kering, margarin bikin adonan agak keras, ga terlalu ngepros, jadi sesuailah dengan tekstur pie sebenarnya *dengan kata lain sih lebih hemat di kantong mengingat margarin harganya cuma 1/3 butter hehehe…*. Biar gampang, saya ketik ulang saja ya resepnya.

Bahan
150 gr campuran butter dan margarin (saya pake campuran Wysman dan Blueband biar lebih hemat di kantong saya dan kantong suami)
50 gram gula tepung
180 gram terigu protein rendah
2 butir telur
30 gram maizena
27 gram susu bubuk (saya pakai Dancow sachet)

Pai stroberi resep
Step by step
1. Aduk butter dan gula tepung sampai lembut dan rata, masukkan kuning telur, aduk rata kembali. Seperti kebiasaan sebelumnya, saya aduknya cuma pakai garpu saja. Kalau pakai balon whisk males bersihin sisanya, mau pakai mixer nggak punya.
2. Campur terigu, susu, maizena sampai rata, masukkan perlahan dan bertahap ke adonan butter+telur. Aduk rata dengan spatula.
3. Saya gilas adonan pakai rolling pin warna pink punya Vio *penting banget infonya*, lalu pakai cookie cutter bunga. Taruh isian di tengahnya, lalu lipat sisi kiri kanan sehingga bentuknya seperti bunga atau cengkeh, atau apalah.
5. Setelah adonan diisi selai, atur di loyang yang telah dioles margarin atau dialasi silpat. Beri sedikit jarak biar nggak desek-desekan. Nantinya pie agak mengembang
6. Panggang 150 derajat Celcius selama 30 menit. Saya belum match sama si oven, ga tau deh pas batch pertama bisa ngepros tapi pas batch ke-2 agak keras. Tapi ya rasanya sih sama aja :p *membela diri*
7. Pie siap dinikmati. Kalau di rumah saya, sebelum masuk toples pun udah ilang setengah loyang, ga tau deh sama siapa. Ada orang yang hobi mengamankan pie agak retak, nyaris pecah di perutnya. Ciri-cirinya dia cantik, kurus, dan semampai *udah ketebak kalau cantik itu siapa hahaha*.

Janji saya kepada seluruh umat manusia untuk menyulap strawberry jam nyaris dodol udah terpenuhi *cieeeee*. Meskipun ga cantik-cantik banget, tapi setelah dibikin 2 hari lalu, lenyap saja tak bersisa. Ada oknum tikus rambut item yang mengosongkan toples. Nanti lebaran, tamu di rumah mau disuguhi toples kosong aja >.<. Oh tidakkk….

 
2 Comments

Posted by on August 15, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

2 responses to “Maunya sih Strawberry Pie

  1. Myra Anastasia

    August 15, 2012 at 1:52 pm

    hihihiih… kl gt bikin kukernya pas takbiran ajah😀

     
    • dapurhangus

      August 15, 2012 at 1:57 pm

      Pengennya sih gitu ya, tapi kan ya nanti entah masih mood atau enggak. Niatnya suka senin oye, selasa oke, kamis memble gitu eike mah😀

       

Leave a Reply

 
