RSS

Mendadak Keju

15 Aug
Mendadak Keju

Duluuuu sekali, saya benci keju. Menurut saya baunya mirip ketek, asem-asem ga enak, bikin eneg dan memicu pengen muntah. Tapi sejak ke klinik Tong Pang, keju jadi negejar-ngejar saya #eaaaa… Sebenernya karena saya ga suka minum susu putih, makanya saya juga ga suka keju. Pertama icip ga suka, ke dua makan agak naksir, ke tiga makan mulai ketagihan, selanjutnya rebutan sama adek-adek, pas udah punya anak ya melotot kalau Vio ngabisin keju.

Tapi anehnya, walaupun nggak suka keju, saya tetep doyan kastengel. Ga tau kenapa ya, kalau diadepin setoples kukis ini, pasti deh bakal nyomot barang sebiji atau dua puluh biji hehehehe. Maunya sih setoples ya, tapi takut dibilang rakus. Dulu, saya lupa-lupa inget ibu saya pernah bikin kue lebaran yang pake keju edam juga, tapi entah kok bentuknya bulet lonjong dan seinget saya digoreng. Nah, itu enak juga, tapi herannya ibu saya ga pernah mau lagi bikin setelah itu. Tau sebabnya? Sebelum lebaran saya curi isi toplesnya. Mungkin ibu saya trauma hihihi…

resep kue kering keju kastengel

Ini pertama kalinya saya bikin kastengel, bentuknya ga kayak kastengel pada umumnya. Bukan karena pengen antimainstream, tapi karena udah pegel kok adonan ga abis-abis. Awalnya sih dicetak bulet lonjong panjang, tapi ternyata sungguh lama. Udah dasarnya kesabaran saya ga setebel sendal swallow, ditambah kok makin lama taburan kejunya makin dikit aja dicomotin Vio, jadi harus berkejaran dengan kecepatan tangan Vio dan rayuan mautnya, “Bunda Ibu cayang, baeh Piyo makan keju? Jangan mayah ya ya Piyo mau dikit ya,” sambil ngoceh juga tangannya terampil ngambil keju parut.

resep kastengel keju edam

Saya ambil resep dari Sajian Sedap, tapi menurut saya kurang memuaskan. Eits, bukan resepnya sih yang salah, sepertinya saya aja yang kurang kuat gilesnya jadi kastengelnya ga meprul karena kurang padet. Abisnya pake roling pin mainan Vio sih, salah siapa cobaaaaa???

Oya, judul aslinya di Sajian Sedap kan kastengel tabur parmesan, tapi parmesannya saya ganti pake keju cheddar biasa. Biar ekonomis ya bo, mengingat keju edam alias keju tua itu lumayan mahal juga. Tua-tua keladi tuh si keju edam, makin tua makin mihil. Sebagian saya modifikasi sesuai tingkat

Bahan:
200 gram butter (saya pake 100 gram Wijsman dan 100 gram Blueband cake and cookies)
1 kuning telur
1/2 sendok teh garam (saya ga pake, takut keasinan)
30 gram susu bubuk (saya pake Sancow sachet 27 gram)
270 gram tepung terigu protein sedang (saya pakai protein rendah, mungkin ini juga ya yang bikin beda sama kastengel di bakery ngetop?)
150 gram keju edam, diparut panjang dan tebal
3 kuning telur untuk olesan (saya pake satu aja dalam rangka pengiritan :p)
3 sendok makan parmesan untuk taburan (diganti cheddar secukupnya, makin akhir makin dikit taburannya karena abis hehehe…)

Cara membuat:
Kocok margarin+butter sampai lembut. Tambahkan kuning telur. Aduk merata.
Tambahkan susu dan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata.
Masukkan keju edam. Aduk rata.
Gilas adonan lalu bentuk sesuai selera. Letakkan potongan adonan di atas loyang yang sudah dioles margarin atau dialasin silpat (ga punya silpat, beli dongggg *promosi terselubung*).
Oles kuning telur. Tabur cheddar yang diparut dan sedikit diremas biar berbubuk mirip parmesan *parmesan odong-odong KW 5*.
Oven 35 menit dengan suhu 170 derajat Celsius.

Wah, pas si kastengel dipanggang, rumah saya jadi bau keju. Wangiiiii banget. Jadi ga perlu beli pengharum ruangan aja wanginya udah enak. Lumayan pengehematan kan? *ditimpuk keju edam*.

Oya, saking banyaknya adonan, satu resep jadi 2 toples ukuran sedang. Tau toples warna-warni yang lagi ngehits sekarang kan? Nah, bisa jadi dua toples warna-warni itu ukuran paling kecil. Lumayan banget kan? Ya iyalah adonannya banyak, saya malah tidur siang dulu setelah pemanggangan batch pertama selesai, lumayan pegel juga. Silahkan mencoba resepnya, semoga kastengel Anda lebih enak dari punya saya. Jangan lupa, saya dikirimin juga hehehe…

 
14 Comments

Posted by on August 15, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , ,

14 responses to “Mendadak Keju

  1. tsulamit

    August 15, 2012 at 2:19 pm

    hhhmmm… nyam nyam😀

     
  2. en kuz

    August 16, 2012 at 1:56 am

    wkwkwkwkwk.. si vio bisa ajah.. #sak kal mbayangne anakq yg lagi crewet2nya…

     
  3. rina susanti

    August 16, 2012 at 2:03 am

    bikin giler….kataknya mba juga punya bakat fotograpi nich….fotonya bagus2…

     
    • dapurhangus

      August 17, 2012 at 7:07 am

      Makasih mbak Rina, big thanks to photosop hehehe…

       
  4. amimoys

    August 16, 2012 at 2:05 am

    mampir ke blog ika yang ini, pas lagi puasa, rasanya agak salah gitu ya.. gleg. *nanar memandangi foto*

     
    • dapurhangus

      August 17, 2012 at 7:08 am

      Ya muup eaaaa kaka Ami, aku ga puasa soalnya, jadi bisa total gitu bikin kue sambil icip2nya. Tinggal itungan aja bayar utang puasa banyak huhuhu…

       
  5. Lidya

    August 16, 2012 at 5:21 am

    gak kuat kalo liat keju nih mbak. mauuuuu🙂

     
    • dapurhangus

      August 17, 2012 at 7:05 am

      Hahaha… ya maap ya bukan niat mau bikin pengen orang lain, eike juga kalau liat kastengel pengennya langsung lep aja gitu ga pake diplomasi dulu.

       
  6. Al

    August 17, 2012 at 2:44 am

    dududuuu, itu kestengel cantigg beud di pita2in, nampak sodap kali pun *lap iler*
    *pasang iket kepala* saia mo bikin sekarang juga!

     
    • dapurhangus

      August 17, 2012 at 7:05 am

      bikin dong, gampang juga ternyata ^^

       
  7. Delbert Grove

    September 6, 2012 at 7:10 pm

    I just want to say I’m new to blogs and absolutely loved this web site. Almost certainly I’m going to bookmark your blog . You absolutely have beneficial article content. Bless you for sharing your web-site.

     
  8. koleksinadine

    September 9, 2012 at 2:17 pm

     
  9. arurina

    October 24, 2013 at 8:29 pm

    .. ngacai mode on.. (ngacai=ngiler, basa sunda)

     

Leave a Reply

 
