RSS

Me vs Bamboe, Siapa yang Menang?

12 Aug
Me vs Bamboe, Siapa yang Menang?

Salah satu masakan favorit saya dan suami adalah sambal goreng ati. Untuk versi “preman”, ada pete-nya, tapi saya tak akan menyentuhnya sekalipun. Pete khusus buat suami saja. Saya cukup puas abisin ati atau kentangnya saja. Karena gagap dapur, andalan saya buat bikin sambal goreng ati ini adalah bumbu merk Bamboe. Bumbu-nya pas, tinggal tambah gula, garam, dan santan kental saja, tak perlu sibuk mengulek bumbu. Asyik kan?

Bumbu sambal goreng ati merk Bamboe ini recomended banget, saya dan suami cocok rasanya. warna bumbunya juga cantik, merahnya pas, baunya pun wangi. Sepertinya saya tak mungkin berpindah ke lain hati. Plus harganya reasonable alias murce merice (bahasa Indonesianya murah). Kalau beli di Borma, 3800 saja dapet sebungkus, kalau di supermarket lain bisa 4500 sampai 5200, di pasar tradisional 5 ribu juga. Yes, sebut saya tukang survei harga hahaha….

Suatu hari, saya iseng pengen bikin sendiri bumbu untuk sambal goreng ati. Biasalah, keinginan yang terlalu muluk dari seorang chef abal-abal. Pagi-pagi beli sepuluh pasang ati ampela di pasar plus minta dibersihin sekalian. Dulu pertama mengolah ati ampela, saya nyaris nangis bersihin ampelanya. Bener2 ga tau lho kalau di dalem ampela itu ada semacam membran sehingga isi ampela bisa dibuang bersamaan, dan ampela langsung bersih. Saya malah belah ampela, dan membrannya ikut sobek lalu kotoran di dalamnya terburai. Heuuuuu…meneketehe, selama TK sampai kuliah kan saya ga diajarin ya cara bersiin ati ampela, padahal itu penting loh! *penting buat yang gak tau kayak saya*.

Tips abal-abal bersihin ampela adalah belah pelan-pelan ampela. Biasanya di bagian yang berseberangan dengan punuk itu paling tipis, gores di situ. Kalau sudah menemukan membran yang kuning, sobek ampelanya jangan membrannya yang disobek yaaaa…. Bikin sobekan sampai membran dan isinya bisa diambil dan dibuang. Yakin deh yang begini cuma 5 dari 10 orang yang tahu. Hayoooo ngakuuuu *tunjuk idung satu-satu*!

Balik lagi ke sambal goreng ati, bikinnya gampang, cuma agak lama dan butuh proses saja. Tapi kalau sudah jadi, pasti deh puas. Ga tau sih ini bener atau nggak resepnya, penampakannya sih kurang cantik soalnya, ga semerah bamboe punya (kalah 0-1 saya). MAsalah rasa sih udah agak mirip, walau ga seenak Bamboe juga (kalah 0-2). Udah ketauan lah kalau gini pasti Bamboe yang menang hiks hiks *nangis di pelukan Atalarik*.

Bahan:
10 pasang ati ampela, goreng sampai matang, jangan terlalu matang nanti bumbu ga meresap, potong-potong. Boleh juga sih dipotong-potong baru digoreng, tapi saya sih agak jijay masih empuk-empuk gimanaaa gitu. Yes, untuk ini saya cocok banget dibilang masih pemula di dapur kan?
3 buah kentang ukuran sedang, kupas potong dadu, goreng sampai matang kecoklatan. Kemarin, pas bikin ini si kentang goreng ke gep sama Vio, dia meronta minta kentang goreng dan 3/4-nya dengan aman masuk ke perutnya. Heran, padahal abis makan siang loh! Hoooo… sementara stok kentang di rumah ga ada lagi, jadi ya udah pasrah aja dengan sisa seperempat kentang itu hiks
1 papan petai. Busyet ya, pete ini sepapan jelek aja lima ribu dong, mahal bangetttt! Biasanya juga 5 ribu tiga papan. Tapi demi suami tercintah, baiklah sama saya dibeliin juga. Cieeee… prok prok prok.
Satu gelas santan kental dari perasan pertama (dari 3/4 kelapa cukup sih kayaknya ya???? *resep macam ana ini malah nanya ke pembaca? wekekekek* plak!
1 ruas serai, ambil bagian putihnya, geprek
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, geprek
3 lembar dauh jeruk, buang tulangnya, sobek-sobek

Bumbu halus
4 buah cabe merah besar, buang biji
6 biji cabe keriting
2 buah cabe rawit, bisa diadjust sesuai tingkat keinginan pedasnya. Saya ga pake karena Vio juga mau makan sambal goreng ati ini.
2 buah kemiri yang sudah disangrai
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1/2 sdt ebi sangrai
1 cm jahe
1,5 sdm garam (saya suka asin
1,5 sdm gula pasir
Pala bubuk sedikit saja biar wangi

Haluskan bumbu halus pakai blender saja untuk menghormati penemu blender, Stephen Poplawski wekwewwww *untuk menghindari alasan malas*😀

Langkah mengeksekusi
1. Tumis bumbu halus beserta lengkuas, daun jeruk, serai, dan daun salam. Tunggu sampai harum. masukkan ati goreng yang sudah dipotong-potong, biarkan sampai bumbu agak meresap. Jangan lupa kecilkan api biar ga gosong. Jika terlalu kering, tambahkan air matang secukupnya atau santan juga boleh.
2. Bila kira-kira sudah tercampur, masukkan kentang, aduk rata lagi.
3. Masukkan santan dan tunggu sampai santan agak berkurang. Kalau saya, sampai sini ambil daun salamnya karena baunya jadi mendominasi ati.
4. Terakhir, masukkan petai dan tunggu petai agak layu dan santan mulai berkurang, matikan api. Saya suka yang kering dan tak berair, jadi agak lama lagi sih masaknya.

Kalau ada sambal goreng ati ini, saya bisa bolak balik ke dapur cuma buat nyolek sepotong dua potong ati lalu mengambil nasi di magic com dan makan. Begitu berulang terus sampai kira-kira tertinggal seporsi yang didominasi pete saja bagian suami saya. Yuuukkk, istri yang rakus! Abis ini enak banget sih, dibanding ati ampela biasa, rasanya bisa melejit 1000x lebih enak *lebay to the max*. Sementara abaikan berat badan dan jauhi timbangan wekekeke…

Meskipun enak, dengan sedih harus saya akui, Bamboe tetaplah pemenangnya😦. Bamboe, tunggu balasan dari saya!😛

 
7 Comments

Posted by on August 12, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , ,

7 responses to “Me vs Bamboe, Siapa yang Menang?

  1. Oci YM

    August 13, 2012 at 1:18 am

    wah kalo masakan yang ini nih, ibu saya jagonya. bahkan biar tambah rame bisa ditambah tahu dan telur puyuh hihihi… semua bumbu bikin sendiri, belum pernah pakai yang merk bamboe Mbak Ika.

     
    • dapurhangus

      August 14, 2012 at 10:55 am

      Bamboe cuma pertolongan pertama pada ibu-ibu ga bisa masak mbak, kalo udah jago kayak ibu mbak Oci, wah Bamboe lewat dong pastinya ^^

       
  2. Lidya

    August 13, 2012 at 3:12 am

    hmmmm jadi laper nih mbak🙂

     
    • dapurhangus

      August 14, 2012 at 10:57 am

      Maen sini dong, nanti masak-masak kita🙂

       
  3. PT Bamboe Indonesia

    September 2, 2016 at 10:11 am

    Pagi …
    Perkenalkan kami dari PT.Bumbu Bamboe Indonesia ….
    Terima kasih atas ulasan yang telah di buat untuk mengulas bumbu Bamboe …
    Foto dan ulasannya bagus sekali …
    Favorite dari bumbu Bamboe apa ?

     
    • Ika Rahma

      September 4, 2016 at 9:51 pm

      Sop dan sambel goreng ati ini yang favorit ^_^

       

Leave a Reply

 
