RSS

Si Hitam Manis

31 Jul
Si Hitam Manis

Ikut lomba resep? Tak pernah terbayangkan dari lahir bakal pernah saya ikutin. Boro-boro lomba resep, baca resep saja lebih sering nggak ngertinya (kasian dotkom). Satu-satunya hobi saya yang cukup mendukung ikut lomba resep adalah nonton acara masak tiap Minggu, jaman dulu yang ngetop Sisca Soewitomo dan Rudy Choiruddin, Farah Quinn mungkin masih kecil (kecil apanya coba? hehehe…), Juna Rorimpandey juga mungkin masih pake dasi kupu-kupu. Tapi, apakah nonton acara memasak sekonyong-konyong membuat saya bisa ikut lomba resep? Tentu tidak! harus mendaki gunung lewati lembah macam Ninja Hattori dulu.

Nah, pertama kalinya ikut lomba resep-resepan gini baru bulan lalu di Dapur Sehat Bubu, fanpage punya Bubu Mia, admin Homemade Healthy Baby Food. Menang? Tentu saja kalah hihihi, saingannya master macem Mak Vivi Supriadi gitu deh. Tapi, puassssss banget deh, seenggaknya udah berani ikut-ikutan. Setelah itu malah dua kali ikut lomba resep di tabloid, tapi ga menang juga. Kayaknya bakal kapok ya, mending ngadain lomba resep sendiri trus menangin diri sendiri. Yuuk! :p.

Oya, lomba ini kalau menang hadiahnya Tokoyo hand blender, saya juga baru tau namanya hand blender ini, ga tau deh fungsinya buat apaan, yang penasaran silahkan menghubungi Mia di fanpage-nya ya.. Oiya pesan sponsor, Mia ini produksi makanan sehat semacam nugget dan bakso homemade gitu. Rasanya dijamin enak dan dibuat dari bahan berkualitas, tanpa pengawet pula. Dibikinnya sih pake cinta katanya, hebat ya bikin nugget cuma pake cinta, ga pake daging? *ditimpuk hand belnder :p*. Bubu Mia juga menerima pesanan bento lho, buat paket ultah juga bisa. Pokoknya lengkap deh! Harganya dijamin bersahabat, bilang aja temennya Ika yang suka mangkal di pengkolan, pasti dikasih diskon wekekeke…

Ini cuma dikopi dari naskah yang saya ikutkan lomba, yuk cekidot saja😀

***

Cookies free gluten ketan hitam

Si hitam manis, biar hitam tapi manis kayak yang bikin

Pas klutekan di dapur, nemu tepung ketan item yang baru dipake setengah. Wah, padahal tepung itu dibeli dari jaman prasejarah lho! (lebay :p). Waktu itu sih beli karena gelap mata lihat harganya murah 4 ribu dari TBK langganan, langsung bungkus. Eitttss 4 ribu juga duit kan? Lumayan bisa buat bayar parkir. Nah, mulai ga fokus nih tulisannya, mari kembali ke laptop! (Baru juga paragraf pertama udah ngalor ngidul ckckck).

Kebetulan duo Corleone di rumah suka makanan berbahan ketan hitam, dari mulai nagasari sampai chiffon ketan hitam pasti cuma disisakan wadahnya. Yang jadi langganan sih muffin ketan item, sambil merem juga pasti berhasil *berhasil gosong hahaha*.

Ini resep hasil kreasi sendiri, baru pertama kali bikin dan alhamdulillah enak. Kebetulan juga free gluten karena memang bebas terigu. Asyik kan? Enak dan sehat, sippp dah semoga Tokoyo mampir ke rumah *kedip-kedip ke Abang Attar*.

resep free gluten ketan hitam

Item banget, yang penting seksih kan? :p


Daripada basa-basi, yuk ah langsung cekidot resepnya.
Bahan:
150 gr margarin atau mentega
200 gr tepung ketan hitam
100 gr tepung sagu
150 gr gula tepung
2 btr kuning telur
100-130ml santan superkental
Seiprit garam
Potongan cherry merah hijau dan chocochip putih untuk hiasan.

Cara membuatnya? Oh tentu saja gampang. Ibaratnya, cukup dengan satu mata aja bisa jadi nih kue (tapi ngapain juga kan merem sebelah, kurang kerjaan plus capek hahaha…). Kalau nggak gampang, boleh langsung transfer duit ke saya trus dibikinin deh sama saya *eh*.

1. Kocok sampai lembut margarin atau mentega. Pakai apa? Cukup pakai garpu dong! Kebetulan Kitchen Aid saya masih lupa jalan pulang dari toko, jadi ya pakai garpu aja *pasrah :p*. Gampang kok, cuma butuh 300-600 detik saja (hayo berapa menit?), margarin atau mentega udah lembut.
2. Masukkan gula halus, lalu kocok lagi sampai rata. Masukkan kuning telur satu per satu. Mengapa harus satu per satu? Biar tertib aja sih, kan masuk kelas juga harus baris biar rapi hihihi…
3. Di wadah terpisah, campur tepung ketan hitam dan tepung sagu, tambahkan seiprit garam. Aduk rata.
4. Masukkan campuran tepung ke adonan telur+gula+margarin/mentega. Aduk rata sampai kalis.
5. Masukkan santan kental lalu aduk2 sampai tercampur. Biar gampang, pakai tangan aja, kalau pake garpu agak susah karena adonan udah mulai lengket dan berat. Masukkan santan perlahan-lahan, kalau sekiranya 100ml udah cukup, ya ga perlu ditambah lagi. Bagaimana caranya memperkirakan adonan udah cukup santan? Gampang, tinggal dipulung atau masukkan ke spuit, kalau gampang dibentuk, berarti udah siap dicetak. Oke.
6. Nah, sekarang adonan siap dicetak sesuai selera. Saya pakai biskuit maker baru *ehem pamer nih :p!*. Boleh juga di roll lalu dicetak dengan cetakan kue kering.
7. Tata di loyang berdempetan biar kukis merasakan kehangatan hahah… Enggak ding, karena nggak pake pengembang, berdempetan pun ga masalah karena memang ga adonan nggak butuh ruang buat ngembang, makanya favorito banget deh kukis ini karena oven saya kecil🙂. Saya hias tengahnya dengan cherry merah dan hijau, serta chocochip putih. Jadinya si hitam berwarna-warni gitu, cantik kan?
8. Panggang sekitar 15 menit (tergantung ukuran kuisnya sih), kebetulan saya bikin ukuran kecil, one bites gitu bahasa Enggresnya, know kan? :p. Buat Vio pas sekali hap, tapi kata ayahnya nanggung terlalu kecil. Ya, lain kali ayah harus bikin sendiri yaaaa😀.

Sebenernya pas bikin adonan ini cukup lancar, pas Vio tidur timbang-timbang, campur-campur, jadi deh tinggal dicetak. Karena mau ikutan lomba, malu dong kalau tiap bikin kukis bentuknya bulet trus dipenyet pake garpu. Duhh, bisa-bisa Tokoyo buang muka nih :p. Makanya dibela-belain dibentuk-bentuk biar cantik kayak yang bikin *maunya*.

Drama dimulai ketika spuit tak kunjung ketemu, rolling pin amblas entah ke mana. Vio diam-diam mengudeta dapur emak sampai-sampai semua disembunyiin. Sabar ya adonan, nanti juga kamu aman di perut saya kok😀.

Singkat kata, spuit bintang yang diinginkan nggak ketemu. Akhirnya adonan terpaksa nginep semalem di kulkas deh. Saya hibur adonan, “Ga pa pa ya, mumpung kulkas belum jadi hotel bintang lima, sementara kamu gratis nginep sini. Nikmati aja ya say!” LOL.

Akhirnya saya beli dulu biskuit maker, bela-belain macet-macetan di lalu lintas Bandung akhir pekan demi adonan bisa jadi kukis. Setelah cetakan di tangan, ternyata adonan jadi keras, kayaknya doi ngambek deh😦 *puk-puk*. Nah di sinilah fungsi santan tambahan tadi, kalau masih keras, tinggal tambah santan. Oya, boleh pakai susu juga lho, ga akan dilarang sama Pak SBY kok🙂.

Udah kepanjangan ya tampaknya, jadi mari disudahi saja. Apa nama cemilan ini? Hmmm… Si hitam manis cocok juga kali ya? Sehitam yang nulis (uhuk), semanis yang mampir ngasih jempol *ngerayu*. Karena supergampil, jangan lupakan kukis ini buat nangkring di meja pas lebaran nanti (masih lama aja kaliiii…). Cocok juga buat temen baca buku, minum teh sore hari, atau begadang nonton pemain bola cakep-cakep di Euro. Selamat mencoba🙂.

Kukis ketan hitam

 
10 Comments

Posted by on July 31, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

10 responses to “Si Hitam Manis

  1. elfarizi

    August 1, 2012 at 1:18 am

    Oh, itu bukan hangus ya, Mbak, hehehe😀
    Wah, item-item ternyata keliatan maknyus. Sluuurp🙂

     
    • dapurhangus

      August 2, 2012 at 4:51 am

      bukannn… hihihi…emang dari ketan item wekekeke…

       
  2. itsmelaill

    August 6, 2012 at 3:43 am

    assaalamualaikum,,, Punten, kenalan dulu mbak hitam manis,
    saia mo nyontek resepnya boleh tak, kebetulan masih punya tepung ketan item yang masih nunggu giliran di eksekusi euy,,,
    tararengkiu b4 *kedips*

     
    • dapurhangus

      August 6, 2012 at 11:01 pm

      *kedips kuadrat* Boleh, monggo silahkan, ga minta bayaran, cuma mau cintaaa #eaaaaa

       
  3. diah

    May 5, 2013 at 10:29 am

    Gelap banget ya mbak..sampe sampe ga kliatan bentuknya kayak apa😀

     
  4. resep roti

    June 17, 2013 at 10:38 am

    ikutan lomba resep bulanan di sharon bakery yuk
    http://sharonbakery.com/submit-recipes.html

     
  5. zherLye

    July 31, 2013 at 6:27 pm

    I like Si Hitam Manis

     
  6. Maisyarah

    August 19, 2013 at 12:07 pm

    izin copas resep yahh teh,akrom jg suka sm kue2 yg dari ketan item,nuhun teteh🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: