RSS

Cireng Manis

30 Jul
Cireng Manis

Suatu hari, tiba-tiba saya sedang kerasukan setan yang rajin. Pagi-pagi mengupas nanas pertama kalinya seumur hidup, memarutnya yang juga untuk pertama kalinya selama 26 tahun hidup saya, lalu membuatnya menjadi selai. Mau bikin nastar? Bukan! Saya pengen bikin cireng. Loh?

Cireng manis isi nanas

Maksud hati dibentuk love, ternyata susahhhhh…

Kalau pada umumnya cireng isi yang ngetop di Bandung itu sisinya ayam, sosis, baso, abon, bumbu kacang, saya pengen tampil beda. Sejujurnya ini terinspirasi dari invention test di Masterchef Indonesia, membuat sesuatu yang sedikit berbeda dari yang sudah umum. Mengingat biasanya saya bikin muffin lagi dan lagi-lagi muffin, membuat sesuatu yang berbeda seperti ini sangat luar biasa.

resep cireng isi

Cireng manis isi selai nanas, lope lope dah😀

Oya oya, cireng itu kan akronim dari aci digoreng, tapi sagu juga samaan sih sifatnya kayak aci, sama-sama baik hati dan suka menolong, eh sama-sama kenyal-kenyal gitu deh :p. Jadi keduanya bisa digunakan. Daripada ngomong ke sono ke mari, yuk ah dicek di mari resepnya🙂.

Bahan
125 gram tepung sagu
2 sdm terigu serba guna
1 sdm gula halus
1 butir telur
Seiprit garam
Setegah gelas air matang

Cara membuat:
1. Campur tepung sagu, terigu, dan gula halus. Aduk sampai merata tiada tara
2. Masukkan telur lalu kembali aduk rata
3. Tuang air ke adonan tepung perlahan, jika suda kalis, hentikan menuang air.
4. Cetak, isi dengan selai nanas, goreng dengan minyak yang banyak dan panas sedang. Angkat setelah kecoklatan. Jangan sampai gosyong yaaaa…

Nah, ngebentuknya jadi lope-lope ini susah banget deh. Makanya di foto juga lopenya ga konsisten, ada yang lonjong, ada yang nyaris bulet, dan ada yang ga layak disebut lope (kasian :(). Belum berhasil ngebentuk yang padet kayak di tukang cireng beneran, harap maklum ya, saya kan cuma chef abal-abal yang pura-pura jadi tukang cireng abal-abal dan itupun ga berhasil hiks hiks…

Ada tips biar cirengnya bisa padet kayak di tukang cireng yang ga abal-abal? Mungkin next harus dicobain ga pake telur kali ya? Oya, resep ini saya dapet dari tetangga yang jualan cimol. Kayaknya salah saya deh nanya resep cireng ke tukang jualan cimol (iya, salah banget kan?). Plak, pengen uwel-uwel diri sendiri deh jadinyaaa😛.

Cireng manis isi selain nanas

Pas banget buat temen baca koran, pasti banyak makannya dibanding bacanya *ihhh, saya aja kali ya?*

Kalau resep selainya perlu ga ya? Ga perlu kan, udah pada bisa kan? Caranya gampang banget, nanas dicuci bersih lalu diparut. Kebetulan nanas yang saya beli banyak banget airnya jadi airnya saya pisahkan. Setelah itu nanas digoreng (eh kok digoreng sih? dioseng?) eh bukan digoreng, pokoknya taruh di wajan, campur gula, kasih perasan jeruk lemon dikit dan kayu manis (boleh yang bubuk atau yang masih utuh). Nanas parut diproses sampai berubah warna dan kadar airnya jauh berkurang. Nah, ternyata cuma gitu doang kan? Jadi selama 26 tahun ini baru bisa bikin selai nanas ya sekali ini hihihi… Sengaja disisain siapa tahu tiba-tiba bisa bikin nastar, cieeeee prok-prok-prok.

yah sekian saja ngalor ngidulnya. Postingan ini dibuat menjelang detik-detik ditutupnya event Masak Bareng Yuuk edisi makanan berbahan dasar sagu. Sip ahh semoga bermanfaat bagi langit dan bumi. Amiennn😀

Masak bareng yuuk

 
7 Comments

Posted by on July 30, 2012 in Jeprat Jepret, Resep

 

Tags: , , , , , , ,

7 responses to “Cireng Manis

  1. sasa

    July 31, 2012 at 10:17 pm

    mbaaaaak stelah aduk2 tulisan2 sampean bikin hepi,ketawa mlulu
    untung ga keterusan:P

     
    • dapurhangus

      July 31, 2012 at 11:00 pm

      hati-hati ya, jangan keterusan! masih banyak seat kosong di RSJ tuh kalo keterusan hihihi…

       
  2. diahdapur3d

    August 11, 2012 at 12:23 am

    Iya aq jg seneng deh bacanya..heheee…senyam senyum sendiri sambil bayangin si”CiNisNas ” ini hihiiiii….

     
  3. Melly Feyadin

    July 19, 2013 at 4:06 pm

    Klo bikin selai mah saya tau mba😀
    tp cireng dan cimol yg bikin penasaran..

     
    • Ika Rahma

      July 20, 2013 at 6:14 am

      mbak Mel, ayo dicoba. Ini belum sakses sih, ga sekenyal di tukang cireng. Notbad lah tapiiii

       
  4. zakiah

    January 17, 2015 at 11:58 am

    Kalo mau kenyal itu cuma pake sagu sama terigu nya sedikit aja pakai air yg mendidih banget pasti kenyal.kenyal deh

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: