RSS

Bukan Minuman, tapi Sambal Bawang

23 Jul
Bukan Minuman, tapi Sambal Bawang

Hmmm… seger banget ya fotonya. Pasti yang nunggu bedug Maghrib langsung produksi saliva deh! Wekekeke… Tenang, ini bukan minuman kok, ini cuma sambal bawang yang didandani mirip sama minuman. Anda terkecoh? Tos ah sama suami saya hehehe… Bingung sih ga punya properti buat foto-foto sambal, jadi ya bisanya foto begini deh *senyum semanis kurma*. Ga mirip sambal ya? Oh, salahkan tangan saya yang terlalu kuat mengulek jadi sambalnya terlalu halus. Tapi suwer ini sambal bawang kok!

Resep sambal bawang

Sambal bawang Bu Rudy, pedesnya nonjok!

Pasti pada tahu kan tentang Bu Rudy, sambal bawang buatannya ngetop seluruh Indonesia. Banyak yang ketagihan, termasuk saya. Tak hanya ketagihan, saya juga termehek-mehek sama sambal ini. Kesan pertama langsung jatuh cinta. Suami saya juga suka, mirip buatan neneknya katanya. Dia lalu mengajari saya cara membuatnya *keprok-keprok dong buat suami saya, dia pengen menyaingi Chef Juna soalnya :p*.

Pertama nyobain sambal Bu Rudy karena Rella lagi kepengen, titiplah ke Otty yang baik hati memesankan sambal ini. Lalu saya ngobrol-ngobrol sama Diade Riva tentang sambal ini, ehhh ternyata dia juga sering beli dan suka banget sama nih sambal. Menurut saya harganya terlalu mahal, belum lagi ongkir ke Bandungnya. Syukur deh kalau mahal begini, saya jadi semangat bikin sendiri. Alhamdulillah, baru kali ini bersyukur karena pelit dan ga punya duit malah bisa bikin sambal hihihi… *sholihah tapi gaya, itulah saya*plak!

Yuk ah daripada ribet, keburu bedug Maghrib, keburu laper, dan yang pasti keburu vio bangun dan mengeksekusi kursi depan laptop sambil bilang, “Bu, Vio mau kerja,” sebel kan kalimatnyaaaa… :p *itu anak suami saya!*

Oya, oya, jangan lupa, ini resep ala saya, mungkin salah dan ga mirip sama resep Bu Rudy, mohon dimaafkeun. Resep ini hasil trial dan ga pernah error *sombong itu wajib hihihi…* di dapur saya. Beberapa kali saya modifikasi sampai akhirnya saya menemukan paduan yang pas, top markotop, yes markoyes, cocok untuk nasi bakar, gepuk, ayam goreng, tempe tahu huaaahhaaa… jadi laper deh🙂.

Bahan
20 biji cabe rawit merah dan hijau (biar warnanya ga terlalu merah, saya sarankan pake cabe ijo juga. Kalau di foto ini kebetulan nggak pake, jadi sambalnya merah menyala)
1-2 buah kemiri (tergantung ukuran ya bos, semakin banyak kemiri sebenernya jadi wangi, tapi warnanya sambal jadi keruh gitu deh, ga cantik ceria kayak cheerleader)
1 sdt ebi sangrai
2 sdt garam
1/2 sdt merica
1 sdt gula
2 biji cabe merah besar, buang biji (saya lebih suka nggak pake aja sebenernya, tapi kadang ya tetep pake daripada kering cabenya di kulkas, kasian kedinginan :()
4 butir bawang putih
10 butir bawang merah (yang lokal aja agak kecil-kecil itu lebih enak)
setengah gelas minyak goreng

Cara eksekusi
Campur semua bahan, lalu ulek sampai agak halus. Boleh diblender, tapi teksturnya bakal terlalu halus. Saran saya sih diulek ya biar lengan kita seksih dan kenceng tanpa harus senam macem-macem (tips singset tapi irit hahaha). Saya sih ga suka yang terlalu halus, lebih suka yang cabe dan bawang merahnya masih bertekstur gitu.
Tuang minyak goreng di wajan, nyalakan api. Tunggu minyak sampai agak panas, baru masukkan campuran bahan yang telah diulek. Aduk-aduk dampai keluar wanginya. Icip-icip deh kalau kurang asin, ya tambah garam, kalau kurang manis ya makannya sambil liatin saya *ditimpuk ulekan*.

Kalau sambal Bu Rudy yang khas kan minyaknya juga ikut pedes, kalau dicocol tahu atau tempe aja enak banget dah. Kalau minyaknya kurang banyak, tambah air biasa aja. Ini tips dari suami saya, pertama sih saya protes ya karena bakal muncrat-muncrat kan minyak ketemu air, tapi akhirnya ikutin tips dia karena errrr…biar hemat minyak *balik lagi ke pelit nggak sih? hehehe…*

Sambal Bu Rudy Surabaya

Silahkan disruput, eh dicolek😀

Akhir kata, selamat mencoba resep ini. Bisa disimpan cukup lama di udara terbuka. Saya biasanya bikin stok buat 5 hari sampai satu minggu. Karena gampang, jadi sering banget bikin sampe suami saya bosen dan ga mau lagi *tapi anehnya saya tetep bikin hihi…*.

 
30 Comments

Posted by on July 23, 2012 in Resep

 

Tags: , , , , , , , , , ,

30 responses to “Bukan Minuman, tapi Sambal Bawang

  1. Anonymous

    July 23, 2012 at 11:35 am

    besok2 kalo ke Bandung nyicip ahhhhhh

     
  2. everupe123

    July 23, 2012 at 11:55 am

    mau coba dong teh

     
    • dapurhangus

      July 23, 2012 at 10:59 pm

      Boleh… maen sini dong ke rumah🙂

       
  3. niken

    July 23, 2012 at 11:55 pm

    seger bener sambelnya…di minumnya pake sedotan ya… eeehh….

     
    • dapurhangus

      July 24, 2012 at 12:18 am

      mwihihihi… disiapin sedotan beneran nih? :p

       
  4. Maya Siswadi

    July 24, 2012 at 12:01 am

    aiihh “syegeeerrr”

     
    • dapurhangus

      July 24, 2012 at 12:21 am

      terima kasih hehehe… seger banget ini pake lalap dan bandeng presto. Ahhh semoga ga batal puasa😀

       
  5. Nchie Hanie

    July 24, 2012 at 12:54 am

    sambaaall…
    sehah..sshhh..

     
    • dapurhangus

      July 24, 2012 at 12:56 am

      yuk mareeee… emang seuhah🙂

       
  6. IndahJuli

    July 24, 2012 at 1:10 am

    Yang bikin mirip jus, karena gelas sambelnya keren, plus irisan lemonnya😀
    Hadeeeeh, jadi pengen nyobain sambal Rudy🙂

     
    • dapurhangus

      July 24, 2012 at 1:12 am

      Mangga makmin dicobain hihihi… gampang banget bikinnya hihihi…

       
  7. lita alifah

    July 24, 2012 at 4:03 am

    hahaha bacanya sambil ketawa2 aku mak.itu sambal apa minyak sih mak, banyak amat minyaknya. rasanya minyak donk.aku tiap hari juga bikin sambel, andalanku sambel teri, orang serumah pada suka, klo sehari ndak bikin sambel mereka pada nyariin hehe

     
    • dapurhangus

      July 24, 2012 at 1:30 pm

      wah boleh tuh sambel teri resepnya di share, tapi aku aja sih yg makan kayaknya, suami ga suka teri. Eh, pasti belum pernah nyobain sambel Bu Rudy ya, minyaknya itu setengah dari sambelnya, makanya aku bilang mahal heeheh…

       
  8. yustha tt

    July 27, 2012 at 2:12 pm

    Aku biasanya cuma cabe, bawang, sama garam. Uleg2 lalu diguyur minyak panas. Colek dengan tempe goreng. Yummy….
    Fotonya bikin ngilerrrr…..

     
    • dapurhangus

      July 28, 2012 at 2:34 am

      duh, mbak, baca komen aja aku laper. tanda2 lemah iman ini sih😦

       
  9. mimi

    July 28, 2012 at 3:29 am

    ciik aciiikk…coba ah, tp klo diblender merubah rasa ga mpok..secara sbg artis papan atas masak saia ngulek seeeh..hmmm

    buruan jwb y mpok..kebelet ahhh hihi

     
    • dapurhangus

      July 28, 2012 at 3:41 am

      nggak mengubah dong mpok, jadi lbh halus lhooooo kayak kulitnya kolega mpok itu, Asmirandah hihihi :p

       
  10. aris sayyidatul ilmi

    July 29, 2012 at 3:34 am

    aku mau nyoba nnt sore mbaaak ^^ makasiih

     
  11. Anonymous

    August 22, 2012 at 3:01 am

    bagi yg suka sambal ala bu rudy cobain sambal bawang extra pedas merk pukat ikan.
    di toko bagus ada.
    Rasa mirip sealiran, pedezzzz dezzz

     
  12. ayu

    September 30, 2012 at 5:33 am

    ♡[τ̲̅н̲̅a̲̅и̲̅κ̲̅ ч̲̅o̲̅u̲̅]♡. Mbak resepnya…

     
    • Ika Rahma

      September 30, 2012 at 7:16 am

      terima kasih kembali mbak🙂

       
  13. mae

    March 10, 2014 at 1:50 am

    ini kira2 kalo utk akubkirim.ke luar negri selama seminggu awet gak ya mbak.. sambelnya jos gandosss bgt euy…

     
    • Ika Rahma

      March 15, 2014 at 7:48 pm

      di vakum mbak, dan wadahnya tentu harus higienis. kalau di rumah sih, 10 hari udah jamuran. sayang kl cuma 3 hari bisa dinikmatinya, padahal jos gandosss…

       
  14. mae

    March 10, 2014 at 1:53 am

    aku mau bikin trs kirim ke sodara di luar negri.. biasanya semingguan sampe kira2 masih bagus gak ya mbak.. sambelnya enaaaak bgt..

     
  15. deBagpacker|PatriCia

    March 21, 2014 at 11:27 pm

    nyasar disini gara2 googling sambal bu rudy…. salam kenal ya bu…. ^____^

     
  16. Mama Rahma dan Hana

    May 3, 2014 at 9:29 pm

    Thanks ya bu… alhamdulillah langsung dicoba…bye2 sambal instan🙂

     

Leave a Reply

 
