RSS

Kentang Panggang ala Dapur Hangus

09 Jul
Kentang Panggang ala Dapur Hangus

kentang panggang, mashed potato
Posting ini sambil komat kamit semoga kentang panggang yang dimaksud tidak menyalahi ketentuan kentang panggang di langit dan di bumi. Ehem… Ini sih ngawur ya sebenernya, ya cuma segini-gini aja bisanya sih hihihi… Padahal kalau gugling, ada juga resep kentang panggang yang susah, pakai alumunium foil, harus a be ce de es be yang kalau diturutin keburu abis deh drama Korea di Indosiar, yukkkk :p.

Kalau mau ngikutin diet golongan darah, saya yang bergolongan darah O disarankan diet kentang. Tapiiii, ga kuku dong! Saya penggemar berat kentang dengan segala macam olahannya, dikukus, digoreng, dipanggang, dibumbu balado, bumbu sambal goreng, dibikin perkedel semua akan aman di perut saya. Kayaknya kalau Chef Juna lagi makan kentang juga saya naksir deh! Hehehe…

Rupanya sedikit banyak Vio ngikutin selera emaknya ini, dia doyan banget kentang panggang ini. Kalau versi kami berdua, ini adalah cemilan ya, bukan pengganti nasi (makanya wajar berat badan naik 4kg *buang timbangan*). Sambil nonton drama Korea siang-siang ngemil kentang anget ini, ahhh…sesuatu banget! Yuk dicobain, caranya sangat mudah. Satu resepnya bisa jadi dua cup silikon seperti di foto. Satu buat Vio satunya buat saya, tapi ya saya masih nyolek-nyolek punya Vio juga *emak maruk*

Kentang tutup keju hihihi… enak banget, apalagi kalau masih hangat. Yummy😀


Bahan:
3 buah kentang ukuran kecil, kukus, haluskan. Saya biasa ngukus bareng masak nasi aja, atau ngukus bareng sayur.
1 sdm butter
30 gr keju cheddar (lebih banyak ga pa pa juga sih), parut
50 gr keju mudah leleh atau mozarella, parut
1 sdt peres garam
1 sdt bubuk bawang putih
gula secukupnya
merica atau lada hitam secukupnya
oregano dan parsley secukupnya
Bubuk paprika (optional, saya pakai karena lagi ngajarin Vio makan pedes).

Caranya guampanggg buangettt.
1. Haluskan kentang kukus pake garpu, campur dengan butter ketika masih panas. Alasan mengapa saya milih dikukus sih karena gizinya lebih terjaga juga karena kentang kukus lebih mudah dihaluskan dibanding kentang rebus. Jadi, saya ga perlu mengeluarkan kekuatan Xena, hemat energi gitu maksudnya😀
2. Campur kentang dengan keju cheddar, tambahkan oregano+parsley, bubuk bawang putih, garam, merica atau lada hitam. Aduk sampai rata biar rasanya ga blangbentong *bahasa apa inihhh*.
3. Masukkan kentang yang telah dicampur bumbu ke cup silikon atau cup alufoil atau ramekin asal tahan panas di oven aja. Padatkan dengan cara ditekan-tekan dengan garpu. Atur keju mudah leleh atau mozarella yan telah diparut di atasnya, lalu taburkan sejumput gula pasir di atas keju biar nanti jadi karamel. HAduhhh, paduan keju cepat leleh dan gula ini harummmmmm syekali dan dijamin bikin perut berdisko.
4. Panggang di oven sampai keju leleh, saya biasanay sih 15 menit, 5 menit terakhir api atas dinayalain jadi hasilnya ada coklat-coklat karamel dari gula pasir yang meleleh. Bisa juga pake teflon atau happycall, apinya kecilll aja takut bawahnya terlalu gosong. Ya kalau gosong kurang lebih kayak di cup yang biru itu ya, ga cantik kayak Marshanda😦.

Kentang panggang ini favorit saya dan Vio, kalau ayahnya sih nggak suka keju. Pernah makan keju katanya mual. Harap maklum ya, seleranya masih selera asli Majalengka sih. Saya sering bilang, “Yah, nanti kalau aku sama Vio ke Italia, ga usah ikut ya, malu-maluin nama Corleone kok doyannya ikan asin.” Lalu suami menjawab, “Ikut ah, mau bekel indomie aja.”

 
21 Comments

Posted by on July 9, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , , , ,

21 responses to “Kentang Panggang ala Dapur Hangus

  1. Mayya

    July 9, 2012 at 12:52 pm

    Ahhhhhh! Baru kemarin aku ngayalin bikin kentang panggang keju yg enak klo ada oven hahaha..
    Kok bisa sihhhhh? Jangan2 kita bisa telepatian yaaa?
    Yummy banget deeeeh, udah kerasa gitu enaknya di lidah! Slurrppp! *ngelipir di pojokan ngitung receh utk beli oven*

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 10:45 pm

      wah bener, kita sehati❤. Ini enakkkk buangettttsss Mbak. Pake happycall atau teflon tutup kaca juga bisa lhoooo…Ayo bikinnnnn

       
      • dini mayangsari

        July 28, 2013 at 7:57 am

        Mba..ak punya happycall tp yg ukuran kecil, bs ga ya..? Cukup ga klo pake cup silicon kaya punya mba itu..? Trus dasar happycall nya dikasih air dlu ga ya mba biar siliconnya itu ga gosong maybe..
        Hehehe..mohon pencerahannya.
        Nuhun..

         
      • Ika Rahma

        July 28, 2013 at 8:01 am

        Cukup mbak pake silicon itu biarpun yg kecil. Tenang, proses pemanggangan itu cuma untuk melumerkan keju mozanya, jadi sebeernya ga usah terlalu lama. Pake api kecil cukup 5 menit ga perlu dialasin kok. Kl bikin kue kering, baru deh harus dialasin pake silpat atau alufoil biar ga cepet gosong.

         
  2. metafo

    July 12, 2012 at 6:14 am

    buleh… buleh dicobain resepnya… biasanya klo bkin kentang panggang numpang rumus makaroni schootel aja… tp yg ini ada berasa karamel2nya ya… sip sip bisa dicoba… tnaks jeng infonya

     
  3. Riski Zaini

    September 14, 2012 at 6:56 am

    hahahahahahahahahah… =))

    indomie emang juara..

     
  4. Kartini Wulan

    November 27, 2012 at 5:36 pm

    mbak, kalo manggang make happycall gimana ya?? gak rusak apa ya happycallnya ??? mau nyoba masakan panggang tapi belum ada oven ni😦

     
  5. dwek

    July 25, 2013 at 10:54 am

    yen dikasih daging / sosis gitu enak ga mbak ?😀

     
    • Ika Rahma

      July 25, 2013 at 6:32 pm

      tambah uenakkk, tapi aku ga suka mbak, menjebolkan kantong :p

       
      • dwek

        July 26, 2013 at 2:28 pm

        berarti nggak sukanya bukan karena ‘taste’ makanannya tapi ‘taste’ di kantong kita ya mbak😀

         
      • Ika Rahma

        July 26, 2013 at 3:36 pm

        betooollllll

         
  6. ila rizky nidiana (@ila_rizky)

    August 26, 2013 at 4:50 am

    aku pernah liat ramekinnya di mba esti, pas nanya katanya beli di mba ika, tapi skrg udah ga ada ya, mba? kalo di tegal susah nyarinya😦 bisa restock, mba?

     
    • Ika Rahma

      August 26, 2013 at 3:48 pm

      sedang diusahakan😦, lagi susah barangnya.

       
  7. nae

    February 16, 2014 at 3:17 pm

    mb klo oregano ma peterseli bs dtiadakan g? atau da penggantiny? mklum dtukang sayur komplek g da hihihi
    o iy bubuk bwang putih klo dganti bwng putih diulek ja bs g y? hihihi

     
    • Ika Rahma

      February 18, 2014 at 5:38 pm

      bisa mbak, bawang putih biasa aja diulek lebih manteb, jgn terlalu banyak aja🙂. Oregano biasanya di Giant ada mbak, udah dibungkusin gitu🙂.

       
  8. Dita Indrihapsari

    December 10, 2015 at 3:18 pm

    Mbak Ikaaa, lagi nyari resep kentang2an nyasar ke sini hihihi… Tampaknya enak yaa..😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: