RSS

I’m a Muffin Girl

06 Jul
I’m a Muffin Girl

Girl? Maunya sih dibilang girl, kenyataannya I’m a muffin woman *eh. Sederhana saja, muffin itu gampangggg banget dibikin, itu yang bikin saya suka. Apalagi sampai sekarang doa saya agar si Kitchen Aid saya cepet pulang dari toko belum dikabulkan. Jadi, sementara menunggu si Kitchen Aid sembuh dari amnesia, saya bikin muffin aja.

Kalau lagi rajin, saya bisa dua hari sekali bikin muffin. Ini kue tercepat yang bisa diselesaikan baik dengan ‘bantuan’ Vio atau ketika Vio tidur. Bila memilih dengan bantuan Vio pun, dapur masih cukup layak disebut dapur karena tidak terlalu berantakan (walaupun aslinya juga berantakan sih hhihihi…). Kalau membuat ketika Vio tidur, jadi semacam surprise gitu deh! Walaupun sebenernya ini kata lain dari errrr… bisanya bikin muffin lagi dan lagi dan lagi, bikin yang lain belum bisa :p.

Hukum membuat muffin itu mencampur adonan kering dengan adonan basah saja. Telur, susu, margarin/mentega cair diaduk rata lalu dicampur sekenanya ke adonan terigu+gula+bahan tambahan lain (bisa baking powder, chocochip, kismis, de el el). Jadi kalau ada yang bikin muffin pakai mixer, apalagi mixernya Kitchen Aid, sayalah orang yang paling tersinggung *hahaha…pejuang HAM, hak asasi muffin*.

Resepnya? Hmmm… sebenernya saya superkira-kira sih, ya kira-kira enak ajalah *sombong*.

Adonan kering
100 gr tepung terigu
2 sdm gula pasir (saya itu kismis dan chocochip abuser, jadi gulanya pura-pura dikit aja hihihi…)
1 sdm gula palm biar wangi
sejumput garam
sedikit baking powder (saya suka muffin yang naik hihihi…)
Aduk merata

Adonan basah
125 ml susu UHT plain (baru tau ada lofat Ultra kemasan 125 ml lho!)
1 butir telur
2 sdm margarin/mentega dicairkan
Aduk rata


Tuang bahan basah ke campuran adonan kering. Aduk dua atau tiga kali putaran saja, lebih bagus diaduk balik agar udara yang terperangkap di dalam nggak lari terbirit-birit sehingga muffin mengembang bagus. Pokoknya aduknya jangan terlalu semangat deh, secukupnya aja. Kadang kita gatel kan pengen aduk tepung yang masih keliatan putih, boleh aja sih diaduk, tapi terima kondisi muffin Anda nggak secantik muffin saya *ditimpuk timbangan hihihi…*.

Setelah tercampur, masukkan ke cup lalu panggang. Waktu belum punya oven, saya manggang dengan teflon tutup kaca hasil jarahan dari gudang ibu saya, hasilnya sama-sama enak kok. Siapa dulu yang bikin hahaha… saya kan chef dari Ciwaruga (di mana sih itu????). Kalau pake oven, saya panasin dulu 10 menit lalu dipanggang 30 menit dengan suhu 200 derajat.

15 menit sebelum selesai, api atas saya nyalain biar muffin membumbung dan cracking gitu. Saat itu suhunya saya turunkan jadi 170 aja biar bawahnya nggak gosong. Oya, lamanya pemanggangan disesuaikan dengan ukuran cup ya, semakin kecil cup-nya, kurangi waktu pemanggangan. Hasilnya cantik lhooo… Yukkkk dicoba bikin yukkk😀

Tips: gunakan sedikit saja baking powder dan mainkan api dan suhu oven agar muffin mengembang sempurna. Saya biasa mengisi cup nyaris penuh agar ada adonan yang akan menjulang di atas cup. Ga takut adonan tumpah ketika dipanggang? Rahasianya ya api atas itu tadi, ketika sudah ada gejala adonan akan meluber, segera nyalakan api atas. Makanya saya selalu ngecengin oven kalau bikin muffin hihi… Ga santei? Oh santei sekali. Muffin ini cocok dipakai bekal sekolah dan bisa dipanggang sambil memasak. Jadi kalau mau curi-curi pandang ke oven sambil goreng ikan gitu masih bisalah. Yang penting kalau gagal ya coba lagi dan jangan lupa, kirim muffin anget buat Chef Ciwaruga ini hihihi…

 
24 Comments

Posted by on July 6, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , ,

24 responses to “I’m a Muffin Girl

  1. Anonymous

    July 6, 2012 at 11:50 pm

    Preeettt……..hehehehehe dapur gosong dapur gosong

     
  2. rodamemn

    July 7, 2012 at 12:56 am

    yummy..would love to try but dunno how to make it like yours…🙂

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:38 am

      Just follow my tips, very easy😀

       
      • rodamemn

        July 9, 2012 at 5:45 am

        thanks…🙂

         
      • dapurhangus

        July 9, 2012 at 10:45 pm

        you’re welcomeee😀

         
  3. Mayya

    July 7, 2012 at 3:48 am

    Ckckckck…setelah jatuh cinta ama cupcakes, kayaknya aku jadi jatuh cinta lagi ama muffin…Mbak Ikaaaaa, engkau berhasil menghasut aku untuk mau buat kueeeee!

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:35 am

      asyikkk ada yang terhasutttt *nari jaipong*

       
  4. yesiaprianti

    July 7, 2012 at 3:53 am

    Bagus ih muffin cup nya!! Sayang buat di buang atuh nya? Mau coba ah..

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:35 am

      Iya sih buat sekali pake ini Mama Nau. Beliiiii… di Cibadak murah, tapi harus beli isi 200an. Bisa bagi 2 beli barengan yukkkk…

       
  5. Desak Pusparini

    July 7, 2012 at 11:58 am

    Oh, ternyata bikin muffin ngga seribet yg saya bayangkan, hihihi. Selama ini udah keder aja duluan, sehingga selama ini sy lebih sering beli. Besok2 coba buat, ah, walaupun ngga punya oven, kan masih boleh pake alternatif yang lain😀

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:36 am

      bisa banget pake teflon bertutup kaca, atau happycall/doublepan juga bisa lhooo…

       
  6. esti sulistyawan

    July 7, 2012 at 3:55 pm

    wah…jadi pengen buat kue *mupeng tingkat dewi

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:35 am

      hehehe…enak dan gampang, kalo susah aku mana bisa mbakkkk

       
  7. Niar Ningrum

    July 8, 2012 at 1:35 am

    weh tampilannya enak tuh mbak, muffin…. PIngin coba deh, tapi dulu nyoba bikin kue pukis ajah bantet , hahahaha… ndak suka masak kue😀

     
    • dapurhangus

      July 9, 2012 at 4:33 am

      Muffin sih ga terlalu ketauan bantet enggaknya, yang penting manisnya pas, pasti enak mbak😀

       
  8. Sang Prabu

    July 25, 2012 at 4:03 am

    GUE MAU NYOBA JUGA!!!!

     
  9. tiyas

    December 11, 2012 at 9:22 am

    emba..knp ya? kmrn pas bikin muffin resep mba ika kok tengahnya blm mateng, pdhl atas sm bawah udh cantik?? kelamaan ngaduknya ya mba?

     
    • Ika Rahma

      December 11, 2012 at 10:24 am

      kl blm mateng kurang lama manggangnya sebenernya, yg atas bawah udah mateng bisa jd krn kepanasan ovennya. Harus klop dulu sama oven, kyk sama pacar gitu deh prikitiewww…

       
      • umay

        December 29, 2012 at 5:48 pm

        Mba’, kalo manggangnya pake otang, mensiasati agar tidak meluber gimana dunkkkk, 2 kali bikin muffin/cupcake meluber terus😦

         
  10. wiranyoman wirawati

    January 24, 2013 at 4:04 am

    Mbak, salam kenal …
    mau nanya dikit nih, saya pengeeeeen banget buat muffin tapi kenapa ya hampir dalam setiap resep muffin selalu nemu baking powder / soda kue??? bisakah kalo saya buatnya tanpa baking powder / soda kue??? kira-kira pengaruh nya hanya ke ngga mau ngembang ato pengaruh ke yang lain juga???

    Trus, kalo saya manggang nya pake otang, gimana ya ngontrol api atas api bawah itu mbak??? (apa mainin besar kecil nya api kompor ya???)

     
  11. Nafthalia

    March 31, 2013 at 2:59 pm

    Kalau mau buat nya chocolate muffin? Kira” cokelat bubuknya berapa banyak

     
  12. kara's butterfly

    January 29, 2016 at 5:17 pm

    Mbak, berarti pas awal baking pake api bawah aja atau api atas bawah sebelum dirubah jd api atas di menit terakhir?

     

Leave a Reply

 
