RSS

Sate Klaten

25 Jun
Sate Klaten

Karena bingung cap cip cup mau bikin sate apa, jadilah BBM temen yang katanya punya warung sate. Tak dinyana, doi malah nawarin nyobain sate di warungnya, di daerah Cimahi. Wah, padahal daging udah diiris-iris dengan jurus ngawur, jadi harus didiemin dulu dan nunggu lidah icip-icip sate.

Meluncurlah saya ke warung Sate Klaten Bu Sri 2 di pintu tol Baros, Cimahi. Kesan pertama, enak banget. Kesan ke dua, enak enak banget, lalu enak, enak, dan enak. Sate ayamnya pas banget, nggak terlalu alot tapi juga ga empuk-empuk banget. Vio abis 3 tusuk dong! Sate sapinya sebelas dua belas sama sate ayam. Bener-bener pas!

Sate Klaten ini berdasarkan informasi dari Ike, sang empunya warung, cuma dibumbuin bawang dan garem, lalu dibakar. Warung Ike ini menyediakan 3 macem sate, yaitu sate ayam, kambing, dan sapi. Saya paling ngincer sate sapinya. Bukan apa-apa sih, karena di rumah kan udah ada daging sapi yang dipotong ahahaha *ga mau rugi*. Berlagak ala-ala peserta masterchef, nyobain sate lalu bisa menduplikasinya di rumah. Ahaa..

Walaupun hasil sate saya ga se-juicy di warung Bu Sri, tapi kata suami masih aman ditelen *lega tapi mewek*.

Yuk ah dicatet resepnya

Bumbu rendam

2 siung bawang putih

3 siung bawang merah

2 sdm kecap manis

1 sdt garam

 

Bahan

250 gr daging sapi (saya pakai sengkel)

 

Cara membuat

potong daging sapi ukuran dadu lalu rendam di bumbu perendam selama satu malam (simpan di lemari pendingin). Tusuk daging dengan tusukan sate. Panggang di atas teflon sambil dioles sisa bumbu. Tunggu sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

Gampang banget kan? Hayuk mangga dicobian. Gampang dan enak.

Errr… jujurnya sih rasanya jauh banget sama sate klaten di warung Ike. Pertama karena beda jenis daging. Kayaknya sih warung si ike pake daging has, ya emang lebih enak sih ya.

Tapi gapapalah, meskipun kurang berhasil bikin sate sapinya, tapi tetep bahagia bisa ketemu sama Ike yang udah hampir 3 tahun ga ketemuan. Belum apa-apa udah untung nih ikutan challenge IDFBūüėÄ

 

 
1 Comment

Posted by on June 25, 2012 in Kisah di Balik Rasa

 

Tags: , ,

One response to “Sate Klaten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: