RSS

Udang Mandi Telur Asin

19 May
Udang Mandi Telur Asin
Udang mandi telur asin

Aroma kuning telur asin yang nyaris terbakar, hmmmm… so yummy

Berawal dari nonton acara Koki Cilik di Trans7, akhirnya saya bikin menu ini. Kata suami saya, rasanya mirip dengan menu di D’Cost. Kalau D’Cost rasa bintang lima harga kaki lima, bikinan saya ini rasa bintang tujuh harga kaki tiga (lebih murah dari kaki lima). Maksudnya sih mau bilang bikinan saya lebih enak gitu lho!

Sebagai anak juragan telur asin (aminnn…) stok telur asin di kulkas lumayan banyak, apalagi abis pulang kampung kemarin. Pas banget udah bosen sama udang goreng kering, jadi kepikiran buat ngolah telur asin yang berlimpah dan udang yang besar-besar. Ditambah lagi, caranya gampang banget! Memang resep-resep di Koki Cilik itu gampang-gampang lho pemirsa, boleh jadi rujukan ibu-ibu males di dapur tapi pengen makan enak sepeerti saya. Yuk, bikin yuk!

Bahan

12 udang ukuran agak besar, bumbui dengan bawang putih dan garam, diamkan beberapa saat di kulkas biar bumbu meresap. Tentu saja saya pakai bawang putih bubuk aja biar gampang.

1 butir kuning telur asin matang, cairkan dengan 2-3 sdt air tergantung ukuran telurnya. Kuning telur asin bikinan ibu saya itu gede-gede, jadi kadang butuh setengah gelas kecil. Kuning telur asin semakin banyak semakin enak, jadi udangnya kayak mandi pasta telur asin gitu deh.

Irisan daun bawang secukupnya (saya pakai parsley pas nggak punya bawang daun)

Bumbu halus

1 siung bawang putih yang agak besar

2 siung bawang merah yang agak kecil

Garam, gula, merica secukupnya

Caranya sungguh easy

  1. Goreng udang setengah matang sampai berwarna agak kemerahan. Jangan terlalu kering nanti nggak juicy lagi. Tiriskan, sisihkan terlebih dulu.
  2. Tumis bumbu halus sampai wangi, lalu besarkan api. Masukkan kuning telur yang telah dicairkan, aduk-aduk terus sampai tercampur rata dan telur asin mulai mengental dan membentuk seperti karamel. Masukkan udang, aduk rata. Karena api besar, jangan sampai gosong ya, makanya aduk-aduk terus. Kalau sudah ada semburat kecoklatan, masukkan irisan daun bawang atau parsley kering (pilih salah satu aja), aduk rata lalu angkat.
  3. Siapkan piring dan nikmati dengan nasi hangat. Sungguh enak…Bau kuning telur asin yang setengah gosong itu sungguh menggoda.
Olahan udang telur asin

Laperrr…

TIPS biar nggak banyak yang dicuci, goreng udangnya dengan minyak secukupnya, mungkin sekitar 5 sdm aja. Sisihkan udang ke pinggir wajan, masukkan bumbu halus lalu kuning telur asin, baru campur udang. Cuma satu penggorengan yang kotor yayyy….

Di rumah, saya aja sih yang tergila-gila, baru pulang mudik 10 hari aja udah 4 kali bikin bumbu telur asin ini. Kadang udangnya diganti cumi yang lebih murah, rasanya tetap enakkkk… inilah yang saya sebut rasa bintang tujuh harga kaki tiga itu hihihi… Ketagihan masakan ini jangan dibebankan ke saya ya, karena ketagihan saya pun belum ada obatnya.

Oya, jangan protes kalau emak-emak seperti saya nontonnya Koki Cilik ya, sebenernya nemenin Vio nonton TV kalau dia nggak bobo siang. Kalau dia bobo sih pasti channelnya pindah ke Indosiar alias nonton drama Korea hahaha…

 
8 Comments

Posted by on May 19, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Giveaway

 

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

8 responses to “Udang Mandi Telur Asin

  1. titi esti

    December 5, 2012 at 3:15 am

    kok aku baru lihat resep ini siiih, bagi dong telur asinnya.

     
  2. Astin Astanti

    August 27, 2013 at 10:02 am

    Waaah, aku penggembar gila telur asin dan udang…klop daaah, aplagi bikinnya mudah…etapi harga telur asin di sini melambung tinggi

    makasih resepnya ya

     
    • Ika Rahma

      August 27, 2013 at 2:12 pm

      tinggalnya di manakah? bikin sendiri mbak telur asinnya ^^ *ide sesat yg tak mungkin kulakukan ahahaha*

       
  3. Hafshah Sumayyah

    March 28, 2014 at 4:31 pm

    kalau putih telur asinnya dimasukin juga enak g mba?

     
    • Ika Rahma

      March 29, 2014 at 7:01 am

      enak mbak, tapi aku ga suka. Aromanya beda. Lebih enak kao telur asinnya masih mentah, belum direbus/kukus. Jadi kayak diorak arik jatuhnya yah…

       
  4. Lobstar Surabaya

    November 12, 2014 at 11:35 pm

    Lobstar menyediakan Gurita dan Lobster air tawar untuk kebutuhan restauran seafood, rumah makan ikan bakar, maupun untuk konsumsi pribadi.

    HP: 085707105679, 087851343104, 031-72969303
    Lokasi: Surabaya
    http://www.lobstar.net

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: