RSS

Brownies Mudah, Murah, dan Lezatosss!!!

29 Apr

Lima tahun lalu, pas KKN di Cirebon, takjub banget lihat temen yang bisa bikin brownies. Di mata saya, dia keren, cool, dan hebat. Apalagi waktu itu lagi ngetop-ngetopnya Brownies Amanda dan harus ngantri panjang sampe nguler kalau mau beli.

Tak disangka, di Tahun Naga Air ini keadaan udah berubah drastis. Ibu saya minta diajarin bikin brownies. Duh, berarti sekarang saya keren, cool, dan hebat kan? Hihihi… *maunya*

Brownies itu dalam sejarahnya adalah kue gagal ngembang alias bantat. Kalau mau jas merah, ya bikin brownies jangan pake pengembang. Tapi, pake pengembang sedikit oke aja, cukup ekonomis kalau mau buat jualan.

Awalnya sih niat gugling resep, eh nyantolnya tetep aja ke blognya Lei, yah tau gitu mah langsung nanya aja eike ke Jeng Lei. Oya, ini udah dimodifikasi. Hasilnya tetep enak, tapi ibu kurang puas sih. Keenakan kalau buat dijual harga seribu.

Bahan:
155 gr terigu
45 gr coklat bubuk
4 btr telor ukuran besar
1 gelas belimbing minyak sayur (minyak goreng)
1/2 sdt baking powder
250 gr gula pasir
Sejumput garam

Setelah semua bahan siap, tinggal dieksekusi. Campur baking powder, garam, terigu dan coklat bubuk. Saya pakai coklat van houten, rasanya gilak enak banget. Sebungkus kecil yang 45 gram harganya sekitar 10 ribu, kalau browniesnya mau dijual ya terlalu enak seperti kata ibu saya. Oya, pokoknya total terigu+coklat bubuk 200 gram ya, bisa dikurangi coklatnya tapi ditambahi terigu juga oke.

Di wadah terpisah, campur telur dan gula. Kocok sampai lembut dan gula larut. Saya ngocoknya pake whisker aja, butuh waktu sekitar 1080 detik (hayolo berapa menit) atau sampai tangan kerasa agak pegel dan besoknya butuh pijit hahaha… Masukkan minyak. Campurkan adonan telur ke terigu+coklat. Aduk sampai rata ya, jangan sampai ada yang bergerinjil.

Masukkan adonan yang sudah dioles mentega dan dibalurin terigu tipis-tipis. Panggang sekitar 30 menit. Karena kemaren pake otang, apinya kecil aja, sebelumnya otang udah dipanasin 5 menit. Adonan ini jadinya 2 loyang loaf. Enak banget… Jadi kepikiran buat jualan brownies trud dititip di warung deket rumah hihihi… Sesuai judulnya kan? Mudah, murah, lezatoss!

 
22 Comments

Posted by on April 29, 2012 in Kisah di Balik Rasa

 

Tags: , , , , , , , , , ,

22 responses to “Brownies Mudah, Murah, dan Lezatosss!!!

  1. citra

    May 8, 2012 at 8:40 am

    Hai ika, slm kenal..🙂 aku uda cobain resepnya, enaaak bgt n gampang.. Cm krn ga ada cokelat bubuk, jadinya aku pake cokelat batang yg ditim dulu…
    Thanx for sharing ur recipe.. Sering2 yaaa…🙂

     
    • dapurhangus

      May 12, 2012 at 6:24 pm

      Alhamdulillah, gampang bgt kan? Dl ga kebayang jg bikin brownies segampang ini😀. Sering-sering main sini yaaaa…

       
  2. titi esti

    May 23, 2012 at 1:16 am

    Maaak.. aku dapat resep ini dari sms teman. Trus klo ditambahin almond sama choco chips wwwwaaaah.. tambah uenak lho… ini resep andalan untuk hantaran silaturahim. krn gak punya loyang brownis aku pake loyang 20×20 trus dipotong. *emak pelit nekat masak

     
    • dapurhangus

      May 23, 2012 at 7:59 am

      waduh, kl ditambahin almond sama chocchip, pasti saya rebutan sama Vio hihihi

       
  3. dinda

    May 31, 2012 at 8:09 am

    kalau brownis kukus gimana? ga punya otong atau oven atau apapun itu.. ;D

     
  4. akane07

    October 1, 2012 at 4:51 am

    mbak ika..minyak sayur segelas belimbing itu seberapa?

     
    • Ika Rahma

      October 1, 2012 at 11:49 am

      kira-kira 200ml🙂

       
      • akane07

        October 3, 2012 at 11:47 am

        makasih mbak infonya….keliatannya enak dan mudah. Ini yang dicari.

         
      • Ika Rahma

        October 3, 2012 at 10:57 pm

        sama-sama, monggo dicobain🙂

         
  5. Anonymous

    February 4, 2013 at 12:48 am

    Mbk otong itu ap

     
  6. Anonymous

    February 5, 2013 at 12:45 pm

    otang : oven tangkring

     
  7. cici nurliana

    April 17, 2013 at 5:46 pm

    Kalau resep brownies ini bisa di kukus ga? Aku ga punya oven

     
  8. erna

    May 8, 2013 at 5:23 pm

    klo pake otrik, brp derajat celcius mba panasnya?

     
  9. umi hasan

    September 18, 2013 at 9:18 am

    salam kenal mbak🙂
    aku udah nyoba resepnya
    awalnya bingung nentuin suhunya karna aku pake otrik
    mana baru pertama kali baking hihihihi
    tapi alhamdulillah berhasil dan hasinya enak euy.
    makasih share resepnya y mbak
    terus posting resep2 baru ya mbak, biar bisa nyontek heheheheh ^_^

     
  10. mbakje

    October 12, 2013 at 3:06 pm

    salam kenal mbak… terima kasih resepnya aku udah praktekin dan alhamdulillah enak🙂 http://mbakje.wordpress.com/2013/10/12/brownies-3-m/

     
    • Ika Rahma

      October 15, 2013 at 1:20 pm

      alhamdulillah, makasih ya mbak🙂

       
      • mbakje

        October 18, 2013 at 10:20 am

        sama-sama🙂

         
  11. emylia

    November 30, 2013 at 1:54 pm

    kalo baking powder di ganti TBM bisa gak ??? Dan bisa di kukus ,,soalnya gak punya oven ….

     
  12. oppy

    January 2, 2014 at 11:20 pm

    mbak resep ini bs dikukus g?

     
  13. Anonymous

    September 11, 2015 at 11:23 pm

    Mba maaf klu coklat bubuk nya yng biasa gimana mba?bisa ga?trs ga pake pengembang lagi selain baking powder?

     
  14. Anonymous

    August 27, 2016 at 8:27 pm

    Enak bange.. Udah beberapa kali coba resep ini…

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: