RSS

Tag Archives: cara membuat selai strawberry

Kebablasan Jadi Dodol

Kebablasan Jadi Dodol

Memang manusia hanya bisa berniat, Tuhan yang memutuskan. Niatnya ini sih bikin selai strawberry, tapi agak kebablasan dikiiittt jadi dodol. Kebablasan dikiit ya, ga banyak-banyak kok. Sungguh ga nyangka ternyata dari kebablasan itu malah gampang dibentuk buat jadi isian, kalau untuk topping, agak susah karena terlalu kental.

Awalnya sih iseng aja ya beli strawberry, begitulah saya suka salah fokus kalau ke pasar. Ga kuat liat lemon cantik dan tembem, pasti dibeli. Liat strawberry sembilan ribu dapet buanyak, langsung bayar. Nyampe rumah padahal udah capek dan ga ada ide mau diolah jadi apa tuh bahan-bahan yang udah dibeli.

Strawberry ini adalah salah satu hasil gelap mata saya suatu pagi yang cerah di Pasar Gerlong. Dalam hati udah kepikiran paling akhirnya strawberry ini berakhir menjadi jus lagi, tapi ternyata hari itu saya diberi sedikit kekuatan bulan *ala Sailor Moon* untuk menyulap strawberry menjadi selai. Ini bukan pertama kali bikin selai strawberry sendiri, dulu udah pernah bikin tapi terlalu asem karena saya terlalu semangat nambahin perasan lemon. Kali ini, saya nggak pake perasan lemon lagi.

Bikinnya gampang banget. Cuma sebelum bikin, silahkan stok sabar di pasar di borong biar ga bete pas ngaduk-ngaduknya atau sewa lengan satpam kompleks yang baik buat ngaduk biar kita ga pegel. Saya melupakan keduanya, alhasil jam 8 malem tidur pulas dengan cantik tanpa mandi. Jadi, lemon yang asem digantikan dengan you know what lah ya hahahaha :p.

strawberry jam

Cieeee… freeze gini fotonya :p

Eits, foto di atas bukannya mau pamer udah bisa motret freeze gitu ya, cuma ya sebenernya si selai udah kental jadi ga mungkin netes hahaha… Lagian mana bisa saya foto bagus-bagus kalau selainya ga kebablasan gini wekekek… Pasti belum jepret udah tumpah semua ke lantai tuh selai. Jadi, kegagalan dalam memasak ternyata membuahkan cerita indah yang lain. Cieeee…

Bahan:
350 gram strawberry, buang bagian daunnya
200 gram gula pasir
1 sdm bubuk kayu manis
sejumput garam

Pertama-tama, blender strawberry yang sudah dicuci, tak perlu ditambah air karena kandungan air strawberry udah banyak banget. Tuang di penggorengan, tambah gula, garam, dan bubuk kayu manis. Bisa juga menggunakan kayu manis instead of bubuknya, pasti lebih wangi deh. Udah sih gitu aja, tunggu sampai strawberry mengental kira-kira emmmm 35 menit atau sepanjang satu episode drama Korea hahahah. Itulah makanya sedia tukang pijit buat mijitin pundak pegel abis ngaduk.

Jangan lupa pakai api kecil saja plus sendok kayu. Kalau api besar, dipastikan selai akan gosong sebelum waktunya. Mengapa sendok kayu? Karena kalau pakai stainless dikhawatirkan ada logam yang ikut terpapar di selai karena proses pemasakan yang lama. Berlaku juga lho buat masak rendang, abon dsb baik untuk wajan maupun alat aduknya (ga nyangka bisa nulis serius gini, nilai langsung nambah 1000 hahahah).

Nah, si sayah ini semangat banget ngaduknya, sampai selai bener-benar nggak lengket di wajan pas di aduk, jadi dia agak keras setelah dingin. Overcooked sih (Bahasanya dong, keren amitttt :p), tapi ternyata ya buat isian semacam nastar gitu malah gampang buletinnya setelah masuk kulkas. Sengsara membawa nikmat judulnya njiahahaha… *langsung kebayang Samsul Bahri*.

So, dengan bangga Dapur Hangus mempersembahkan selai strawberry nyaris gosong dengan judul kebablasan jadi dodol hahahah.. Penasaran kan mau dibikin apa sih selai ini sama saya? Tunggu aja tanggal mainnya si selai akan saya sulap jadi makanan yang enak *doa komat kamit*. Sssttt aslinya sih masih bingung juga masih dibuat apa, so typical chef abal-abal ini :p.

cara membuat selai stroberi

This is it, selai nyaris dodol :)

Akhir kata, semoga bermanfaat dan terhibur dengan postingan ngalor ngidul ini. Salam sayang ga pake gosong yaaaa ^^.

 
10 Comments

Posted by on August 11, 2012 in Cerita dari Dapur Hangus, Resep

 

Tags: , , , , , , , ,

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,782 other followers

%d bloggers like this: