RSS
Image

Apa itu Ramekin?

27 Dec
Apa itu Ramekin?

Uncle Google menjawab segalanya, tapi ternyata tidak untuk jawaban dari pertanyaan, “Apa itu ramekin?”. Buktinya, banyak sekali yang bertanya kepada saya, baik lewat inbox FB atau komen di foto ramekin (yaaaaa komen di foto barang-barang yang disebut itu lohhhhh, padahal kan jelas penampakannya ya hihihi…). Eh, maksudnya uncle Google sih mungkin aja menjawab, tapi kurang lengkap tentang apa itu ramekin, apa kegunaannya, apa bedanya dengan mangkok lain? Mungkin yaaaa… takut kualat sama om yang sudah berjasa membantu saya belajar masak :p.

apa itu ramekin

Zen ramekin, made in Indonesia <3

apa itu ramekin

Sejak Oktober 2012, saya mulai jualan ramekin, jadi sebenernya wajar sih kalau banyak yang nanya ke saya apa itu ramekin. Ga mungkin juga dia mau nanya ke Dian Sastro, kan? Jadi, daripada saya mengulang-ulang seperti kaset rusak, saya tulis di sini aja.

Eh, tunggu bentar, saya mau sedikit cerita (yang endingnya biasanya banyak :p). Duluuuuu…. saya kenal ramekin pertama kali karena bahas MPASI di forum The Urban Mama. Yang saya lakukan pertama biar ga keliatan bodoh karena ga tau, ya saya gugling, kebetulan saya smart dan punya smartphone yang lebih smart. Itu dulu ya tahun 2010, saat yang namanya smartphone baru si apel dan si berry hitam saja. Kalau sekarang mestinya lebih banyak hape yang smart, tapiii…. ah ya sudahlah :D.

Setelah gugling, saya selalu kepikiran sama mangkok nama ramekin ini, tapi belum pernah nemu juga. Sampai suatu ketika, entah mengapa setiap malam saya gugling terus yang namanya ramekin. Ehhh…. tau nggak, tiba-tiba saya dapet pangsit eh wangsit bertemu dengan ramekin nggak lama setelah itu. Sejak itulah saya jualan dengan sistem Pre Order.

apa itu ramekin

Ini ramekin dengan kuping, bagus juga kan. Nah, ini contoh yang polos, ga bergelombang.

Sebelumnya saya nggak percaya loh orang bisa bisnis tanpa modal, tapi Allah Maha Baik dan menunjukkan jalan memulai usaha untuk saya. Dari modal nol, sekarang saya bisa memesan ramekin langsung dari pabrik senilai lebih dari sepuluh juta. Dan nikmat mana lagi yang harus saya dustakan? *dorrr seriusssss yaaa :p*. Minat? Inbox saya ya *MLM mode on :p*

Tuh kan, bener aja panjang. Jadi, apa itu ramekin?
Ramekin (ramequin) itu mangkok tahan panas yang bisa dipakai untuk oven, microwave, dan mengukus. Yang membedakannya dari pinggan tahan panas adalah bentuknya yang kecil jadi pas banget untuk satu porsi makanan. Setelah makanan di oven/microwave, bisa langsung dihidangkan di meja makan karena penampakan ramekin yang cantik kayak Asmirandah ^-^. Untuk keterangan lengkap asal kata dan sebaginya, silahkan buka di Wikipedia di sini atau di sini juga.

Kalau dari link di wikipedia itu kan jelas ya, ada bermacam-macam ramekin. Ada yang wavy side alias bergelombang permukaan luarnya ada juga yang plain/polos. Ciri khas ramekin ya memang dari bergelombangnya itu. Jadi, nggak usah bingunglah kalau yang punya mangkok yang ga bergelombang tapi tahan di oven, bisa disebut ramekin nggak kira-kira? Silahkan dipikirkan jawabannya sendiri :D.

Apa itu ramekin

Dragon Ramekin yang tak sempet diupload pun sudah ludes

Nah, definisi udah jelas kan? Sekarang bahan pembuatnya ya. Saya nggak paham bener sih tentang bahan-bahan ini, tapi dari pengalaman saya berkecimpung di dunia per-ramekin-an, bahan pembuat ramekinlah yang menentukan kualitas dan keawetannya. Ada yang menyebut bahan keramik, porcelain, white porcelain, dan glass. Ada yang sekadar dari keramik, tahan di oven juga, harga cuma lima ribu, lihatlah sekitar 6 bulan kemudian dengan minimal penggunaan seminggu sekali, ada garis-garis halus seperti retak. Ya namapun murah, jangan harap awet sampe kita kakek nenek ya. Tapiii, kalau untuk semacam koleksi atau you named kekalapan ingin punya, ramekin lima rebuan ini big deal banget! Di mana belinya? Di Giant biasanya banyak kalau lagi ada.

Ada juga yang dari white porcelain (eh saya pun bingung porcelain dan keramik itu sama ga ya?), biasanya lebih mahal, tapi ya memang lebih bagus. Saya membedakannya dengan tangan dan mata awam ya, bukan ahli porcelain. Lebih awet nggak? Sumpah saya nggak tau. Walopun sudah jualan ramekin dari tahun lalu, PERCAYALAH SAYA NGGAK PUNYA RAMEKIN untuk dipake sendiri hehehe… p.

Kadang, ada mangkok yang hanya bisa dipakai di microwave saja. Mengapa? Perhatikan, kadang ada motif di luar mangkok, kalau di oven dengan durasi lama, motifnya akan memudar. Atau… di bagian dalam mangkok dicat (diwarnai) siver atau gold. Warna ini bukan warna asli keramiknya ya. Ini yang biasa kita temui di Ace Hardware, udah imut lucu cantik ternyata ga bisa dipake buat oven :(.

Apa itu ramekin

Warna warni cantik yaaa…

Saya nggak ngerti sih mengapa dalemnya harus diwarnai, tapi untuk durasi penggunaan di oven yang lama, takutnya cat itu masuk ke bahan makanan. Itulah mengapa nggak bisa dipakai di oven, sayang ya sebenernya.

Dari cerita puanjangggg di atas, kesimpulannya ternyata hampir semua mangkok bisa dipakai di oven, bahkan mangkok kaca yang selusin 10ribuan di pasar tradisional. Untuk pemanasan yang nggak lama, semuanya bisa dipakai (dan pada akhirnya bolehlah disebut ramekin). Kata mbak Titi, di tukang zuppa soup depan alfamart gitu, yang dipakai mangkok biasa yang bahkan bisa dibeli dengan harga seribu saja. Kok bisa? Karena zuppa soup tak butuh pemanasan lama, hanya sampai puff pastrynya mengembang, tak sampai 10 menit mungkin.

Selain dipake bikin zuppa soup, ramekin juga dipakai untuk membuat chocho lava cake, lasagna, segala turunan skutel, dan souffle. Souffle ini konon awal mula diciptakannya ramekin. Fungsi ramekin bisa digantikan oleh cup dari alumunium foil dan silicon cup, kalau alumunium foil sekali pakai, silicon cup bisa dipakai berulang sama halnya seperti ramekin. Hanya untuk makanan yang sifatnya cair, memakai silicon cup beresiko tumpah.

Kalau memang pengen punya ramekin, ya mulai sekarang buka-buka lemari deh, ada nggak mangkok polos yang bisa diuji coba dipakai di oven. Kalau nggak ada, lakukan hal yang sering saya lakukan, buka-buka lemari emak hahahah :p. Nah, kalau nggak ada juga, bolehlah beli di Dapur Hangus.

NB: Ceritanya jadi pamer foto ramekin ya wekekek :p

Apa itu ramekin

Ramekin Yoshikawa

About these ads
 
20 Comments

Posted by on December 27, 2013 in Alat Tempur, Cerita dari Dapur Hangus

 

Tags: , , , , , , , ,

20 responses to “Apa itu Ramekin?

  1. diana

    December 27, 2013 at 11:13 am

    mba, itu yang warna warni cuantiik, berapa-an? hehehe… :D

     
    • Ika Rahma

      December 27, 2013 at 11:57 am

      udah ga ada sih yang warna2, kecuali yang coklat2 itu ada 18lg kl ga salah :D

       
  2. Baginda Ratu

    December 27, 2013 at 8:34 pm

    Aku belum punya ramekin, niiihhh… err.. jujur ya… belum pernah masak pake ramekin, sih…
    Pengen banget latihan masak macaroni schotel. Andro sukaaaa bgt sama yg dijual sm mamang tukang keliling tea. Habis, emaknya nggak pernah bikin, sih. Ish, naluri keibuanku kan tercabik2… #eeaaaaa :lol:

     
  3. ila rizky nidiana (@ila_rizky)

    December 28, 2013 at 4:10 am

    aaakk, jadi pengennn belii. >.< mba, yang warna warni itu dijual jugakah?

     
  4. Lidya

    December 30, 2013 at 2:57 pm

    aku belum punya mbak :)

     
  5. Nadya

    December 30, 2013 at 5:45 pm

    ngiler sama ramekin yang pake kuping… *tutup mata*

     
  6. Rosi Meidina

    January 8, 2014 at 11:27 am

    hallo mba, masih ada ga ramekin nya? aku mau beli.
    klo masi ada, tlg PM aku ya, thank you ^^

     
  7. Andika Widya

    January 9, 2014 at 1:25 pm

    aah..aku sudah beli *kasih jempol banget deh ah pokoknya , packingnya niat pake buanget.. :)

     
  8. intanrawit

    January 20, 2014 at 7:19 am

    cakep mba ramekin2nya…pengen beli sih tapiii aku jarang masak pake oven, hehe ya iyalah secara kagak punya! Hehe..

     
  9. leilaniwanda

    January 24, 2014 at 9:06 am

    Serius, dulu waktu pertama baca (di dapur hangus apa member lain HHBF ya) juga karena takut konyol kalau tanya, berusaha googling…. dan akhirnya “Ooooh…”. Tapi penjelasan di sini lebih kumplit dan meng-Indonesia hehehe *apacoba*. Makasih ya, Mbak Ika.

     
  10. patty thea

    February 4, 2014 at 2:06 pm

    oalah…itu disebut nya ramekin toh… aku kalo nyari pasti nanya ke penjual nya panjang lebar: “mbak, ada mangkok kecil2 warna-warni kiyut2 yang tahan panas n bisa dipake bwt di microwave or oven ngga?” :p
    tapi kira2 kalo nanya nya diubah jadi “mbak, ada ramekin ngga?” penjual nya ngerti ngga yah? hihi

    btw, salam kenal yah~ *SKSD mode on xD hahaha*

     
    • Ika Rahma

      February 18, 2014 at 5:42 pm

      halo mbak, salam kenal jugaaa… Nah, di toko perabot jarang nemu sih, jd mungkin ga ngerti, kecuali ke bosnya (yang punya toko)

       
  11. ifni

    February 7, 2014 at 11:48 pm

    mba mau tanya..ud bs order lg blum ya???? saya pengen yg polos ada kupingnya itu berapa hrganya ya….

     
    • Ika Rahma

      February 18, 2014 at 5:40 pm

      udah bisa order mbak, tp yang ada kupingnya udah ga ada, udha lama :)

       
  12. Raisa

    May 14, 2014 at 9:44 pm

    Mbak bs email aq price list untk ramekin

     
  13. Norinha

    May 18, 2014 at 11:27 am

    Aku jg mnta price list skalian list ramekin yg ready stock ya mbak,,

     
  14. asri putri rizqiah

    June 5, 2014 at 9:09 am

    Ooh, namanya ramekin ya, sering liat di masterchef hehe. Tadi saya guglingnya pinggan tahan panas

     
  15. bunda irza

    August 8, 2014 at 2:23 pm

    Mba, bs mnt pricelist ramekinnya?kirim drmn? Sm bisikin cara bisnisnya yg td diatas yaaa ^_^
    Tq

     
  16. Ufara

    October 20, 2014 at 5:23 pm

    masih ada ga ramekinnya? yg warna/i atau putih. harganya bs dikirim ke email?

     
  17. wulanwahyudi

    November 17, 2014 at 8:48 am

    mbk…mau dung ramekin nya (nama nya lucu :) )
    gimana belinya?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,785 other followers

%d bloggers like this: