RSS

Semur itu yang Penting Kecap

27 Jul
Semur itu yang Penting Kecap

“Ini Malika, kedelai hitam yang saya besarkan seperti anak sendiri,” begitulah bunyi salah satu iklan kecap *ga boleh sebut merk* yang botolnya gambar bango *eh keceplosan :p*. Kecap yang satu ini berjasa buat saya karena bisa mengobati rasa kangen sama kecap Sawi. Kecap Sawi ini kecap buat kota asal saya yang paling ngehits se-Jawa Timur, Kediri *jiah, dikejar massa*. Duluuuu banget waktu saya masih pake rok merah ke sekolah dan tentu saja masih imut, saya ikutan les di daerah deket pabrik Kecap Sawi. Tiap jam 3 sore pas ngantuk-ngantuk, hidung ini bau kecap yang hmmmm lezattttt…. manis pol sampe giung kalo kata orang Sunda.

Ini ngomongin kecap karena saya mau bikin semur. Saya kan punya hobi yang agak positif ya, selain hobi-hobi lain yang negatif :p. Walaupun nggak bisa dan nggak suka masak, saya sukaaaa banget ngumpulin buku resep. Salah satunya dari bonus kecap, pernah dapet edisi semur Nusantara. Ternyata bumbunya beda-beda ya semur itu. Ada yang pake lengkuas, ada yang pake pala, ada yang pake jahe, ada yang pake cengkeh. Yang ga ada tentu saja yang pake sendal jepit *apalagi merk swallow :p*.

Ngomong-ngomong tentang sendal jepit, tau ga sih, dulu waktu saya kecil ada lagu judulnya sendal jepit, saya sih inget dulu anak yang nyanyi ini gosipnya anak Bang Rhoma Irama. Gosipnya yaaa, saya lupa nama anaknya, tapi inget banget liriknya:

Duh kasihan, lihat kamu. Duh kasihan diinjek selalu, duh kasihan sandal jepitku, aduh-aduh.

Saya ajarin lagu ini ke Vio kalau sambil naik motor gitu, trus dia nanya kenapa kita jarus kasihan sama sandal jepit? Saya bingung jawabnya hahaha… Iya ya, kenapa harus kasihan, kan sudah fitrahnya dia diinjek.

Nah, tentang sandal jepit sudahlah ya *gara-gara sendal swallow nih*. Sekarang balik lagi ke semur. Melihat resep di buklet bonus binti gratisan dari kecap yang ga boleh disebut merknya tapi botolnya gambar bango itu tadi, saya menarik kesimpulan penting *gaya benerrrr*, semur itu yang penting coklat. Ya kan ya dongggg… Ya yang penting pake kecap :D.

Sore itu sebelum buka puasa, saya sih pengen banget bikin semur, tapi seperti biasa saya malah ga nemu di mana rimbanya buklet itu. Alhasil, saya mengira-ngira saja resepnya, seingetnya yang pernah saya baca aja. Pokoknya jangan lupa pake kecap, karena fitrah semur itu coklat pake kecap, sama halnya dengan fitrah sendal jepit yang mau nggak mau harus diinjek :p.

resep semur mudah

Maaf ya belepotan semurnya, lagi moto ada yang ga sabar pengen nyolek :D

Bahan:
18 buah telur puyuh. Serius ini jumlahnya 18 loh, karena saya beli di pasar 25 biji dan yang tujuh udah dilep sama Vio. Saya udah lama ga belanja ke pasar, biasanya belanja di warung nasi Padang *beli maksudnya :p, ga masak*, saya nggak tahu kalau telur puyuh bisa di kilo, biasanya kan dihargai per biji 250-300 rupiah. Coba-coba beli seperempat, ternyata dong, udah harganya lebih mahal, isinya lebih dikit. Dengan uang 8.000, harusnya kalo beli bijian saya dapet 32 eh ini cuma dapet 25 *mewek di ketek Keanu Reeves*. Kalau kata Dessy Ratnasari sih ‘menyesal tak pernah di awal’ :p. Oh ya sampe lupa, telurnya direbus sampai mateng lalu dikupas kulitnya.
5 buah tahu putih, potong ukuran sedang, goreng setengah matang. Jangan terlalu kering gorengnya, biar bumbu meresap.
1 blok kaldu ayam (bisa diganti air)
Air matang secukupnya, sesuaikan dengan kebutuhan kuahnya, kalau pengen kental, airnya cukup 2 gelas belimbing, kalau pengen agak light, tambahin airnya :D. Pokoknya jangan kebanyakan aja, kalau sekiranya satu gelas kurang, baru ditambah. Soalnya kalau sampe kebanyakan air, proses masaknya bakal lama banget plus bumbunya ga meresap maksimal.
2 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu

Bumbu halus
2 butir kemiri, sangrai
3 siung bawang putih
5 siung bawang merah
½ sdt jahe bubuk. Kalau ada jahe yang nggak bubuk sih ya boleh saja dipake, sekitar 2 cm digeprek lalu ditumis dengan bumbu halus. Saya kebetulan nggak punya karena jarang masak, jadi semua bumbu bubuk inilah penyelamat saya :D
Bubuk pala secukupnya, saya pake 1/2 sdt juga.
Gula, garam, merica secukupnya, saya pake merica bubuk lah ya biar ga susah nguleg.

Bumbu tambahan:
3 biji cengkih kering, ini kok kebetulan ada di atas kulkas. Pasti hasil gelap mata suatu ketika di Kijang Mas ahahah… mbuh wis, inget-inget pas baca buklet kok ada yang pake cengkih, ya tak cemplungin aja :D
2 lembar daun salam
5 sdm kecap manis. Ini saya kira-kira ya 5 sdm, karena langsung tuang dari botol ga ditakar. Pokoknya banyak biar sesuai sama judulnya, semur itu yang penting kecap :D

Cara membuat:
1. Rebus telor puyuh sampai matang lalu kupas, sisihkan.
2. Potong-potong tahu sesuai selera, saya pakai tahu lembang ukuran besar, saya potong jadi 6. Goreng setengah matang, sisihkan juga.
3. Tumis bumbu halus, daun salam, dan cengkih sampai wangi.
4. Masukkan kaldu ayam (kalau nggak pakai kaldu ayam ya ganti air aja), lalu telur puyuh rebus.
5. Kecilkan api, tambahkan kecap sekitar 2 sdm. Tunggu sampai warna telur agak kecoklatan dan bumbu meresap, baru tambahkan air matang dan sisa kecap (3 sdm).
6. Masukkan tahu yang telah digoreng setengah matang. Besarkan api, maksudnya ya jangan gede-gede juga sih, sedang-sedang saja apinya, lalu tutup wajan. Biarkan 5-10 menit sampai bumbu benar-benar meresap, jangan lupa sesekali diaduk. Durasi ditutupnya ini tergantung keinginan ya, kalau mau kuahnya kental, ya agak lama. Saya suka yang kuahnya nyaris habis, jadi kuahnya sedikit, jadi ya lama sih masaknya. Bisa ditinggal luluran dulu gitu dehhhh… :p.

Nah, gimana? Ternyata bikin semur gampang ya? Gampang sih kalau cuman baca resep doang, kalau disuruh masak yaaaaa gampang-gampang susah. Tapi, yang ngaku-ngaku sebagai ibu Indonesia kudu bisa masak semur, soalnya bahasa Inggrisnya semur menurut om Wiki mah Indonesian Stew, berarti asli Indonesia gitulah kira-kira.

Oh ya, isinya bisa diganti-ganti ya. Bisa pake kentang, tempe, daging, telor dan lain-lain. Saya sempet bikin pake kentang rendang yang kecil-kecil itu bareng sama telor puyuh dengan niat yang tulus untuk mengelabui Vio dan ayahnya, biar ga melulu milih telur puyuh haahahaha… Ini trik diajarain sama ibu saya, jaman dulu waktu masih kecil sering masak sayur lodeh isinya telur puyuh semua dan bangkrut karena anak-anaknya kalo makan banyakan telurnya daripada nasinya. Akhirnya sama ibu saya dicampur dong sama kentang kecil, namanya telur puyuh KW 2. Suami saya sempet terkecoh dan berkomentar, “Wah, siasat ibu berhasil nih, semua yang diambil kok kentang semua.” Ssstttt… emang banyakan kentangnya, tapi rahasia yaaaa :p

Semur yang paling ngehits kayaknya semur jengkol ya? Saya belum pernah makan jengkol seumur hidup saya yang udah 18 tahun ini *ehemmm*, jadi ya belum bisa kasih testimoni secetar apa sih semur jengkol itu. Nantilah kapan-kapan kalo dirayu sama Brad Pitt buat makan semur jengkol, mungkin saya berubah pikiran *plak*.

About these ads
 
41 Comments

Posted by on July 27, 2013 in Kisah di Balik Rasa, Resep

 

Tags: , , , , , ,

41 responses to “Semur itu yang Penting Kecap

  1. Ryan

    July 28, 2013 at 12:08 am

    semur memang mantap. dan memang yang paling penting dalam semur, apapun bumbu lainnya, adalah KECAP. :D

    dan setuju juga kalau paling maknyos adalah semur jengkol… hahahaha.

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 7:21 am

      Apapun bumbunya, yang penting kecapppp… Nah, semur jengkol belum pernah nyoba Mas :D

       
      • Ryan

        July 28, 2013 at 10:42 am

        Ayo dicoba.. heheh

         
  2. Ika Koentjoro

    July 28, 2013 at 3:20 am

    Aku mah asal cemplung-cemplung dan emang yang penting kecap sama gula merah

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 7:20 am

      yes bener mbak Ika. Yang pake gula merah belum pernah nyoba, beda taste sama kecap ya, tapi sama-sama coklat ^^

       
  3. http://www.burselfwoman.com/

    July 28, 2013 at 5:02 am

    Baca judulnya, aku langsung heeh, betul banget. Dulu di Pekalongan ada beberapa merek kecap lokal yang keren banget aroma & rasanya. Di sumatra gak ada, pakai yang biasa di supermarket aja. Telor puyuh disini dibeli per biji juga. Kalau mau murah dibeli perpapan. Aku belum pernah beli sebanyak itu, ribet ngulitinya. Semur aku pake telor ayam biasa, daging ayam atau daging sapi. Telor biasa disini dibeli perpapan 30 pcs. Sekian reportasenya hahahaa

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 7:23 am

      Kalo aku begitu beli langsung semua direbus mak, masukin kulkas. Pas butuh baru dikupas :D

       
  4. Baginda Ratu

    July 28, 2013 at 5:07 am

    Ini kayaknya resep paling terpercaya deh, utk semur. Sip, deh! Kapan2 dipraktekkin… TFS, yaaaa… :)

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 7:22 am

      Ahhh…jgn gituuu. Kemaren ada yg protes resep dari blog ini gagal mulu huhuhu *mewek*

       
      • Baginda Ratu

        July 28, 2013 at 4:43 pm

        Seriuuusss? Ah, itu udah pasti yg protes itu masak air aja gosong, ituuuu…! :lol:
        Btw, bisa nggak sih, resep ini dipraktekkin ke daging sapi? Ada daging di kulkas nih, pengen kubikin semur, tp udah lamaaaa bgt nggak bikin semur (dan itu dulu pas bikin resepnya nyontek dari NOVA, haha) jadi skrg udah lupa lagi, kakaaaakkk…! :lol:

         
      • Ika Rahma

        July 28, 2013 at 5:12 pm

        Bisa banget buat daging sapi, tapiiii aku tak tau mbak tips2nya biar daging ga alot tapi meresap bumbunya, tak berani aku bilang bisa. Soalnya iklan kecap di tipi yg bilang bumbu gampang meresap itu tipu2, praktiknya mah susahhh :(

         
  5. nika

    July 28, 2013 at 6:36 am

    gatau knp syeeelllaalluu ketawa ngakak sampe cakar2 tembok rumah pak RT kalo baca postingan Dapur Hangus:D
    dan resepnya simple bikin pengen buru2 mraktekin! ..beneran ketjap is the keyword untuk semur..hidup semur …eh ketjap!

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 7:21 am

      Mbak, kasihan banget Pak RT punya warga kayak gini? SUka garuk2 tembok Pak RT? Oh noooo…. :p

       
  6. Nisa

    July 28, 2013 at 11:17 am

    Kalo di Jombang juga ada kecap yahud mb, merknya Ikan Dorang. Lebih suka kecap lokal drpd yg di iklan tv. Btw, lagi kesambet setan mana mb kok tumben mainannya ganti kecap? Biasanya kan lakban :p

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 5:11 pm

      Masa lakban sudah berlalu, waktunya mudik :D

       
  7. fchrz

    July 28, 2013 at 3:47 pm

    waduhh… ngiler… #eh, Puasa!!!

    Post yang bagus! jangan lupa mampir blog aku ya http://fchrz.wordpress.com/

     
  8. alaika

    July 28, 2013 at 5:58 pm

    Sepakat denganmu, Mak Ika, semur yang penting kecapnya, dan harus coklat, hehe. Itu yang selalu aku ingat, bumbu lainnya? biasa browsing dulu sih aku kalo mau masakinnya, hahah. ke depannya, aku langsung lari kesini deh kalo pengen masak semur, ga usah ke google lagi. #Ih, masak semur aja kok lari ke google yak? malu2in deh. :)

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 6:03 pm

      Ahhh..sama aja mbak Al, akupun tiap mau masak gugling dulu hihihi :D. I’m a Google Chef.

       
  9. lozz akbar

    July 28, 2013 at 6:06 pm

    waaaaa ono semur telur puyuh kesukaanku.. saya boleh ambil nih mbak.. nanti sampean ganti fotone dengan semur yang lain aja hahaha

     
    • Ika Rahma

      July 28, 2013 at 10:32 pm

      haiyah, mesti ngrusuhi wong masak iki :p

       
  10. Esti Sulistyawan

    July 29, 2013 at 6:03 am

    saya makan tahu goreng ajah pke kecap mak.gampang neh resepnya.coba ah.

     
  11. Tituk

    July 29, 2013 at 8:39 am

    mencuri start niiy….. ini hidangan Lebaran kalo di Betawi… eh di rumah mertuaku… Temennya opor ayam dan sayur pepaya muda serta emping dan ketupat tentu saja. Duh jadi ngacai…. :))
    Dan semur ini makin dibesokin makin enak ya mbak… bumbunya makin meresep, dan kalo daging juga jd makin empuk.

     
    • Ika Rahma

      July 29, 2013 at 12:19 pm

      lengkap banget. ngilerrrr…

       
  12. Blognya Shudai

    July 29, 2013 at 3:20 pm

    Saya suka banget sama semur ehehe

     
  13. Info Tips dan Tricks

    July 29, 2013 at 9:01 pm

    wew,,, enak nieh kayaknya… manis nie semurnya… :D

     
  14. Lidya

    July 30, 2013 at 11:00 am

    menu yang sering aku buat mbak semur, tapi pasti enakkan semur yangh dibuat mbak ika :)

     
  15. myra anastasia

    August 3, 2013 at 12:04 pm

    kl gak pk kecap bukan semur namanya :D

     
  16. fitri04

    August 4, 2013 at 1:56 pm

    kebetulan hari ini mau masak semur :) Resepnya gak jauh beda

     
  17. dewimarthaindria

    August 7, 2013 at 6:35 am

    Sepakat ah, kecap emang faktor penting klo bikin semur :D
    Eh tapi itu keren lho, dari 25 biji bisa tinggal 18 biji. Klo di rumah, 25 biji itu bisa cuma tinggal 10 biji aja :))) #yangmasakdoyantelurpuyuh #belummasakudahdicemal-cemil

     
  18. ila rizky nidiana (@ila_rizky)

    August 26, 2013 at 4:52 am

    mba ika, kalo tanpa cengkih kering rasa semurnya tetep sama ga, mba? :D

     
    • Ika Rahma

      August 26, 2013 at 3:50 pm

      cengkih sebenernya biar wangi aja kok :)

       
  19. mia

    August 26, 2013 at 1:53 pm

    senenggg, karena kebiasaan saya beli bumbu bubuk bukanlah sebuah aib :D

     
    • Ika Rahma

      August 26, 2013 at 3:48 pm

      Bukannnn, bumbu bubuk itu adalah keajaiban dunia no 8 loh :d

       
  20. dedy oktavianus pardede

    September 10, 2013 at 8:08 am

    Lebih enak lagi kalo pake kecap jamur, kecap inggris sama kecap ikan, tak masukin semua..
    jadinya semur peranakan…hahahaha
    semur jengkol itu enak mbak, apalagi kan jengkol ada sensasi nutty sama pahitnya, pas bgt buat dikecapin…..

     
  21. lis

    September 24, 2013 at 3:42 pm

    ditaburin bawang goreng tambah mantap mba.emang semur yang paling maknyos ya semur jengkol suedaap..

     
    • Ika Rahma

      October 15, 2013 at 1:18 pm

      Arrrggghhh…. blm pernah nyoba semur jengkol sih hihihih…

       
  22. Toko bunga

    March 5, 2014 at 9:43 am

    apalah arti semur tanpa kecap hahahaa

     
  23. Rahmat

    March 9, 2014 at 12:36 pm

    Kalo menurut saya, semur itu yang penting bukan KECAPNYA, tapi semur itu yang penting adalah JENGKOLNYA, hahahahaha

     
    • Ika Rahma

      March 15, 2014 at 7:49 pm

      wakkksss… seumur2 belum pernah makan jengkol dan selalu ngamuk kl ada yg makan jengkol di rumah :p

       

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,778 other followers

%d bloggers like this: