RSS

Tongkol vs Daun Jeruk

30 Jun
Tongkol vs Daun Jeruk

Pagi itu saya bete, karena biasanya ga pernah masak dan pas niat masak suami saya bilang masakannya ga ada rasanya. Uhukk… sebenernya ga masak juga sih, cuma goreng tongkol aja dari tukang sayur, yang udah diasap (mungkin yah, lupa nanya ke mang sayur) dipotong-potong dan tinggal goreng.

Saat goreng-goreng-nya sih penuh drama, minyak meletup-letup ke mana-mana. Makin bete deh karena dapur yang udah berantakan kayak kapal kelelep semakin ga ada mirip-miripnya sama dapur malah kayak kilang minyak. Oke, dari situ saja saya udah cemberut, kalau ditambah ada yang bilang tongkolnya ga enak, kebayang saya cemberut kuadrat pangkat tiga. Yah, walaupun saya tinggal goreng dan ga pake bumbu macem-macem, tapi ya begitulah SOP-nya si tongkol *halah*.

Tumis tongkol daun jeruk

Tumis tongkol daun jeruk yang katanya enak, kalau kata saya enak banget! ^^


Lalu tiba-tiba saya teringat masakan ibu yang sering saya request kalo lagi mudik. Tumis tongkol biasa sih, kalau di Kediri pake pindang yang dijual di wadah bambu (disebutnya reyeng). Tapi biar biasa rasanya jos gandos. Peringatan pertamanya sih, ini gampang banget! Kalau ga menyalahi EYD, saya malah bakal nulis ‘sangat gampang banget sekali’ wekekekek…

Caranya gimana? Cuma goreng-iris-tumis dan jadi. Kayak judul tabloid, sedap sekejap. Hasilnya? Orang yang tadi bilang tongkol kagak ada rasanya besoknya bilang, “Tongkol yang kemaren itu aku suka.” Besoknya ya bilangnya, soalnya kalau langsung bilang, doi takut istrinya yang lagi manyun kuadrat pangkat tiga langsung meletus kayak petasan.

Jadi, si tumis tongkol itu bahannya cuma tongkol yang digoreng sampai matang, tapi jangan terlalu kriuk. Biarkan masih nyes-nyes gitu jadi bumbu tumisnya gampang meresap. Bumbunya cuma bawang putih dan bawang merah diiris, cabe iris, laos alias lengkuas digeprek, lalu daun salam, garam gula pasir, plus kecap manis satu sendok makan.

Jangan bayangkan di tengah dapur yang berantakan itu ada semua bahan di atas, bawang putih cuma ada 2 siung, bawang merah juga udah peyot saking ga pernah dipake. Lengkuas dan daun salam? Ya pasti ga ada lah ya… Tapi entah kesambet setan dari mana, pas beli tongkol kok saya sekalian beli daun jeruk. Jadilah judulnya tongkol vs daun jeruk. Sebelumnya saya pernah bikin abon tongkol pake daun jeruk juga, wangiii….

Tumis tongkol daun jeruk

Wangiiiii daun jeruknya itu bikin otomatis ambil nasi anget :p

Bahan:
10 potong tongkol, goreng jangan terlalu kering. Ini sisa aja sih, sehari sebelumnya kan udah dimakan tuh versi digoreng polosan *cailah bahasanya*

Bumbu:
2 siung bawang putih, iris tipis
5 siung bawang merah (ukuran agak kecil), iris tipis
3 cabe rawit, iris. Kok 3? Tau nggak kalau orang jaman dulu, bumbu yang ganjil itu lebih sedep. Saya sih suka ngikut aja, gak tau juga bener enggaknya, tapi buktinya masakan saya enak kok *narsis to the max :p*
Gula dan garam secukupnya
1 ruas lengkuas geprek dan 1 lembar daun salam, versi saya diganti daun ketuk yang dibuang tulang daunnya dan disobek-sobek. Saya pake 4 atau 5 lembar ya, lupa pokoknya karena masak sambil manyun :p.
1 sendok makan kecap manis
Air matang secukupnya

Cara membuat:
1. Goreng tongkol seperti disebutkan di atas.
2. Ambil 1 sdm minyak bekas goreng tongkol, lalu tumis bumbu iris+daun jeruk. Tumis bumbu dengan api kecil sampai keluar aroma wanginya.
3. Setelah bumbu wangi, masukkan tongkol, aduk biar bumbunya merata.
4. Tambah air secukupnya agar tumisan nggak terlalu kering, saya nambah air sekitar setengah gelas. Besarkan api.
5. Tambakan gula dan garam sesuai selera, mulai kecilkan lagi api dan tunggu air asat (berkurang).
6. Terakhir, tambahkan kecap manis, aduk sampai merata. Tunggu kecap meresap lalu matikan api. Tumis tongkol sudah siap dinikmati.

Setelah masak tiba-tiba saya senyum, asyik ada bahan buat update blog. Mulailah saya pilih-pilih properti buat foto-foto, gelar kayu alas di depan pintu. Pas banget nasi sisa kemaren masih ada semangkok kecil, lumayan buat pemanis. Ya, pokoknya betenya jadi ilang deh ya setelah masakan jadi. Ternyata masak bisa jadi terapi kebetean *jiah*.

Saya ambil kamera, ganti lensa lalu mulai dapet dua tiga jepret ada notifikasi di FB, centring. Eh, saya tinggalin tuh objek foto buat intip FB sebentar. Dan tahukah sodara-sodara, nasi yang tinggal semangkok itu dipatok ayammmmm huaaaa…. Beberapa potong tongkol sudah berceceran di kayu alas dan serbetnya. Bete datang kembali tapi sambil ngakak kali ini. Rupanya ayam juga pengen nyobain hasil masakan chef abal-abal. Cuma dengan kejadian ini, saya resmi mengobarkan bendera perang dengan ayam tetangga. Awas kalo deket-deket teras lagi, mau tak lempar sendal swallow ahahaha…

Nah, gampang kan bikin tumis tongkolnya? Silahkan dicoba di rumah masing-masing, dan berhati-hatilah pada ayam di sekitar Anda :p.

Tumis tongkol daun jeruk

Ini setelah diacak-acak ayam, kok makin cakep fotonya. Lain kali minta ayam acak-acak lagi deh :p

About these ads
 
14 Comments

Posted by on June 30, 2013 in Resep

 

Tags: , , , ,

14 responses to “Tongkol vs Daun Jeruk

  1. ryan

    June 30, 2013 at 10:51 pm

    sepertinya enak….

     
  2. citra

    July 1, 2013 at 7:05 am

    Nyamnyam.. Langsung ngences pagi2..
    Btw, daun ketuk yg di bahan2 itu maksudnya daun jeruk ya?

     
  3. Idah Ceris

    July 1, 2013 at 9:43 am

    I Like it, meski terkadang kalau setelah makan ini bakal gatel2 dipipi. . .
    Katanya sih alergi pindang, tapi mo gimana lagih, enak2 koq gak boleh disantap. . :D

    BTW, saia baru tahu, kalau masak dengan rawit ganjil itu sedeeep. :lol:
    Mba Ika ngaraang lah. . .

     
    • Ika Rahma

      July 1, 2013 at 10:13 am

      jarene ibukku iki, aku manut ahahah… Katanya Rasululloh suka yang ganjil *sebenernya ga nyambung ya* :p

       
      • Idah Ceris

        July 1, 2013 at 10:18 am

        Hahahhaah. . .

        Berarti sunnah rasul, ya. .
        Yawos, aku melu. Tapi aku pakainya 9. . .
        Level 9. . . :D

         
  4. ina

    July 3, 2013 at 11:39 am

    ngakak bacanyaa hahahhahahahahaha…….

     
    • Ika Rahma

      July 12, 2013 at 3:15 am

      awas jangan terlalu lebar ngakaknya :D

       
  5. Rendra

    July 12, 2013 at 4:01 pm

    Sippp deh chef, mantap banget buat disantap saat berbuka puasa hari ini :) Thanks

     
  6. ila rizky nidiana (@ila_rizky)

    August 26, 2013 at 4:54 am

    hahaha. ikannya dimakan ayam, mba? kalo ayam aku belum pernah, tapi kalo tikus biasanya dia kalo pas sepi orang tau-tau nongol ambil makanan yang di meja, jadi skrg naruh makanannya di lemari makan aja. :D

     
    • Ika Rahma

      August 26, 2013 at 3:51 pm

      iyaaa, ayammmmmm…musuh besarku kl lagi poto2 deh :(

       
  7. nobski

    September 13, 2013 at 8:14 pm

    pake lensa sama kamera apa sih mbaknyaa? *salah fokus hehe

     
  8. Ditha

    October 28, 2013 at 4:24 am

    tongkoll pedes pake daun jeruk memang TOP !! … kesukaanku dan suamii ituuu….. padahal sebelumnya suamiku jaraang makan tongkol, setelah nikah, saya cekokin tongkol. eeh sekarang malah dia yang paling doyan tongkol di rumah :) Btw, mbak Fotonya menggugah selera sekalii..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,783 other followers

%d bloggers like this: